Tips & Trik

Anda Pemilik Motor Matik? Wajib Perhatikan 3 Komponen Ini!

PUBLISHED DATE : 26 September 2023

Anda Pemilik Motor Matik Wajib Perhatikan 3 Komponen Ini

Sama seperti motor dengan transmisi manual, motor matic pun memiliki banyak komponen. Meski mungkin sulit untuk mengetahui semua komponen tersebut, namun ada beberapa komponen motor matic sebaiknya Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

1. V-belt

Pertama, ada V-belt yang merupakan komponen penting dalam sistem penggerak pada roda motor. Komponen ini tidak hanya ada di dalam motor matic, melainkan juga terdapat pada jenis motor dengan transmisi manual.

Pada kedua jenis transmisi tersebut, V-belt memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai bagian penghubung di antara puller bagian belakang dan pulley di bagian depan.

Karena sangat berguna pada pergerakan motor, komponen motor matic ini memiliki masa pakai sehingga perlu dilakukan penggantian jika sudah rusak.

Apabila melihat dari standar pabrik pada umumnya, maka masa pakai atau masa kadaluarsa dari V-belt yaitu berada di kisaran penggunaan 20 sampai 30 ribu kilometer.

Namun, masa pakai tersebut juga dapat dipengaruhi oleh cara pemakaian dari motor tersebut. Bisa jadi, penggantian  perlu dilakukan lebih awal, sebelum motor mencapai jarak 20 ribu kilometer.

Dalam pemakaian motor yang normal, V-belt masih berada dalam kondisi cukup bagus hingga mencapai jarak 20 ribu kilometer.

Baca Juga : Lampu Kolong Motor : Pengertian, Fungsi dan Cara Pasangnya

Lalu, jika pengendara memakai motor dengan kecepatan terlalu tinggi atau kemudi yang kasar, maka pada kisaran jarak tersebut, bisa saja sudah diganti hingga 2 kali.

Selain dilihat dari jarak tempuhnya, Anda juga bisa mengetahui kondisi dan kualitas komponen V-belt ketika sedang mengendarai motor. Jika terasa kendor, maka komponen ini mungkin saja sudah saatnya diganti.

Tanda lainnya, bisa dirasakan ketika sedang memainkan gas motor. Jika kecepatannya dirasa kurang sesuai atau tidak seperti normalnya, maka mungkin saja terjadi masalah pada komponen V-belt.

Kedua tanda tersebut perlu diwaspadai oleh pengendara motor matic. Jika sudah terasa salah satunya, maka sebaiknya periksa kondisi motor Anda.

Gantilah komponen V-belt jika sudah waktunya diganti, jangan sampai menyebabkan dampak kerusakan bagi komponen lainnya pada motor Anda.

Menunda perbaikan pada sebuah komponen motor, dapat memberikan risiko yang lebih parah untuk kondisi motor. Dampaknya, pengeluaran untuk perbaikan motor bisa jadi semakin banyak.

2. Roller

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya