Tips & Trik

Anda Pemilik Motor Matik? Wajib Perhatikan 3 Komponen Ini!

PUBLISHED DATE : 26 September 2023

Anda Pemilik Motor Matik Wajib Perhatikan 3 Komponen Ini

Komponen selanjutnya yaitu roller yang memiliki bentuk bulatan kecil. Fungsi dari komponen motor matic yang satu ini adalah untuk menggerakkan pulley di bagian depan.

Dengan adanya roller, maka belt dapat bergerak naik dan turun pada saat mesin motor menyala. Bentuk bulatnya juga dapat membuatnya lebih mudah untuk melakukan pergerakan.

Ketika bentuk dari roller sudah mulai berubah karena berbagai dampak pemakaian, maka fungsinya pun tidak berjalan dengan optimal ketika Anda mengendarai motor.

Jika ingin mengetahui kondisi dari komponen ini, maka tidak bisa hanya dengan merasakannya ketika sedang mengendarai motor.

Anda perlu membuka mesin motor dan mengangkat komponen ini. Dengan begitu, dapat terlihat apakah roller masih berada dalam kondisi yang baik atau sudah perlu dilakukan penggantian.

3. Kampas Kopling

Komponen motor matic ketiga yang akan dibahas kali ini yaitu kampas kopling. Secara umum, fungsi dari komponen ini yaitu untuk menjadi penghubung antara mesin kendaraan dan sistem transmisinya.

Salah satu kebiasaan kurang baik yang umum dilakukan pengendara motor matic yaitu ketika secara bersamaan menggunakan rem dan gas. Hal ini dapat memicu komponen kampas kopling menjadi semakin cepat rusak.

Baca Juga : Skutik Tiba-Tiba Boros? Mungkin Ini Penyebabnya

Dengan memainkan rem dan gas dalam satu waktu, maka dapat menyebabkan terjadinya gesekan yang tidak wajar. Selanjutnya, mangkok kampas kopling pada motor Anda dapat menjadi lebih panas dari kondisi normalnya.

Gesekan tidak wajar tersebut juga dapat membuat kampas semakin cepat aus. Pada kondisi tertentu, bahkan bisa membuat kampas motor menjadi terbakar.

Jika kampas sudah aus, maka pemakaian motor matic akan menjadi kurang nyaman. Mesin motor bisa jadi mengeluarkan suara bising yang mengganggu, serta kemudi jalannya menjadi tidak stabil.

Supaya dapat melakukan perawatan yang baik untuk komponen ini, maka sebaiknya Anda lebih memperhatikan pola penggunaan motor.

Hindari hal-hal yang berpotensi membuat komponen motor menjadi mudah rusak. Misalnya, penggunaan gas dan rem dalam satu waktu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu melakukan pengecekan terhadap komponen kampas kopling. Pengecekan ini biasanya dilakukan ketika Anda melakukan servis motor secara rutin.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya