Tips & Trik

Anda Pemilik Motor Matik? Wajib Perhatikan 3 Komponen Ini!

PUBLISHED DATE : 26 September 2023

Anda Pemilik Motor Matik Wajib Perhatikan 3 Komponen Ini

Karena memiliki masa pakai, maka umumnya diperlukan penggantian kampas kopling jika motor sudah menempuh perjalanan sepanjang 8 ribu kilometer.

Tips Merawat Motor Matic

Supaya berbagai komponen motor matic tetap terjaga dengan baik, maka dibutuhkan perawatan yang baik. Berikut adalah tips merawat motor matic yang dapat Anda ikuti.

1. Ganti Oli secara Rutin

oli ecstar

 

Sumber: Asset Suzuki

Oli merupakan komponen penting yang berfungsi sebagai pelumas, sehingga kondisinya tentu saja perlu diperhatikan dengan baik.

Lakukan penggantian secara berkala dan pastikan Anda memakai oli yang sesuai dengan spesifikasi motor tersebut.

2. Jangan Lupa Panaskan Motor

Tips kedua untuk merawat motor matic yaitu dengan memanasi mesinnya secara rutin. Dengan begitu, oli dapat melumasi mesin secara optimal dan mesin pun dapat bekerja dengan lancar.

Baca Juga : Ayo Mengenal Fungsi Roller Pada Motor Matic

Cara yang tepat untuk memanaskan motor matic yaitu selama 5 hingga 10 menit dengan memakai kick starter. Jika Anda memakai starter elektrik, maka dapat memakan lebih banyak baterai.

3. Berkendara dengan Kecepatan Stabil

Merawat motor juga dapat dilakukan dengan membiasakan untuk memakai motor dengan tepat.

Sebagai contoh, sebaiknya Anda berkendara dengan kecepatan yang stabil, jangan menaikkan atau menurunkan gas secara tiba-tiba. Hal tersebut dapat memperpendek usia pemakaian mesin motor.

4. Jangan Sampai Kehabisan Bahan Bakar

Kebiasaan buruk lainnya yang perlu dihindari yaitu memakai motor matic hingga kehabisan bahan bakar atau bensin. Hal ini dapat merusak mesin pada motor tersebut, sehingga sebaiknya Anda hindari.

Ketika akan berkendara, ada baiknya lakukan pengecekan bensin terlebih dahulu. Jika bensin hanya tersisa sedikit, jangan tunda untuk melakukan pengisian.

Itulah penjelasan tentang berbagai komponen penting dalam motor matic serta perawatannya. Selain itu, dibahas pula tentang tips untuk merawat motor matic kesayangan Anda.

Pada dasarnya, semua komponen motor matic perlu dirawat dengan baik supaya tidak muncul kerusakan yang mengganggu kinerjanya. Maka dari itu, penting untuk melakukan servis rutin, kunjungi laman Servis Motor Suzuki untuk informasi lebih lanjut dan booking.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya