Tips & Trik

Aki Kering dan Aki Basah, Mana yang Lebih Awet?

PUBLISHED DATE : 28 November 2023

Aki Kering Dan Aki Basah, Mana Yang Lebih Awet

Luangkan waktu sekitar 10 menit untuk memanaskan mesin kendaraan Anda sebelum digunakan. Namun, jika Anda menggunakan aki basah maka hal ini tidak perlu dilakukan.

Anda hanya perlu memeriksa secara rutin ketinggian air yang ada di dalam aki. Jika air mulai turun atau berkurang, maka Anda wajib segera mengisi ulang cairan aki. Tujuannya agar aki basah Anda tetap stabil arusnya dan tidak mengganggu kendaraan Anda.

  • Rutin Mengecek Alternator dan Regulator

Cara ketiga yang dapat Anda lakukan untuk memelihara keawetan aki adalah dengan rutin mengecek alternator dan regulator aki Anda. Fungsi alternator sebagai pengubah putaran mesin aki menjadi energi listrik wajib dicek keamanannya.

Sedangkan fungsi regulator adalah sebagai pengatur kestabilan arus pengisian aki agar lebih optimal, yang mana mencegah agar aki tidak mudah soak. Jika Anda mengecek keamanan alternator dan regulator secara rutin, maka aki kendaraan Anda akan awet lebih lama.

  • Jangan Membebani Aki

Anda wajib tahu bahwa aki kendaraan bermotor memiliki daya maksimal masing-masing, yang mana jika terlalu dipaksa pemakaiannya maka akan dampak buruk. Beban aki yang paling utama adalah sebagai suplai arus listrik.

Baca Juga : Mengenal Ring Piston Mobil dan Pertanda Ada Masalah

Biasanya sebagai pemilik kendaraan, Anda ingin menambahkan komponen aksesoris baru seperti lampu, sound system dan aksesoris kelistrikan lainnya. Pada aspek ini Anda wajib memerhatikan kapasitas aki yang Anda miliki.

Jika Anda ingin menambahkan aksesoris kendaraan lain, maka pastikan jika aki yang Anda gunakan berkapasitas tinggi dan merupakan edisi terbaru.

Jadi, Anda Pilih Aki Basah atau Kering?

Memilih untuk menggunakan aki basah atau kering semua tergantung dari kebutuhan dan prioritas Anda. Perbedaan masing-masing jenis aki sudah dijelaskan secara detail di atas yang mana dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih jenis aki terbaik.

Anda juga dapat mengaplikasikan berbagai cara untuk merawat aki agar lebih awet. Selain itu, hal yang paling penting adalah memilih produk aki terbaik. Salah satunya dari brand terpercaya, apalagi jika digunakan untuk mobil merk Suzuki Anda.

Berikan kendaraan Anda perlindungan terbaik dengan produk aki kering dan basah asli dari Suzuki! Mulai sekarang, rasakan keandalan tanpa kompromi. Temukan tips dan informasi eksklusif untuk kendaraan Anda di sini dan berikan sentuhan khusus untuk perjalanan tak terlupakan!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya