Tips & Trik

Aki Kering dan Aki Basah, Mana yang Lebih Awet?

PUBLISHED DATE : 28 November 2023

Aki Kering Dan Aki Basah, Mana Yang Lebih Awet

Contohnya saja aki basah NS60L untuk mobil Suzuki Karimun/Baleno dan sejenisnya memiliki harga Rp 651.000. Sedangkan, aki jenis kering Yuasa NS40ZL untuk mobil Suzuki Splash/Karimun/Baleno dibanderol dengan harga Rp 828.000.

aki

Sumber: Pixabay 

Aki Basah dan Kering, Mana yang Lebih Awet?

Jika Anda telah mengetahui berbagai perbedaan antara aki basah dan kering. Pertanyaan berikutnya adalah aki jenis mana yang lebih awet digunakan? Jawabannya adalah tergantung dari pemakaian masing-masing kendaraan Anda.

Karena walaupun masing-masing jenis aki memiliki keunggulan dan kelemahan, usia pemakaian dan keawetan aki tergantung dari pemakaian Anda. Misal, jika tingkat penggunaan kendaraan Anda tinggi maka disarankan menggunakan aki jenis kering.

Baca Juga : Ingat, Tak Semua Pelek Racing Bisa Dipasang Ban Tubeless!

Alasannya adalah karena Anda tidak perlu menghabiskan waktu terlalu banyak untuk merawat aki. Sehingga awet atau tidaknya aki yang digunakan tergantung dari perawatan dan cara penggunaan Anda.

4 Cara Merawat Aki Agar Lebih Awet

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga aki basah dan aki kering Anda lebih awet dan tahan lama. Berikut ini 4 cara sederhana yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Jaga Kebersihan Aki

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah menjaga kebersihan aki. Untuk jenis aki yang kering Anda wajib membersihkan katup karena komponen ini rentan untuk terkena debu atau kotoran.

Jika Anda menggunakan aki basah, maka Anda wajib memerhatikan kebersihan berbagai sisi kutub (+) dan (-) pada aki. Biasanya kotoran berupa kerak sering sekali mengganggu aki dan apabila dibiarkan akan mengganggu penguapan aki dan potensi penggunaan aki secara optimal.

  • Perhatikan Cara Panaskan Mesin

Tahukan Anda apabila cara memanaskan mesin kendaraan Anda dapat memengaruhi kinerja aki? Maka dari itu, Anda wajib memerhatikan cara memanaskan mesin kendaraan Anda. Misal, jika Anda menggunakan aki kering maka wajib untuk memanaskan mobil secara berkala.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya