5 Faktor yang Menentukan Ketahanan Aki Kendaraan

09 Juli 2018
Share to

Tidak hanya digunakan sebagai tenaga pendorong saat menyalakan mesin dengan electric starter, aki pun digunakan sebagai pendukung kelistrikan dan beberapa komponen penting lainnya dalam kendaraan. Untuk itu, sangat penting Anda menjaga agar performa aki tetap maksimal. 

Berikut merupakan 5 faktor utama yang sangat menentukan terhadap daya tahan aki kendaraan Anda.

Cara Pemasangan Pertama Kali

Kebanyakan orang akan langsung memasangkan aki saat pertama kali menggantinya di bengkel, kemudian kendaraan pun akan langsung digunakan. Padahal, saat pemasangan pertama inilah penentu ketahanan aki kendaraan Anda.

Cara yang baik, setelah aki terpasang, coba cek kembali kondisi cairan aki, apakah berada di level maksimal atau tidak. Selain itu, cek juga tegangannya. Jika sudah maksimal, baru Anda bisa mulai berkendara.

Kecocokan Aki Dengan Jenis Kendaraan

Biasanya, Anda hanya menyampaikan bahwa akinya mati, dan pihak bengkel atau toko akan memberikan rekomendasi aki yang menurut mereka bagus. Padahal,  tidak semua aki cocok dengan kendaraan Anda. Lebih parahnya, pemilihan aki yang salah bisa membuat usia pakainya jadi lebih pendek.

Untuk mengatasi hal ini, pastikan Anda selalu menggunakan produk aki rekomendasi pabrik, atau pastikan Anda melakukan services rutin di bengkel resmi Suzuki.

Perawatan atau Servis

Sama seperti mesin, aki pun butuh perawatan atau services berkala, dari mulai setrum ulang hingga penambahan atau pergantian cairan aki.

Untuk memudahkan melakukan semua itu, pastikan Anda melakukan sevices rutin di bengkel resmi Suzuki. Pasalnya, di sana para teknisi akan melakukan pengecekan aki sebagai bagian dari service rutin yang biasa Anda lakukan.

Penggunaan Perangkat Elektronik

Beberapa orang belakangan ini sering menambahkan perangkat elektronik tambahan, seperti lampu tambahan, atau bahkan menyematkan perangkat audio. Semua perangkat itu dijalankan dengan aki, dan sedikit banyak akan menguras tenaganya.

Untuk itu, pastikan untuk mengecek kembali perangkat elektronik tambahan yang dipasangkan. Jika memang tidak terlalu dibutuhkan, sebaiknya lepas saja.

Jarang Memanaskan Mesin

Karakter pemakai kendaraan berperan besar dalam panjang-pendeknya usia pakai aki. Salah satu yang paling fatal adalah, Anda tidak pernah memanaskan kendaraan sebelum digunakan.

Padahal, pemanasan mesin tidak hanya digunakan untuk memaksimalkan tenaga mesin saja, tapi juga berfungsi untuk mengisi ulang daya aki agar lebih maksimal. So, mulai sekarang pastikan Anda memanaskan dulu mesin selama 5-10 menit sebelum kendaraan digunakan. Selamat membantu!