Tips & Trik

6 Manfaat Coating Mobil Jika Dilakukan Saat Musim Hujan

PUBLISHED DATE : 15 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/lap_body_mobil.jpg

Coating mobil bukanlah cat yang menempel dan memberikan warna melainkan lapisan transparan yang ada di atasnya. Tujuan adanya lapisan ini adalah untuk menciptakan perlindungan pada cat sekaligus bodi mobil. 

Berkat lapisan ini jugalah tampilan mobil Anda bisa mengkilap. Cara kerja dari coating mobil adalah dengan menutup pori yang terdapat pada permukaan cat. Melalui lapisan ini cat menjadi lebih tahan dari kotoran, air dan juga residu. 

Ada banyak manfaat coating mobil yang bisa dirasakan khususnya saat musim hujan. Apa saja manfaat yang akan didapatkan? 

    1. Melindungi dari Air dan Munculnya Jamur

Baca Juga : Apa Itu Ground Clearance dan Mengapa Fungsinya Penting?

 

 

Coating berbentuk cairan yang setelah diaplikasikan di atas cat akan mengeras. Kemampuannya dalam menutup pori bodi mobil justru menciptakan efek water repellent atau yang disebut juga dengan efek daun talas. 

Baca Juga : Perhatikan, Ini Cara Jumper Aki Mobil Dengan Benar dan Aman

Pada saat hujan, air yang menempel pada bodi mobil akan langsung turun sehingga tidak menyentuh permukaan cat terlalu lama. Sehingga pada permukaannya tidak akan muncul noda yang sulit dihilangkan. 

Ketika tidak ada efek daun talas maka air yang menempel dan menciptakan noda bisa menjadi sumber jamur. Hal ini dikarenakan air meresap ke dalam pori mobil dan membuat tempat jamur untuk tumbuh. 

    2. Melindungi dari Goresan pada Bodi Mobil

 

Baca Juga : Ini Dia Alasan Kenapa Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

 

Air hujan yang mengenai bodi mobil seringkali mengandung pasir bahkan ada juga hujan asam yang sangat berbahaya. Coating akan memberikan perlindungan pada bodi mobil dari goresan yang diakibatkan pasir dalam air hujan. 

Goresan juga bisa saja muncul karena tidak sengaja terkena kendaraan lain, ranting pohon atau benda tajam apapun saat Anda berkendara. Goresan-goresan halus akan diatasi oleh coating mobil. 

Jadi tampilan dari mobil akan tetap terlihat menarik bebas dari masalah goresan. Ketika muncul goresan Anda bisa langsung menyamarkannya menggunakan kompon. 

    3. Menjaga Tampilan Kilap pada Mobil

 

 

Manfaat coating mobil yang ketiga adalah untuk mempertahankan kilap lebih lama. Hampir semua mobil keluaran baru selalu dilapisi dengan coating glossy atau mengkilap dibandingkan matte atau doff. 

Alasannya tampilan kilap memperlihatkan kesan mewah dan juga lebih tahan lama. Mobil akan terhindar dari tampilan kusam walaupun penggunaannya terus menerus di segala musim. Sehingga warna dari cat mobil akan selalu tampil optimal sepanjang tahun.

    4. Menjaga dari Sinar UV

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya