Tips & Trik

6 Manfaat Coating Mobil Jika Dilakukan Saat Musim Hujan

PUBLISHED DATE : 15 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/lap_body_mobil.jpg

 

 

Secara umum, selain musim penghujan sinar UV saat musim panas juga menjadi penyebab mengapa cat mobil lebih cepat kusam. Tanpa adanya lapisan coating maka Anda akan mendapati mobil kusam dalam waktu beberapa bulan saja. 

Apalagi jika Anda memiliki kebiasaan memarkir kendaraan di area yang langsung terkena sinar matahari seperti lapangan terbuka. Sinar UV cukup berbahaya bagi cat mobil karena akan mempercepat pemudaran warnanya. 

Namun dengan adanya lapisan coating maka warna cat bisa bertahan lebih lama. Anda pun jadi lebih percaya diri ketika berkendara. 

    5. Meningkatkan Kenyamanan Saat Berkendara

 

 

Bagi Anda yang mungkin baru saja membeli mobil baru pasti sering merasa was-was ketika berkendara di jalanan macet. Pasalnya takut bodi mobil terkena goresan halus dari pengendara sepeda motor atau lainnya. 

Anda tidak perlu was-was lagi jika sudah membeli mobil yang telah dilapisi dengan coating. Karena masalah goresan tidak akan mudah muncul karena adanya lapisan pelindung yang lebih kuat. Inilah manfaat dari coating mobil yang bisa membuat Anda lebih nyaman berkendara. 

    6. Mempermudah Perawatan

 

 

Manfaat coating mobil lainnya yang tidak ketinggalan adalah Anda jadi lebih mudah melakukan perawatan bodi mobil yang rutin. Mulai dari mencuci mobil atau memolesnya supaya bisa jadi lebih mengkilap lagi. 

Alasannya karena adanya efek daun talas dan kedua air tidak akan meresap ke dalam pori cat. Anda bisa lebih nyaman untuk mencuci mobil sendiri tanpa harus pergi ke salon mobil terus menerus. 

Jika terdapat kotoran yang menempel Anda bisa langsung mengelapnya dengan kain basah kemudian dikeringkan. Noda tidak akan menempel pada permukaan bodi mobil yang licin.

coating_mobil(1)

Perawatan Berkala Usai Menggunakan Coating Mobil

Bagi Anda yang memiliki mobil dengan lapisan coating sudah tipis akan lebih baik untuk melapisinya kembali. Anda perlu menyerahkannya ke tempat pengecatan resmi dari bengkel mobil Anda supaya hasilnya lebih maksimal. 

Proses aplikasinya sendiri dimulai dari mencuci mobil yang bertujuan untuk menghilangkan semua kotoran seperti debu atau lumpur. Kemudian mengangkat watermark yang muncul pada lapisan cat. 

Dilanjutkan dengan polishing untuk menghilangkan semua baretan halus dan detailing atau membersihkan semua celah eksterior mobil. Baru setelah itu coating akan diaplikasikan secara merata dengan alat khusus dan masuk ke pengeringan. 

Coating yang sudah kering akan tampil mengkilap dan mobil Anda akan tampak seperti baru. Namun usai proses coating ini bukan berarti tidak ada perawatan berkala yang harus Anda lakukan. Supaya manfaat coating mobil bisa maksimal Anda juga berperan penting untuk merawatnya. 

Apa saja perawatan yang harus dilakukan? Berikut ini macam-macamnya. 

    1. Mencuci Mobil dengan Rutin

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya