Tips & Trik

6 Manfaat Coating Mobil Jika Dilakukan Saat Musim Hujan

PUBLISHED DATE : 15 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/lap_body_mobil.jpg

 

 

Perawatan eksterior dan interior mobil paling penting adalah mencucinya dengan rutin. Debu dan kotoran apalagi lumpur saat musim hujan akan menempel. Jika banyak lumpur berkerak pada bagian bawah mobil akan menimbulkan jamur dan semakin sulit dihilangkan. 

Sebagai pemiliknya Anda harus mencuci mobil setidaknya dua kali selama seminggu untuk penggunaan rutin. Jika setiap hari Anda menggunakan mobil apalagi untuk jarak jauh maka semakin sering mencuci lebih baik. 

    2. Jenis Air yang Digunakan untuk mencuci

 

 

Selain rajin mencuci Anda juga diwajibkan untuk memperhatikan jenis airnya. Tidak semua jenis air cocok untuk menjaga kualitas cat dan membuat body mobil tetap bersih. Beberapa jenis air yang tidak cocok seperti air panas, air dengan kadar asam atau air dengan ph rendah atau tinggi. 

Jenis air yang disarankan adalah air mengalir seperti air PDAM. Air ini bahkan bisa digunakan untuk mobil yang belum atau sudah dicoating. Jika ingin menggunakan air sumur juga perlu berhati-hati karena biasanya memiliki kandungan besi yang cukup tinggi. 

    3. Wajib Menggunakan Shampo Khusus Mobil

 

 

Anda juga harus mempersiapkan shampo khusus mobil yang saat ini sangat mudah dibeli. Hindari untuk mencuci tanpa sabun karena kotoran yang menempel tidak akan bersih. Jangan juga salah menggunakan sabun seperti deterjen bubuk atau sabun colek. 

Jenis sabun tersebut akan meninggalkan residu pada permukaan cat dan berpotensi menimbulkan noda seperti jamur. 

    4. Keringkan Mobil Usai Dicuci dengan Benar

 

 

Selesai mencuci Anda juga harus segera mengeringkannya dengan lap kering bersih hingga mengering sempurna. Saat mengelap Anda juga tidak boleh asal, harus dari atas ke bawah agar tidak muncul baret. 

Hal yang sama juga perlu dilakukan saat mengelap kaca mobil. Anda bisa juga menggunakan lap khusus mobil yang akan menyerap sisa-sisa air dengan lebih baik. 

Manfaat coating mobil di kala hujan akan lebih maksimal jika Anda juga melanjutkannya dengan perawatan. Selain membuat tampilan mobil jadi kinclong juga membuat cat jadi tahan lama. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya