Tips & Trik

6 Manfaat Coating Mobil Jika Dilakukan Saat Musim Hujan

PUBLISHED DATE : 15 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/lap_body_mobil.jpg

Coating mobil bukanlah cat yang menempel dan memberikan warna melainkan lapisan transparan yang ada di atasnya. Tujuan adanya lapisan ini adalah untuk menciptakan perlindungan pada cat sekaligus bodi mobil. 

Berkat lapisan ini jugalah tampilan mobil Anda bisa mengkilap. Cara kerja dari coating mobil adalah dengan menutup pori yang terdapat pada permukaan cat. Melalui lapisan ini cat menjadi lebih tahan dari kotoran, air dan juga residu. 

Ada banyak manfaat coating mobil yang bisa dirasakan khususnya saat musim hujan. Apa saja manfaat yang akan didapatkan? 

    1. Melindungi dari Air dan Munculnya Jamur

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Alat Pendingin Mesin Mobil & Komponennya

 

 

Coating berbentuk cairan yang setelah diaplikasikan di atas cat akan mengeras. Kemampuannya dalam menutup pori bodi mobil justru menciptakan efek water repellent atau yang disebut juga dengan efek daun talas. 

Baca Juga : Cek Berkala Kaki-Kaki Mobil Usai Perjalanan Jauh

Pada saat hujan, air yang menempel pada bodi mobil akan langsung turun sehingga tidak menyentuh permukaan cat terlalu lama. Sehingga pada permukaannya tidak akan muncul noda yang sulit dihilangkan. 

Ketika tidak ada efek daun talas maka air yang menempel dan menciptakan noda bisa menjadi sumber jamur. Hal ini dikarenakan air meresap ke dalam pori mobil dan membuat tempat jamur untuk tumbuh. 

    2. Melindungi dari Goresan pada Bodi Mobil

 

Baca Juga : Perbedaan Spooring dan Balancing pada Mobil

 

Air hujan yang mengenai bodi mobil seringkali mengandung pasir bahkan ada juga hujan asam yang sangat berbahaya. Coating akan memberikan perlindungan pada bodi mobil dari goresan yang diakibatkan pasir dalam air hujan. 

Goresan juga bisa saja muncul karena tidak sengaja terkena kendaraan lain, ranting pohon atau benda tajam apapun saat Anda berkendara. Goresan-goresan halus akan diatasi oleh coating mobil. 

Jadi tampilan dari mobil akan tetap terlihat menarik bebas dari masalah goresan. Ketika muncul goresan Anda bisa langsung menyamarkannya menggunakan kompon. 

    3. Menjaga Tampilan Kilap pada Mobil

 

 

Manfaat coating mobil yang ketiga adalah untuk mempertahankan kilap lebih lama. Hampir semua mobil keluaran baru selalu dilapisi dengan coating glossy atau mengkilap dibandingkan matte atau doff. 

Alasannya tampilan kilap memperlihatkan kesan mewah dan juga lebih tahan lama. Mobil akan terhindar dari tampilan kusam walaupun penggunaannya terus menerus di segala musim. Sehingga warna dari cat mobil akan selalu tampil optimal sepanjang tahun.

    4. Menjaga dari Sinar UV

 

 

Secara umum, selain musim penghujan sinar UV saat musim panas juga menjadi penyebab mengapa cat mobil lebih cepat kusam. Tanpa adanya lapisan coating maka Anda akan mendapati mobil kusam dalam waktu beberapa bulan saja. 

Apalagi jika Anda memiliki kebiasaan memarkir kendaraan di area yang langsung terkena sinar matahari seperti lapangan terbuka. Sinar UV cukup berbahaya bagi cat mobil karena akan mempercepat pemudaran warnanya. 

Namun dengan adanya lapisan coating maka warna cat bisa bertahan lebih lama. Anda pun jadi lebih percaya diri ketika berkendara. 

    5. Meningkatkan Kenyamanan Saat Berkendara

 

 

Bagi Anda yang mungkin baru saja membeli mobil baru pasti sering merasa was-was ketika berkendara di jalanan macet. Pasalnya takut bodi mobil terkena goresan halus dari pengendara sepeda motor atau lainnya. 

Anda tidak perlu was-was lagi jika sudah membeli mobil yang telah dilapisi dengan coating. Karena masalah goresan tidak akan mudah muncul karena adanya lapisan pelindung yang lebih kuat. Inilah manfaat dari coating mobil yang bisa membuat Anda lebih nyaman berkendara. 

    6. Mempermudah Perawatan

 

 

Manfaat coating mobil lainnya yang tidak ketinggalan adalah Anda jadi lebih mudah melakukan perawatan bodi mobil yang rutin. Mulai dari mencuci mobil atau memolesnya supaya bisa jadi lebih mengkilap lagi. 

Alasannya karena adanya efek daun talas dan kedua air tidak akan meresap ke dalam pori cat. Anda bisa lebih nyaman untuk mencuci mobil sendiri tanpa harus pergi ke salon mobil terus menerus. 

Jika terdapat kotoran yang menempel Anda bisa langsung mengelapnya dengan kain basah kemudian dikeringkan. Noda tidak akan menempel pada permukaan bodi mobil yang licin.

coating_mobil(1)

Perawatan Berkala Usai Menggunakan Coating Mobil

Bagi Anda yang memiliki mobil dengan lapisan coating sudah tipis akan lebih baik untuk melapisinya kembali. Anda perlu menyerahkannya ke tempat pengecatan resmi dari bengkel mobil Anda supaya hasilnya lebih maksimal. 

Proses aplikasinya sendiri dimulai dari mencuci mobil yang bertujuan untuk menghilangkan semua kotoran seperti debu atau lumpur. Kemudian mengangkat watermark yang muncul pada lapisan cat. 

Dilanjutkan dengan polishing untuk menghilangkan semua baretan halus dan detailing atau membersihkan semua celah eksterior mobil. Baru setelah itu coating akan diaplikasikan secara merata dengan alat khusus dan masuk ke pengeringan. 

Coating yang sudah kering akan tampil mengkilap dan mobil Anda akan tampak seperti baru. Namun usai proses coating ini bukan berarti tidak ada perawatan berkala yang harus Anda lakukan. Supaya manfaat coating mobil bisa maksimal Anda juga berperan penting untuk merawatnya. 

Apa saja perawatan yang harus dilakukan? Berikut ini macam-macamnya. 

    1. Mencuci Mobil dengan Rutin

 

 

Perawatan eksterior dan interior mobil paling penting adalah mencucinya dengan rutin. Debu dan kotoran apalagi lumpur saat musim hujan akan menempel. Jika banyak lumpur berkerak pada bagian bawah mobil akan menimbulkan jamur dan semakin sulit dihilangkan. 

Sebagai pemiliknya Anda harus mencuci mobil setidaknya dua kali selama seminggu untuk penggunaan rutin. Jika setiap hari Anda menggunakan mobil apalagi untuk jarak jauh maka semakin sering mencuci lebih baik. 

    2. Jenis Air yang Digunakan untuk mencuci

 

 

Selain rajin mencuci Anda juga diwajibkan untuk memperhatikan jenis airnya. Tidak semua jenis air cocok untuk menjaga kualitas cat dan membuat body mobil tetap bersih. Beberapa jenis air yang tidak cocok seperti air panas, air dengan kadar asam atau air dengan ph rendah atau tinggi. 

Jenis air yang disarankan adalah air mengalir seperti air PDAM. Air ini bahkan bisa digunakan untuk mobil yang belum atau sudah dicoating. Jika ingin menggunakan air sumur juga perlu berhati-hati karena biasanya memiliki kandungan besi yang cukup tinggi. 

    3. Wajib Menggunakan Shampo Khusus Mobil

 

 

Anda juga harus mempersiapkan shampo khusus mobil yang saat ini sangat mudah dibeli. Hindari untuk mencuci tanpa sabun karena kotoran yang menempel tidak akan bersih. Jangan juga salah menggunakan sabun seperti deterjen bubuk atau sabun colek. 

Jenis sabun tersebut akan meninggalkan residu pada permukaan cat dan berpotensi menimbulkan noda seperti jamur. 

    4. Keringkan Mobil Usai Dicuci dengan Benar

 

 

Selesai mencuci Anda juga harus segera mengeringkannya dengan lap kering bersih hingga mengering sempurna. Saat mengelap Anda juga tidak boleh asal, harus dari atas ke bawah agar tidak muncul baret. 

Hal yang sama juga perlu dilakukan saat mengelap kaca mobil. Anda bisa juga menggunakan lap khusus mobil yang akan menyerap sisa-sisa air dengan lebih baik. 

Manfaat coating mobil di kala hujan akan lebih maksimal jika Anda juga melanjutkannya dengan perawatan. Selain membuat tampilan mobil jadi kinclong juga membuat cat jadi tahan lama. 

Berita Lainnya