Tips & Trik

Cara Pasang Kaca Film Mobil dengan Baik dan Benar

PUBLISHED DATE : 12 Agustus 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/pasang_kaca_mobil.jpg

Sama pentingnya dengan mesin, body mobil membutuhkan kaca di beberapa bagian tertentu. Setiap produsen mobil selalu menggunakan jenis kaca berbeda-beda. Baik itu dari jenis material sampai dengan tingkat kegelapannya. 

Bagi pemilik kendaraan yang merasa belum puas dengan kaca film bisa menambahkannya. Anda bisa menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan sesuai kebutuhan. Bahkan cara pasang kaca film mobil pun bisa dilakukan sendiri. 

Hanya saja dalam proses pemasangan kaca film tidak boleh dilakukan sembarangan. Bagaimana cara memasang kaca film yang baik dan benar pada sebuah mobil? Anda bisa menyimaknya di sini. 

5 Langkah Cara Pasang Kaca Film Mobil yang Benar 

Baca Juga : Praktis, Ini Cara Menghilangkan Bau Apek Dalam Mobil

Mengapa kaca film perlu ditambahkan pada kaca mobil? Ada banyak fungsi yang menjadi tujuan kaca film perlu dipasang. Pertama adalah untuk membuat cahaya matahari yang masuk ke kabin tidak membuat ruang menjadi panas. 

Kedua adalah untuk menjaga privasi di dalam ruang kabin. Ketiga adalah untuk mencegah terjadinya pencurian karena barang di dalam kabin bisa terlihat dari luar. Keempat adalah untuk meningkatkan penampilan kuda besi Anda. 

Kaca film pun memiliki tingkat gelap yang berbeda-beda. Meskipun banyak variannya, namun cara pemasangan kaca film mobil tetap sama. Supaya tak salah kaprah ketika ingin memasang sendiri, ikuti langkah-langkahnya berikut ini. 

  1. Mempersiapkan Tempat Pemasangan

Baca Juga : Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Rem Blong Pada Mobil

Hal pertama yang harus disiapkan adalah ruang atau tempat Anda memasang kaca film. Untungnya Anda tidak perlu membongkar kaca mobil, namun bisa memasangnya langsung. Hasil yang lebih sempurna tergantung di mana Anda hendak memasangnya. 

Untuk pengerjaannya lebih baik hindari ruangan outdoor, sebaiknya lakukan pemasangan di ruangan tertutup yang bersih. Tujuannya supaya debu yang terbawa angin tidak menempel ke bawah kaca film saat proses pemasangan. 

Sebelum mulai cara pasang kaca film mobil Anda bisa memilih ruang garasi yang cukup luas agar lebih aman. Pastikan tidak ada udara kencang membawa debu seperti kipas angin saat Anda membersihkan kaca dan menempel kaca film. 

    2. Membersihkan Kaca Mobil

Baca Juga : Berapa Liter Sebaiknya BBM Cadangan di Tangki Mobil?

Cara memasang kaca film mobil selanjutnya adalah membersihkan bagian kaca mobil. Jika terdapat stiker lama, sebaiknya dilepaskan terlebih dahulu. Kaca mobil tidak boleh memiliki lapisan kaca film lain, debu, atau kotoran. 

Cara membersihkannya adalah dengan dengan menyedot debu, gunakan vakum cleaner. Kemudian siapkan air sabun dan pisau cukur. Gunakan kain dan basahi kedua susu kaca dengan air sabun. 

Setelah itu gosok dengan kain bagian bekas stiker lama atau kotoran lainnya. Anda juga bisa menggunakan pisau cukur untuk menghilangkan kotoran membandel. Jangan lupa tutup tepi kaca supaya tidak kotor mengenai area kabin. 

Proses pembersihan ini perlu dilalukan berulang kali sampai area kaca bersih tanpa ada debu yang tersisa. 

    3. Mengeringkan Kaca Mobil

Cara pasang kaca film mobil selanjutnya adalah dengan mengeringkan kaca yang tadi sudah terkena air sabun. Kaca tidak perlu dibilas dengan air biasa, jika terlalu banyak kotoran, Anda bisa menggunakan lebih banyak air sabun. 

Langkah pertama dalam mengeringkan kaca adalah dengan menggunakan alat penyeka dari bahan karet. Tarik alat ke satu arah,bisa ke bawah atau ke samping. Namun untuk membersihkan kaca jendela mobil akan lebih baik ditarik ke kiri. 

Alat dari bahan karet ini akan bekerja mengangkat semua kotoran dengan maksimal. Setelah menggunakan alat tersebut baru mulai mengelapnya dengan kain kering dan juga bersih. Melalui dua langkah ini maka kaca mobil akan kembali kering sempurna. 

    4. Mengukur dan Memotong Kaca Film

Selanjutnya adalah proses pengukuran kaca film kemudian memotongnya. Cara pasang kaca film mobil harus dilakukan pengukuran langsung pada kaca. Mulailah dengan mengamati bagian kaca film mana yang memiliki perekat. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya