Tips & Trik

Coating Mobil: Proses, Manfaat, dan Jenisnya

PUBLISHED DATE : 08 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/alat_poles.jpg

Tahukah Anda bahwa ternyata coating mobil bukan hanya mempercantik kendaraan, tetapi juga memiliki banyak fungsi? Hal ini juga yang menjadi alasan bahwa coating tak hanya digunakan pada kendaraan saja. 

Coating pada mobil melalui beberapa proses yang tak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Oleh karena itu ketika mobil Anda mendapatkan cacat karena goresan, perlu dibawa ke bengkel khusus. 

Kenali pengertian coating pada mobil, prosesnya, dan apa saja jenis serta bagaimana Anda bisa merawatnya dengan benar. 

Apa Itu Coating Mobil dan Manfaatnya 

Baca Juga : Awas, Trik Konvoi Salah Kaprah Ini Harus Kamu Hindari!

Coating adalah pelapisan jika ditilik dari asal katanya. Sedangkan coating untuk mobil artinya adalah proses yang dilakukan oleh teknisi dengan mengaplikasikan lapisan khusus di permukaan mobil yang sudah dilapisi dengan cat warna. 

Nantinya lapisan dari coating ini akan membuat tampilan kendaraan menjadi lebih kinclong. Lapisan ini sangat penting karena akan menjaga ketahanan dari komponen yang dilapisi, dalam hal ini adalah body mobil. 

Jenis bahan coating yang digunakan pun semakin komplek seiring dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu demi mendapatkan hasil yang sempurna, maka proses produksinya atau penerapannya sangat penting. 

Baca Juga : Apa Itu Spakbor Pada Motor? Begini Fungsi dan Penjelasannya

Bagi Anda yang mendambakan mobil dengan tampilan bening, mengkilat, dan cerah maka perlu adanya lapisan coating ini. Itulah manfaat yang akan Anda dapatkan jika melapisi body mobil yang sudah dicat dengan lapisan coating. 

Manfaat lainnya adalah sebagai bagian dari perawatan mobil. Sehingga seluruh body tampak kinclong dan warna cat lebih tahan lama. 

Proses Coating Mobil yang Dilakukan Teknisi

Menilik dari pengertian coating mobil adalah proses pelapisan, lalu apa saja tahapan yang akan dilakukan oleh teknisi? Sebagai pemilik kendaraan setidaknya Anda harus tahu proses apa saja yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik. 

Baca Juga : Tips Aman Mengemudi di Jalur Menanjak

Berikut ini proses yang akan dilakukan teknisi ketika melakukan coating pada mobil. 

  • Mempersiapkan permukaan body mobil

Tahapan pertama adalah persiapan, bahkan dalam pengecatan apapun mempersiapkan material adalah hal paling penting. Adanya persiapan yang benar akan mendapatkan hasil coating nantinya lebih optimal. 

Pada proses persiapan ini biasanya body mobil akan dibersihkan dari debu atau permukaan yang tidak halus. Semua kotoran yang menempel akan diangkat begitu juga dengan minyak. Karena kontaminan ini akan mengganggu coating menjadi tidak menempel dengan benar. 

  • Mengaplikasikan Coating

Selanjutnya adalah proses aplikasi, di mana permukaan body mobil yang sudah disiapkan akan dilapisi dengan beberapa teknik. Sebagian besar teknik coating adalah dengan menggunakan alat semprot atau spray process. 

Bahan coating akan disemprotkan ke permukaan mobil secara merata dengan terlebih dahulu menutup bagian kaca atau lainnya yang tidak boleh terkena coating. Proses penyemprotan dilakukan di ruangan tertutup dan bersih agar tidak ada debu yang menempel. 

  • Proses Pengeringan

Langkah terakhir adalah pengeringan lapisan coating yang akan membuatnya menjadi keras dan kuat. Pengeringan sendiri berlangsung lebih lama, beberapa tempat juga menyediakan tempat pengeringan khusus yang memiliki temperatur tepat agar coating cepat mengering. 

Lama waktu pengeringan tergantung dengan kondisi temperatur udara. Ada yang waktu pengeringannya beberapa jam bahkan ada yang seharian. 

coating_mobil

Jenis-Jenis Coating Mobil 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya