Tips & Trik

5 Cara Pasang Aki Mobil yang Benar

PUBLISHED DATE : 01 Mei 2023

Pasang Aki Mobil

Apabila salah pasang aki mobil, maka dapat menyebabkan timbulnya beban listrik yang berlebihan pada aki. Hal ini secara jangka panjang dapat memperpendek umur aki dan membuatnya lebih cepat aus.

 

  • Keselamatan Berkendara Berkurang

 

Terakhir, salah memasang aki juga dapat mengurangi keselamatan saat berkendara. Jika sistem listrik mobil tidak berfungsi dengan baik, maka lampu mobil bisa menjadi redup atau bahkan mati, sehingga mempengaruhi visibilitas saat berkendara.

Mengapa Aki Mobil Perlu Diganti?

Lalu, sebenarnya mengapa komponen aki mobil perlu diganti setiap beberapa waktu sekali? Berikut beberapa alasannya:

 

  • Umur Pakai Aki Habis atau Berkurang

 

Aki mobil memiliki umur pakai terbatas dan akan aus seiring berjalannya waktu. Umur pakai aki bergantung pada berbagai faktor, seperti kualitas aki, penggunaan mobil, kondisi iklim, dan metode perawatan.

Seiring dengan berjalannya waktu, aki mobil dapat menjadi lemah dan kehilangan kapasitas penyimpanan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin mobil, sehingga perlu diganti.

 

  • Kondisi Aki yang Rusak atau Aus

Baca Juga : Pembersih Jamur Kaca Mobil dan Cara Membersihkannya

 

Selain umur pakai, kondisi aki yang rusak atau aus juga dapat menyebabkan aki tidak dapat memberikan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin mobil atau mendukung operasi perangkat elektronik mobil lainnya.

Tanda-tanda aki yang rusak atau aus antara lain mesin mobil sulit dihidupkan, lampu mobil redup, terdengar bunyi klik saat mencoba menghidupkan mesin, atau aki yang terlihat bocor atau menggembung secara tidak normal.

 

  • Perubahan Kebutuhan Daya Mobil

 

Jika Anda menambahkan perangkat elektronik baru pada kendaraan, seperti sistem audio yang lebih canggih atau lampu LED yang lebih terang, ini dapat meningkatkan kebutuhan daya mobil, sehingga Anda memerlukan aki yang lebih besar atau kuat.

Jika aki Anda saat ini tidak mampu menghasilkan daya yang cukup namun tetap dipaksakan, hal ini dapat menyebabkan aki menjadi terlalu panas dan membuatnya cepat aus. Secara tidak langsung, Anda tetap harus menggantinya dengan aki baru.

Jadi, mengganti aki mobil secara berkala memang sangat penting untuk dilakukan berdasarkan 3 alasan di atas. Jika ingin melepas dan pasang aki sendiri, pastikan untuk mengikuti tips di atas agar prosesnya lebih aman.

Tetapi jika Anda mengalami kesulitan saat melakukan lepas pasang aki mobil, sebaiknya lakukan service langsung di bengkel resmi Suzuki. Anda bisa walk in langsung ke dealer, menghubungi Halo Suzuki, atau mengisi form booking service online di website Suzuki.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya