Tips & Trik

5 Cara Pasang Aki Mobil yang Benar

PUBLISHED DATE : 01 Mei 2023

Pasang Aki Mobil

 

  • Nyalakan Mesin Mobil

 

Cara pasang aki mobil yang terakhir adalah memeriksa kondisinya apakah berfungsi dengan baik atau tidak, dengan cara menyalakan mesin mobil. Jika mesin mobil menyala normal, maka proses pemasangan aki berhasil dilakukan dengan benar.

Periksa juga indikator aki pada dashboard mobil. Jika indikator aki menunjukkan warna hijau, artinya aki dalam keadaan baik dan siap digunakan. Namun, jika lampu indikatornya berwarna merah atau kuning, segera cek kembali pemasangan akinya.

Kemudian setelah mesin menyala, biarkan mobil berjalan selama beberapa menit untuk mengisi daya aki baru. Lalu, jangan lupa untuk mematikan mesin mobil setelah selesai digunakan.

Dampak Jika Salah Pasang Aki Mobil

Salah memasang aki mobil dapat berdampak buruk pada kinerja sistem kelistrikan dan menyebabkan masalah pada kendaraan Anda. Secara lebih rinci, berikut adalah beberapa dampak yang dapat terjadi jika aki mobil dipasang dengan cara yang salah:

 

  • Korsleting

 

Korsleting dapat terjadi jika salah pasang aki mobil, tepatnya jika pemasangan terminal positif dan negatif pada aki tertukar. Masalah ini dapat merusak komponen listrik pada mobil Anda dan bisa berpotensi menyebabkan kebakaran.

Baca Juga : Panduan Praktis: Cek Oli Kompresor yang Efektif

 

  • Rusaknya Komponen Listrik Mobil

 

Jika aki dipasang dengan posisi yang salah, komponen listrik pada mobil dapat rusak atau bahkan terbakar. Komponen yang dapat terdampak antara lain seperti sistem pengisian, sistem starter, regulator tegangan, serta modul kontrol.

 

  • Performa Mesin Memburuk

 

Aki yang salah dipasang juga dapat menyebabkan performa mesin mobil menjadi buruk. Ini dapat terjadi jika aki memiliki tegangan yang tidak sesuai atau jika sistem pengisiannya tidak berfungsi dengan baik, sehingga mesin mobil jadi sulit dihidupkan.

 

  • Memperpendek Umur Pemakaian Aki

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Blog 20 (1) (1)

Mempelajari Kinerja AC Mobil

Di tengah cuaca yang panas seperti saat ini, rasanya tidak mungkin bisa jika kita berkendara tanpa menghidupkan AC (air conditioner) terutama pada siang hari. AC merupakan komponen...

selengkapnya