Tips & Trik

5 Cara Pasang Aki Mobil yang Benar

PUBLISHED DATE : 01 Mei 2023

Pasang Aki Mobil

 

  • Lepaskan Aki Lama Terlebih Dahulu

 

Sebelum memasang aki baru, pastikan mesin mobil sudah dimatikan dan kunci kontak dalam posisi off untuk menghindari terjadinya korsleting pada saat melepas aki mobil. Kemudian, lepaskan aki lama dengan cara melepas kabel negatif lalu kabel positif.

Pastikan juga tidak ada benda logam atau alat yang menyentuh kedua kabel tersebut pada saat proses pelepasan agar terhindar dari korsleting. Kemudian, angkat aki lama dari tray aki mobil dan letakkan di tempat yang aman.

 

  • Tempatkan Aki Baru dengan Posisi Tegak Lurus

 

Setelah melepas aki lama, pasang aki mobil yang baru pada posisi yang benar. Yaitu, pastikan aki terletak pada posisi yang datar dan tegak lurus pada tray aki mobil. Hal ini bertujuan untuk memastikan aki terpasang dengan kokoh dan stabil.

Sehingga, akinya tidak akan mudah tergelincir atau terguncang saat mobil dijalankan. Jika tidak ditempatkan pada posisi yang tepat, maka cairan asam di dalam aki dapat tumpah atau bocor keluar hingga menyebabkan masalah baru.

 

  • Pasang Kabel Positif dan Negatif

Baca Juga : Trik Membeli Mobil Bekas Berkualitas

 

Penting untuk diingat, bahwa kabel positif harus selalu dipasang terlebih dahulu sebelum kabel negatif pada saat memasang aki mobil. Hal ini karena kabel positif terhubung dengan sistem listrik mobil yang memiliki potensial listrik lebih besar.

Oleh karena itu, jika kabel negatif dipasang terlebih dahulu, maka kabel positif akan menyentuh bagian-bagian mobil yang terhubung dengan sistem listrik dan dapat menyebabkan korsleting.

Pastikan juga kabel tersebut tidak saling berdekatan atau bersentuhan dengan bagian lainnya, seperti kabel pengapian atau bagian mesin lainnya. Pasalnya, salah pasang aki mobil pada bagian kabel dapat mengakibatkan korslet.

 

  • Cek Kabel dan Klem

 

Tahap selanjutnya adalah mengecek kabel dan klem, pastikan kedua komponen tersebut sudah terpasang dengan benar dan kuat. Pastikan juga tidak ada bagian kabel atau klem yang terlepas atau longgar.

Selain itu, periksa kondisi kabel dan klem apakah terdapat kerusakan atau korosi. Jika terdapat kotoran atau karat pada klem atau terminal aki, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu sebelum dipasang kembali.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya