Tips & Trik

5 Cara Mengencangkan Rantai Motor Kendur Biar Ga Bahaya

PUBLISHED DATE : 15 Mei 2020

Cara Mengencangkan Rantai Motor

Penyebab pertama rantai motor cepat kendur adalah karena medan jalan yang bergelombang dan juga kondisi jalan yang rusak atau tidak rata. Hal ini bisa menjadi penyebab rantai motor kita menjadi kendur.

Karena jalan yang bergelombang ini bisa berakibat pada Swing Arm yang terlalu sering bergerak dan rantai motor kita menjadi tersentak-sentak.  Kondisi inilah yang bisa membuat rantai motor cepat kendur.

  • Kotoran Pada Rantai

    Kotoran yang ada di rantai juga bisa membuat rantai menjadi cepat kendur. Air hujan yang bercampur lumpur yang menggenang di jalan saat kita lewati terkadang menyemprot ke rantai motor kita. Karena air lumpur inilah yang membuat kotoran di rantai motor menjadi semakin banyak.

    Kotoran pada rantai motor ini yang membuat grease atau biasa disebut dengan gemuk menghilang. Jika gemuk atau grease ini menghilang maka rantai motor akan jadi cepat panas dan secara lama kelamaan rantai motor akan mengendur saat keadaan dingin.

  • Kelebihan Muatan

    Baca Juga : Jangan Buru-Buru, Pelajari Apa Itu Press Velg Motor

    Penyebab berikutnya rantai motor cepat kendur adalah karena kelebihan muatan. Kelebihan muatan ini juga bisa menjadi penyebab rantai motor kita kendur loh. Hal ini karena rantai tidak kuat untuk menarik beban yang terlalu berat sehingga jarak antar sambungan rantai menjadi oblak.

    Beban motor yang melebihi kapasitas aslinya tentu saja membuat beban kerja dari rantai menjadi bertambah dua kali lipat, akibatnya jika rantai tidak kuat bisa-bisa rantai motor pun jadi putus.

  • Settingan Rantai

    Seperti yang sudah saya sampaikan diatas jika settingan arm kiri dan juga arm kanan berbeda tentu saja bisa berakibat masalah lain menjadi muncul. Termasuk juga rantai menjadi lebih mudah kendur lagi akibat settingan rantai yang tidak sempurna. Untuk itu selalu perhatikan settingan antara arm kiri dan arm kanan agar roda belakang menjadi center.

    Sekianlah pembahasan tentang bagaimana cara mengencangkan rantai motor kendur biar gak bahaya saat berkendara, dan sebagai tips penting lainnya sangat disarankan  untuk melakukan pengecekan dan penggantian rantai motor yang dilakukan melalui bengkel resmi motor Suzuki.

  • Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

    Berita Lainnya