Tips & Trik

5 Cara Mengencangkan Rantai Motor Kendur Biar Ga Bahaya

PUBLISHED DATE : 15 Mei 2020

Cara Mengencangkan Rantai Motor

Rantai motor adalah salah satu komponen penting di kendaraan sepeda motor. Rantai motor sendiri berguna untuk menyalurkan tenaga penggerak dari mesin motor ke roda sehingga motor bisa bergerak dan melaju di jalan raya. Dengan cara kerja rantai motor yang seperti ini tentu saja terkadang membuat rantai motor kendur.

Pasti cepat atau lambat seiring dipakainya motor, rantai motor akan mengalami kendur. Sedangkan rantai motor yang kendur ini bisa mengganggu kita dalam berkendara seperti motor yang berisik sampai tenaga dari motor yang bisa berkurang akibat rantai motor kendur.

Untuk itu tentu saja sebelum rantai motor menjadi kendur sebaiknya kita antisipasi dulu dengan memperbaiki sendiri. Dibawah ini sudah saya berikan beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengencangkan rantai motor yang kendur, langsung saja anda simak cara mengencangkan rantai motor dibawah ini.

5 Langkah Mengencangkan Rantai Motor Kendur

rantai motor kendur

Sebelum anda mulai mengetahui cara menyetel rantai motor, sebaiknya anda harus mempersiapkan dulu kunci dan peralatan yang diperlukan. Untuk mengencangkan rantai motor kunci yang paling penting adalah kunci pas dan juga kunci ring. Ukuran kunci yang dipakai anda sesuaikan saja dengan ukuran mur as roda dan juga ukuran mur adjuster dari rantai motor anda.

Baca Juga : Jangan Putar Kunci Lalu Langsung Starter Motor! Ini Alasannya

Kebanyakan ukuran mur as roda adalah 17, sedangkan untuk ukuran mur adjuster adalah 12. Jadi anda siapkan saja kunci dengan ukuran 17 dan 12 tersebut. Dibutuhkan dua buah kunci ring 17 karena mur as roda ini ada dua, jadi yang satu untuk menahan putaran kunci dan yang satu untuk mengendurkan mur.

  1. Standarkan Motor Dengan Standar Tengah

    Langkah pertama untuk mengencangkan rantai motor tentu saja adalah standarkan motor dengan standar tengah. Jangan gunakan standar samping karena motor tidak akan bisa terangkat dengan sempurna. Gunakanlah standar tengah agar motor dapat terangkat sehingga proses penyetelan rantai bisa berlangsung mudah

  2. Kendurkan Mur As Roda

    Cara mengencangkan rantai motor diawali dengan menggunakan kunci ring untuk kedua mur as roda pada bagian kiri dan kanan. Anda putar salah satu bagian tersebut dengan kunci, gunakan kunci sisi lainnya untuk menahan perputaran. Memang biasanya saat baru mengendurkan ini akan berat dan keras.

    Untuk itu anda bisa mengentakkan kunci tersebut atau juga bisa dibantu dengan memukul kunci agar bisa terputar. Setelah kunci terputar pertama tentu saja untuk proses selanjutnya akan semakin mudah. Jangan terlalu mengendurkan mur roda karena bisa-bisa roda menjadi lepas. Ingat, kita disini hanya ingin membuat roda belakang menjadi mudah untuk dimaju dan mundurkan.

  3. Kendurkan Baut Braket Kaliper

    Hal ini hanya berlaku bagi anda yang memiliki motor dengan rem belakang cakram. Jika motor anda tidak menggunakan cakram maka lewati saja langkah ini. Jika motor anda menggunakan rem cakram maka anda harus mengundurkan dulu batu briket dari kaliper rem belakang.

    Baut braket ini biasanya berada di swing arm suspensi belakang di sisi kanan roda. Anda bisa melepas baut ini dengan kunci ring, jika dirasa kesulitan anda bisa menggunakan kunci shock untuk mengendurkan baut braket kaliper ini.

  4. Putar Mur Adjuster Rantai

    Berikutnya setelah semua baut yang berhubungan dengan rantai diatas sudah berhasil dikendurkan, proses penyetelan rantai akan segera dimulai. Cara menyetel rantai motor ini anda lakukan dengan cara memutar dua mur adjuster yang ada di ujung swing arm roda motor.

    Ini yang paling penting, karena terdapat dua buah mur pada bagian sisi kiri dan sisi kanan maka anda harus melakukan putaran dengan sama rata. Artinya jika sisi kiri diputar dua kali maka sisi kanan adjuster juga harus diputar dengan dua putar. Jika perputaran ini berbeda maka bisa berakibat fatal yakni roda belakang menjadi tidak center.

    Lebih baik jangan langsung memutar mur adjuster ini dengan banyak putaran. Mulailah dengan bertahap, putar searah dengan jarum jam guna mengencangkan rantai. Anda bisa mengetes kekencangan rantai dengan tangan kira-kira sudah kencang atau masih kendur.

  5. Kencangkan Lagi Semua Mur Baut

    Jika dirasa rantai sudah pas tidak kendur maka anda hanya tinggal melakukan pengencangan pada semua mur dan juga baut yang anda kendurkan tadi. Anda kencangkan saja mur as roda dan juga baut pada bracket kaliper rem roda belakang.

    Bagi anda yang menggunakan motor bebek dengan rem belakang tromol maka anda harus melakukan penyetelan ulang dari rem tromol setelah mengencangkan rantai. Hal ini karena sesudah kita selesai menyetel rantai tentu saja posisi dari roda belakang akan menjadi semakin ke belakang sehingga rem tromol berakibat tertarik lebih kedalam.

Penyebab Rantai Motor Cepat Kendur

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas jika rantai motor ini pastinya akan mengalami pengenduran secara sendirinya seiring kita pakai motor sehari-hari. Lalu apa saja sih penyebab dari rantai motor cepat kendur? Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa penyebab rantai motor cepat kendur.

  1. Medan Jalan Yang Tidak Rata Dan Bergelombang

    Penyebab pertama rantai motor cepat kendur adalah karena medan jalan yang bergelombang dan juga kondisi jalan yang rusak atau tidak rata. Hal ini bisa menjadi penyebab rantai motor kita menjadi kendur.

    Karena jalan yang bergelombang ini bisa berakibat pada Swing Arm yang terlalu sering bergerak dan rantai motor kita menjadi tersentak-sentak.  Kondisi inilah yang bisa membuat rantai motor cepat kendur.

  2. Kotoran Pada Rantai

    Baca Juga : Ini Cara Kendalikan Matic Saat Lewati Turunan

    Kotoran yang ada di rantai juga bisa membuat rantai menjadi cepat kendur. Air hujan yang bercampur lumpur yang menggenang di jalan saat kita lewati terkadang menyemprot ke rantai motor kita. Karena air lumpur inilah yang membuat kotoran di rantai motor menjadi semakin banyak.

    Kotoran pada rantai motor ini yang membuat grease atau biasa disebut dengan gemuk menghilang. Jika gemuk atau grease ini menghilang maka rantai motor akan jadi cepat panas dan secara lama kelamaan rantai motor akan mengendur saat keadaan dingin.

  3. Kelebihan Muatan

    Penyebab berikutnya rantai motor cepat kendur adalah karena kelebihan muatan. Kelebihan muatan ini juga bisa menjadi penyebab rantai motor kita kendur loh. Hal ini karena rantai tidak kuat untuk menarik beban yang terlalu berat sehingga jarak antar sambungan rantai menjadi oblak.

    Beban motor yang melebihi kapasitas aslinya tentu saja membuat beban kerja dari rantai menjadi bertambah dua kali lipat, akibatnya jika rantai tidak kuat bisa-bisa rantai motor pun jadi putus.

  4. Settingan Rantai

    Seperti yang sudah saya sampaikan diatas jika settingan arm kiri dan juga arm kanan berbeda tentu saja bisa berakibat masalah lain menjadi muncul. Termasuk juga rantai menjadi lebih mudah kendur lagi akibat settingan rantai yang tidak sempurna. Untuk itu selalu perhatikan settingan antara arm kiri dan arm kanan agar roda belakang menjadi center.

    Sekianlah pembahasan tentang bagaimana cara mengencangkan rantai motor kendur biar gak bahaya saat berkendara, dan sebagai tips penting lainnya sangat disarankan  untuk melakukan pengecekan dan penggantian rantai motor yang dilakukan melalui bengkel resmi motor Suzuki.

Berita Lainnya