Tips & Trik

Oversize Piston Motor: Pengertian, Fungsi & Manfaatnya

PUBLISHED DATE : 18 Desember 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/20012063_s.jpg

Modifikasi motor di dunia otomotif tidak hanya pada penampilan atau visualnya saja, namun juga dapat dilakukan pada komponen lainnya seperti mesin.

Arti oversize sendiri merupakan istilah yang tidak asing bagi para peng-upgrade motor yang sering melakukan modifikasi pada kendaraannya. 

Sebelum memutuskan untuk melakukan oversize pada motor kesayangan, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu seluk beluk tentang oversize.

Baca Juga : Suzuki TS 125, Pernah Berjaya di Negeri Tercinta

Nah, apa sebenarnya pengertian oversize, fungsi, manfaat, hingga efek sampingnya bagi kendaraan? Yuk simak ulasan mengenai oversize berikut ini.

Pengertian Oversize pada Piston Motor

Arti oversize bisa dipahami dengan mengganti atau memperbesar piston serta melakukan bubut boring di ruang bakarnya yang berguna untuk memperbesar kemampuan boring. Melakukan oversize artinya adalah mengganti ukuran piston pada motor lebih besar daripada ukuran bawaannya. 

Baca Juga : Biar Ngacir, Ini 10 Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Oversize piston diartikan sebagai cara memodifikasi mesin motor dengan cara memperbesar ukuran atau diameter pada piston motor. Variasi ukuran untuk oversize motor biasanya menggunakan kenaikan setiap 0,25 mm yaitu ukuran 25, 50, 75, hingga 100 untuk besar oversize maksimal.

Apabila oversize sudah melebihi 100 atau 1 mm, maka sebaiknya untuk mengganti boring dan menggunakan ukuran standar lagi atau oversize 0.

Jika oversize melebihi 100 maka dikhawatirkan liner akan terlalu tipis dan tentunya hal tersebut akan menimbulkan masalah baru.

Baca Juga : Kilas Balik Suzuki RGR 150, Motor Sport Legendaris Suzuki

Oversize merupakan langkah ketika ruang bakar bermasalah. Biasanya oversize piston dilakukan pada motor yang memiliki umur pakai yang tinggi yaitu pada motor tua yang mulai mengeluarkan asap berasal dari knalpot yang disebabkan oleh kebocoran kompresi pada mesin motor tersebut.

Fungsi Oversize pada Piston Motor

Fungsi oversize salah satunya adalah berguna untuk meningkatkan performa kinerja mesin pada motor.

Memiliki ukuran piston yang lebih besar tentunya akan dapat menambah performa dari mesin motor tersebut. Awalnya, modifikasi oversize pada piston motor ini diadopsi dari dunia motor balap.

Adapun fungsi lain dari oversize motor untuk pemakaian harian adalah berguna untuk menghilangkan tanda-tanda kompresi bocor yang disebabkan oleh liner yang baret. 

Oversize pada piston juga berfungsi untuk memperbaiki silinder yang telah mengalami keausan sehingga akan normal kembali. 

Oversize pada motor juga berfungsi untuk memperbesar volume pada ruang bakar mesin.

Apabila sebuah motor memiliki volume ruang bakar yang besar, maka mesin tersebut juga akan semakin banyak menampung bahan bakar sehingga pembakaran dapat berjalan lebih optimal.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya