Tips & Trik

Oversize Piston Motor: Pengertian, Fungsi & Manfaatnya

PUBLISHED DATE : 18 Desember 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/20012063_s.jpg

Adanya modifikasi oversize pada piston motor menjadikan performa mesin dapat kembali normal.

Modifikasi oversize pada piston juga dapat dijadikan sebagai alternatif ketika kondisi dinding liner telah aus tanpa harus mengganti blok mesin yang tentunya membutuhkan biaya yang lebih mahal.

57555331_s

Manfaat Oversize pada Piston Motor

Oversize pada piston biasanya dilakukan ketika motor telah mengalami aus yang diakibatkan oleh usia pemakaian yang cukup lama atau motor yang sudah tua.

Manfaat yang diperoleh dari oversize pada piston yaitu kompresi mesin menjadi normal kembali dan performa motor menjadi meningkat.

Tidak hanya untuk mengembalikan kompresi mesin menjadi normal kembali, modifikasi oversize yang dilakukan pada blok silinder atau dinding liner yang telah mengalami aus akan bermanfaat. Ini untuk memperlancar langkah dari piston kembali, sehingga proses pembakaran mesin akan optimal lagi.

Oversize merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kerusakan ruang bakar pada mesin motor.

Mesin motor yang telah di-oversize, maka memiliki tarikan yang lebih responsif dan tenaga yang dihasilkan juga jauh lebih besar jika dibandingkan dengan sebelumnya. 

Manfaat lainnya dari oversize yaitu menambah cc. Oversize merupakan proses memperbesar diameter piston sehingga juga dapat menambah cc motor meskipun tidak terlalu signifikan seperti bore up. Ketika diameter piston bertambah, maka juga diiringi dengan penambahan cc pada motor.

Efek Samping Oversize pada Piston Motor

Ternyata tidak hanya berdampak positif bagi mesin kendaraan, namun melakukan oversize piston juga terdapat efek samping yang tidak boleh diabaikan.

Lalu, apa saja efek samping yang ditimbulkan dari oversize pada piston? Berikut akan dibahas efek samping dari modifikasi oversize pada motor.

  • Garansi Mesin Akan Hangus

Salah satu efek samping dari melakukan oversize pada piston yaitu hangusnya garansi mesin resmi yang dikeluarkan oleh pabrikan motor asli.

Melakukan oversize artinya mengubah komponen-komponen bawaan dari pabrik motor tersebut sehingga garansi untuk motor tersebut menjadi hilang. 

Tidak hanya melakukan oversize yang dapat menyebabkan garansi mesin menjadi hangus, namun melakukan modifikasi pada mesin yang lainnya juga akan menyebabkan garansi menjadi hangus.

Sebaiknya Anda melakukan oversize pada kendaraan yang sudah tidak bergaransi atau motor tua.

  • Bahan Bakar Lebih Boros

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa oversize pada piston akan menambah volume ruang pembakaran pada mesin.

Untuk menghasilkan tenaga yang besar, maka kebutuhan bahan bakar juga semakin banyak. Hal ini yang menyebabkan oversize lebih boros dalam konsumsi bahan bakar.

  • Potensi Bergetar pada Motor

Efek samping selanjutnya dari oversize pada piston adalah adanya potensi bergetar, ngelitik pada motor.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya