Cara Aman Naik Motor di Jalan yang Licin

13 Maret 2019
Share to

Hujan yang belakangan ini mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia, terutama wilayah pulau Jawa, tidak hanya membuat banyak aktivitas sebagian besar warga terganggu, tapi juga berisiko menyebabkan kecelakaan lalu-lintas akibat kondisi jalanan yang basah dan licin.

Dalam kondisi ini, bijaksana dalam menggunakan kendaraan merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Berikut merupakan trik aman menggunakan sepeda motor di jalanan yang licin.

  1. Pastikan kamu menjaga jarak aman, minimalnya 1 meter dari pengendara di depan. Dalam kondisi jalanan yang licin, daya cengkram ban dengan aspal jadi berkurang. Saat terpaksa harus melakukan pengereman mendadak, akibatnya bisa fatal lho, dari mulai terjatuh hingga tabrakan.
  2. Pastikan kamu selalu menyalakan lampu utama. Selain untuk menambah jarak pandang, lampu utama bisa digunakan untuk membantu pengendara lain agar bisa melihat posisi kita. Sebaiknya gunakan lampu berwarna kuning terang agar posisi kamu terlihat jelas.
  3. Sebelum menyalip kendaraan yang ada di depan, pastikan dulu kondisinya aman, dan jalan dari arah berlawanan benar-benar kosong. Sebelum menyalip, bunyikan dulu klakson untuk memberi peringatan kepada kendaraan di depan agar mereka bisa memberi jalan.
  4. Pastikan kamu berbelok dengan normal, dan hindari posisi berbelok yang terlalu patah. Berbelok terlalu miring, terlebih jika dilakukan dalam kecepatan tinggi, bisa membuat kamu terjatuh karena kehilangan keseimbangan akibat daya cengkram ban yang kurang maksimal.
  5. Kurangi kecepatan saat melewati jalan yang becek, berkerikil atau berpasir. Kecepatan sekitar 30-40 Km/jam, sangat disarankan. Selain itu, perhatikan juga kondisi jalan ketika kamu akan menerjang genangan air.
  6. Hati-hati dengan lubang jalan jalanan, atau jalanan yang cekung. Banyak kasus kecelakaan terjadi akibat dari pengendara yang memaksa menerobos genangan air, ada pula yang harus merelakan motornya tenggelam karena terjebak dalam cekungan jalan.
  7. Sebaiknya hindari penggunaan helm dengan kaca visor terlalu gelap yang bisa membuat jarak pandang kamu terbatas. Gunakan kaca visor yang bening, atau kalau hujan sudah mengganggu jarak pandang kamu, sebaiknya menepi sebentar.

Selain itu, hati-hati saat melewati genangan air yang cukup dalam. Jika ada kendaraan besar lewat dari arah berlawanan, sebaiknya hindari karena kendaraan besar seperti truk, bisa menciptakan gelombang air yang cukup kuat, dan bisa membuat kamu kehilangan keseimbangan.