Tips & Trik

Yuk Simak, Inilah Tips Cara Melepas Stiker Motor

PUBLISHED DATE : 08 April 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/cara_melepas_stiker_motor.jpg

Stiker menjadi salah satu aksesoris motor yang banyak digunakan. Bahkan body motor original seringkali sudah dipasang stiker dari pabrikannya. Anda mungkin saja merasa bosan dengan stiker yang sudah lama digunakan, dan ingin menggantinya dengan yang baru. 

Cara melepas stiker motor yang benar pun perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan pada bagian cat motor. Perlu biaya lebih lagi jika Anda harus mengecat bagian yang mengelupas gara-gara menggunakan stiker. 

Adakah cara melepas stiker yang tidak menimbulkan bekas? Jawabannya ada. Beberapa tips dan trik berikut ini bisa Anda ikuti sehingga stiker terlepas tanpa meninggalkan bekas. 

Tips dan Trik Menghilangkan Stiker di Motor Tanpa Bekas 

Baca Juga : Ini Risiko Memakai Kompresor Saat Mengganti Oli

Tingkat kerekatan stiker pada body motor sangatlah tinggi. Apabila Anda menggunakan benda tumpul atau tajam untuk mengelupasnya, resiko cacat pada body akan lebih tinggi. Anda tentu tidak ingin body motor rusak hanya karena salah melepaskan stiker. 

Untuk menjaga body motor tetap baik dan kondisi cat tampak seperti baru, ada beberapa cara menghilangkan stiker di motor yang bisa diikuti. Berikut ini beberapa tips dan triknya. 

Tips dan Trik 1. Menggunakan Cairan Pembersih

Cara melepas stiker motor yang pertama adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih yang dijual di pasaran. Cairan ini berfungsi untuk mengurangi tingkat kerekatan pada stiker terlebih dahulu. Bahan ini perlu disemprotkan secara hati-hati hanya pada bagian stiker motor. 

Baca Juga : Polusi Kendaraan, Jangan Hanya Salahkan BBM!

Beberapa alat lain yang dibutuhkan dalam prosesnya adalah hari dryer, air, kain lap, bahan poles motor, serta kanebo. Apabila semua bahan dan alatnya sudah disiapkan, Anda bisa mengikuti beberapa langkah pengelupasan stiker berikut ini. 

    1. Semprotkan cairan pembersih

Langkah pertama adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih ke area stiker dengan hati-hati. Supaya cairan ini tidak merusak bagian body lainnya, Anda perlu menyemprotkan fokus pada bagian stiker. 

Jika mengenai body lain segera lap dengan kain hingga bersih. Kemudian tunggu sebentar sampai ujung stiker sedikit mengelupas. 

Baca Juga : Ternyata Simpel, Begini Cara Melihat Pajak Motor di STNK

    2. Panaskan dengan hairdryer

Langkah selanjutnya adalah memanaskan ujung stiker dengan hairdryer, panaskan sampai muncul reaksi stiker mengkerut. Anda bisa melihat pada bagian ujung stiker yang mulai mengkerut dan mengangkatnya secara perlahan. 

Stiker akan lebih mudah untuk ditarik ketika cairan tersebut dipanaskan. Apabila masih sulit, semprotkan kembali cairan pembersih tersebut dan panaskan kembali. 

    3. Membersihkan sisa lem

Apabila stiker sudah terkelupas semua, maka pada body motor akan terlihat bekas stiker. Anda tidak boleh membersihkannya dengan benda tajam. Cara membersihkannya adalah dengan kain yang dibasahi air hangat dan gosokan secara lembut sampai bekas lem hilang. 

    4. Memoles body motor

Langkah terakhir adalah mengelap permukaan dengan bahan poles motor. Dengan begitu sisa lem akan terangkat dan tidak terlihat bekas stiker. Body motor pun akan lebih kinclong. 

cara_menghilangkan_stiker_di_motor

Tips dan Trik 2. Menggunakan Bensin 

Trik dari cara melepas stiker motor selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bensin.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya