Tips & Trik

Harus Waspada, Ini Akibat Telat Ganti Oli Motor Kamu

PUBLISHED DATE : 15 Desember 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/137946683_s.jpg

Jangan teruskan kebiasaan telat mengganti oli motor yang kamu lakukan. Kebiasaan ini akan menimbulkan beberapa kerusakan yang dalam jangka panjang akan menguras isi dompet kamu. 

Apa saja akibat telat ganti oli motor yang harus diwaspadai? Kamu yang menggunakan motor setiap hari harus tahu apa saja akibat buruknya. 

Akibat Telat Ganti Oli Motor yang Harus Dihindari 

Baca Juga : Bearing Roda Motor Rusak? Segera Ganti agar Tak Merembet Kemana-mana

Layaknya mesin pada umumnya, perawatan dibutuhkan untuk menjaga kinerjanya tetap optimal. Perawatan juga akan memperpanjang usia mesin, termasuk mesin motor yang setiap hari digunakan. 

Salah satu perawatan paling umum dilakukan saat servis rutin adalah mengganti oli motor. Kapan terakhir kali kamu mengganti oli mesin pada motor? Seberapa seringkah kamu menggantinya? 

Pertanyaan ini perlu dijawab oleh semua pemilik sepeda motor termasuk kamu. Ingat bahwa oli adalah pelumas yang bekerja untuk menjaga mesin. Oli akan melumasi mesin supaya gesekan yang terjadi antar komponen berjalan lancar. 

Baca Juga : Jadi Mudah, Begini Cara Mengecek Pajak Motor Online

Di sisi lain, oli juga akan bekerja menyerap panas dari gesekan antara mesin tersebut. Setelah digunakan, kualitas oli untuk melumasi pun menurun yang disebabkan oleh gram pada mesin. 

Apa saja akibat telat ganti oli motor yang bisa diwaspadai sejak awal adalah sebagai berikut. 

  • Keluar Asap Putih dari Knalpot

Akibat pertama yang cukup berbahaya bagi mesin adalah blok silinder dan seher atau piston menjadi baret. Oli yang sudah lama tidak diganti, bukan hanya berkualitas buruk namun volumenya juga menurun. 

Baca Juga : 9 Cara Merawat Motor Bebek agar Performanya Terjamin

Asupan oli mesin yang kurang ini akan meningkatkan gesekan yang terjadi antara piston dengan blok silinder. Akibatnya baret-baret pun akan muncul dan efeknya adalah muncul asap putih pada knalpot. 

Asap putih ini disebabkan oleh masuknya oli pada bagian celah piston dan blok silinder yang baret. Bisa dikatakan kebocoran sedang terjadi dan hanya bisa diatasi dengan mengganti komponen mesin. 

  • Mesin Motor akan Cepat Panas

Tidak hanya sistem pendinginan pada motor saja yang bekerja untuk menyerap panas dari ruang bakar. Oli juga berperan cukup besar dalam menyerap panas yang muncul karena gesekan mesin. 

Overheating pada motor bisa terjadi ketika kamu sering menunda mengganti oli. Kerusakan karena panas ini akan mempengaruhi komponen kepala silinder menjadi melengkung. 

Kepala silinder yang melengkung tidak bisa diperbaiki selain harus diganti. Kamu pun harus bersiap mengeluarkan banyak biaya untuk menggantinya.  

  • Penggunaan BBM yang Semakin Boros 

Akibat telat ganti oli motor selanjutnya adalah konsumsi bahan bakar yang semakin meningkat. Kerugian ini tentu akan membuat kantong kamu semakin jebol karena konsumsi BBM di atas normal. 

Walaupun BBM yang digunakan sudah terlalu banyak, namun tidak diimbangi dengan performa kendaraan. Laju kendaraan tidak akan cepat sesuai dengan BBM yang digunakan. 

  • Biaya Perawatan Jauh Lebih Mahal 

Ada begitu banyak komponen yang harus diganti dimulai dari kepala silinder yang sudah melengkung. Selain itu komponen seher dan blok silinder juga akan baret karena jumlah oli dan kualitasnya menurun. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya