Tips & Trik

5 Cara Mengencangkan Rantai Motor Kendur Biar Ga Bahaya

PUBLISHED DATE : 15 Mei 2020

Cara Mengencangkan Rantai Motor

rantai motor kendur

Sebelum anda mulai mengetahui cara menyetel rantai motor, sebaiknya anda harus mempersiapkan dulu kunci dan peralatan yang diperlukan. Untuk mengencangkan rantai motor kunci yang paling penting adalah kunci pas dan juga kunci ring. Ukuran kunci yang dipakai anda sesuaikan saja dengan ukuran mur as roda dan juga ukuran mur adjuster dari rantai motor anda.

Kebanyakan ukuran mur as roda adalah 17, sedangkan untuk ukuran mur adjuster adalah 12. Jadi anda siapkan saja kunci dengan ukuran 17 dan 12 tersebut. Dibutuhkan dua buah kunci ring 17 karena mur as roda ini ada dua, jadi yang satu untuk menahan putaran kunci dan yang satu untuk mengendurkan mur.

  1. Standarkan Motor Dengan Standar Tengah

    Langkah pertama untuk mengencangkan rantai motor tentu saja adalah standarkan motor dengan standar tengah. Jangan gunakan standar samping karena motor tidak akan bisa terangkat dengan sempurna. Gunakanlah standar tengah agar motor dapat terangkat sehingga proses penyetelan rantai bisa berlangsung mudah

  2. Kendurkan Mur As Roda

    Baca Juga : Cara Mengendarai Motor Matic, Buat Kamu Yang Baru Belajar

    Cara mengencangkan rantai motor diawali dengan menggunakan kunci ring untuk kedua mur as roda pada bagian kiri dan kanan. Anda putar salah satu bagian tersebut dengan kunci, gunakan kunci sisi lainnya untuk menahan perputaran. Memang biasanya saat baru mengendurkan ini akan berat dan keras.

    Untuk itu anda bisa mengentakkan kunci tersebut atau juga bisa dibantu dengan memukul kunci agar bisa terputar. Setelah kunci terputar pertama tentu saja untuk proses selanjutnya akan semakin mudah. Jangan terlalu mengendurkan mur roda karena bisa-bisa roda menjadi lepas. Ingat, kita disini hanya ingin membuat roda belakang menjadi mudah untuk dimaju dan mundurkan.

  3. Kendurkan Baut Braket Kaliper

    Hal ini hanya berlaku bagi anda yang memiliki motor dengan rem belakang cakram. Jika motor anda tidak menggunakan cakram maka lewati saja langkah ini. Jika motor anda menggunakan rem cakram maka anda harus mengundurkan dulu batu briket dari kaliper rem belakang.

    Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya