Tips & Trik

5 Cara Mengencangkan Rantai Motor Kendur Biar Ga Bahaya

PUBLISHED DATE : 15 Mei 2020

Cara Mengencangkan Rantai Motor

Baut braket ini biasanya berada di swing arm suspensi belakang di sisi kanan roda. Anda bisa melepas baut ini dengan kunci ring, jika dirasa kesulitan anda bisa menggunakan kunci shock untuk mengendurkan baut braket kaliper ini.

  • Putar Mur Adjuster Rantai

    Berikutnya setelah semua baut yang berhubungan dengan rantai diatas sudah berhasil dikendurkan, proses penyetelan rantai akan segera dimulai. Cara menyetel rantai motor ini anda lakukan dengan cara memutar dua mur adjuster yang ada di ujung swing arm roda motor.

    Ini yang paling penting, karena terdapat dua buah mur pada bagian sisi kiri dan sisi kanan maka anda harus melakukan putaran dengan sama rata. Artinya jika sisi kiri diputar dua kali maka sisi kanan adjuster juga harus diputar dengan dua putar. Jika perputaran ini berbeda maka bisa berakibat fatal yakni roda belakang menjadi tidak center.

    Lebih baik jangan langsung memutar mur adjuster ini dengan banyak putaran. Mulailah dengan bertahap, putar searah dengan jarum jam guna mengencangkan rantai. Anda bisa mengetes kekencangan rantai dengan tangan kira-kira sudah kencang atau masih kendur.

  • Kencangkan Lagi Semua Mur Baut

    Baca Juga : Apa Itu Kick Starter? Ini Fungsi dan Manfaatnya

    Jika dirasa rantai sudah pas tidak kendur maka anda hanya tinggal melakukan pengencangan pada semua mur dan juga baut yang anda kendurkan tadi. Anda kencangkan saja mur as roda dan juga baut pada bracket kaliper rem roda belakang.

    Bagi anda yang menggunakan motor bebek dengan rem belakang tromol maka anda harus melakukan penyetelan ulang dari rem tromol setelah mengencangkan rantai. Hal ini karena sesudah kita selesai menyetel rantai tentu saja posisi dari roda belakang akan menjadi semakin ke belakang sehingga rem tromol berakibat tertarik lebih kedalam.

  • Penyebab Rantai Motor Cepat Kendur

    Seperti yang sudah saya sampaikan diatas jika rantai motor ini pastinya akan mengalami pengenduran secara sendirinya seiring kita pakai motor sehari-hari. Lalu apa saja sih penyebab dari rantai motor cepat kendur? Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa penyebab rantai motor cepat kendur.

    1. Medan Jalan Yang Tidak Rata Dan Bergelombang
      Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

    Berita Lainnya