Tips & Trik

Ternyata Ini Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah

PUBLISHED DATE : 23 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/busi_basah.jpg

Busi motor merupakan salah satu komponen yang memiliki peran cukup penting, sehingga Anda harus merawatnya dengan baik.

Jika tidak dirawat maka komponen ini akan rusak, seperti menjadi hitam dan basah. Sebenarnya ada beberapa penyebab busi motor hitam dan basah yang perlu Anda ketahui. Terjadinya kerusakan pada busi juga dapat memicu kerusakan pada komponen lain. 

Selain itu jika tidak diatasi dengan cepat, maka kinerja busi akan mengalami penurunan. Berikut informasi selengkapnya mengenai penyebab dan bagaimana cara mengatasi busi motor yang rusak.

Mengenal Sekilas Tentang Busi Motor 

Baca Juga : Agar Tetap Nyaman, Selalu Ingat Jadwal Spooring dan Balancing Roda Mobil Anda

Busi motor merupakan komponen yang ada di dalam kendaraan di mana fungsinya untuk membantu proses di ruang pengapian mesin. Busi pada motor ini bisa mengalami kerusakan jika tidak segera diatasi dengan benar.

Mengenal Fungsi dan Bagian Busi Pada Motor

Menjadi komponen yang cukup penting pada motor, busi memiliki fungsi agar kendaraan bisa digunakan dengan baik. Adapun fungsi dan bagian dari busi motor adalah sebagai berikut:

  • Insulator

Bagian pertama pada busi motor adalah insulator yang digunakan untuk memindahkan panas ke bagian kepala silinder.

Baca Juga : Bukan Sekedar Aksesories, Ini Fungsi Utama High Mount Stop Lamp

Busi motor ini dibuat dari material keramik di mana juga berfungsi untuk membantu proses isolasi antara elektroda bagian tengah dengan cangkang besi.

Jika proses isolasi antara kedua komponen tersebut selesai maka tidak akan ada arus tinggi yang keluar dari bagian elektroda. 

  • Insulator Tip

Bagian kedua dari komponen yang satu ini adalah sebagai insulator tip. Busi akan membantu proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar. Proses pembakaran ini memang membutuhkan material yang bisa tahan dengan temperatur tinggi. 

  • Metal Case

Baca Juga : Apa itu Quick Shifter? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

Bagian lain yang juga terdapat pada busi adalah metal case di mana fungsinya untuk membantu proses perpindahan panas ke komponen lain.

Selain itu juga berfungsi untuk mengatur busi agar bisa terkunci di bagian kepala silinder.

  • Ground

Ground merupakan bagian lain dari busi yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik agar bisa berpindah ke komponen inti elektroda. Api koil yang dihasilkan di ruang pembakaran juga akan berakhir di bagian ground.

  • Terminal

Bagian berikutnya pada busi adalah terminal di mana fungsinya untuk menyalurkan tegangan listrik yang berasal dari koil. Adapun terminal ini merupakan sebuah komponen yang terbuat dari bahan besi.

  • Ribs

Bagian busi yang berikutnya adalah ribs, fungsinya untuk menghalangi arus listrik merambat ke bagian lain di luar komponen.

Adapun bentuk dari ribs adalah bergelombang sehingga dapat membuat jarak yang panjang antara ground dan elektroda inti. 

  • Gasket

Bagian yang satu ini memiliki fungsi untuk menutup bagian ruang bakar sehingga tidak menimbulkan kompresi.

Pasalnya jika tidak menggunakan sebuah gasket, maka proses pembakarannya bisa keluar komponen.

  • Inti Elektroda

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya