Tips & Trik

Ternyata Ini Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah

PUBLISHED DATE : 23 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/busi_basah.jpg

Bagian terakhir yang terdapat pada busi adalah inti elektroda. Fungsi dari bagian yang satu ini adalah untuk mengalirkan energi listrik sehingga bisa terhubung ke bagian terminal.

Inti elektroda sendiri terbuat dari beberapa bahan seperti logam, besi, tembaga dan nikel.

busi_motor_hitam

Penyebab Busi Motor Basah dan Hitam yang Perlu Diketahui

Setelah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan busi hitam, bagian dan fungsinya selanjutnya adalah mengenai penyebab busi motor hitam dan basah. Ada beberapa penyebab yang sering terjadi di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Kualitas Busi Tidak Cocok dengan Mesin

Penyebab pertama mengapa busi pada motor Anda hitam dan basah adalah kualitasnya tidak sesuai dengan mesin. Selain bahan bakar, busi pada motor juga harus berkualitas agar mesin bisa digunakan dengan maksimal. 

Hal ini disebabkan oleh ruang pembakaran membutuhkan api yang besar, dan hanya bisa terpenuhi jika kualitas businya bagus.

Anda harus memilih busi yang memang direkomendasikan untuk jenis motor. Sebaiknya Anda tidak membeli busi yang terbuat dari platinum karena performanya rendah. 

Jika ruang pembakaran tidak bisa bekerja dengan baik, maka akan menyebabkan busi lebih cepat basah dan menghitam. Selain itu, kendaraan Anda juga tidak bisa digunakan.

  • Merembesnya Oli Pada Mesin

Penyebab busi motor hitam dan basah yang selanjutnya adalah karena oli pada mesin merembes masuk ke ruang pembakaran.

Hal ini bisa terjadi karena piston mengalami aus sehingga muncul deposit pembakaran yang berpengaruh pada kondisi busi. 

Jika masalah ini terjadi pada kendaraan, Anda bisa langsung mengganti businya dengan yang baru. Anda bisa datang langsung ke bengkel resmi Suzuki untuk diperbaiki oleh ahlinya.

  • Tidak Sesuainya Bahan Bakar dengan Spesifikasi

Penyebab lain mengapa busi motor Anda bisa cepat menghitam adalah karena bahan bakar tidak sesuai dengan spesifikasi.

Pada umumnya ada spesifikasi bahan bakar yang harus dipenuhi karena jika tidak maka akan berpengaruh terhadap kondisi busi.

Jangan sampai Anda menggunakan kualitas bahan bakar yang rendah agar semua komponen di dalam kendaraan termasuk busi bisa terjaga dengan baik.

Adapun spesifikasi bahan bakar yang sesuai bisa Anda baca di buku panduan bagian kompresi mesin. 

  • Filter Pada Motor Kotor

Penyebab berikutnya adalah kotornya bagian filter. Biasanya orang tidak akan menyadari hal ini, padahal sangat penting untuk diketahui.

Jika filter motor kotor, maka fungsinya tidak akan bekerja dengan baik. Filter tidak bisa menyaring kotoran sehingga mengalami penumpukan pada motor.

  • Adanya Banyak Campuran Pada Bahan Bakar

Penyebab berikutnya adalah terdapatnya banyak campuran pada bensin Anda. 

Campuran ini biasanya menumpuk pada bagian elektroda busi sehingga basah dan menghitam. Selain itu, hal ini juga akan membuat bahan bakar Anda menjadi cepat habis. 

  • Adanya Masalah Pada Setelan Karburator

Penyebab yang terakhir mengapa busi pada motor bisa cepat basah dan menghitam adalah karena adanya masalah di bagian karburator.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya