Tips & Trik

Yuk Cari Tahu Ini Perbedaan 2 Jenis Air Accu Mobil

PUBLISHED DATE : 27 Agustus 2020

Accu Mobil

Aki merah sebaiknya diisikan pertama kali ketika masih dari pabrikan. Hal ini dikarenakan komposisi aki merah sangat sesuai dengan keperluan mobil. Sifat elektrolit yang dimiliki aki merah cukup memiliki peran signifikan dalam pengoperasian kinerja mobil.

Sedangkan untuk aki biru, dimanfaatkan sebagai penambah aki jenis basah bila level aki sudah dinilai mulai mengering. Sifatnya yang murni memberikan peredaman suhu bila aki zuur dirasa panas ketika dalam perjalanan.

Air aki yang panas selanjutnya dapat mengalami masa mendidih dan menguap. Tentu sangat bahaya sekali bila mesin ditemukan sangat panas sedangkan masih dalam perjalanan jauh.

Ada baiknya bila membawa air aki biru sebagai penambah aki ketika kondisi dirasa mulai tidak stabil. Sehingga, bila kondisi aki mulai berkurang volumenya saat di perjalanan, tidak perlu panik untuk mencari aki yang ditambahkan.

Tips Menambah Air Aki Secara Benar dan Aman Agar Berfungsi dengan Baik

Akan ada masanya dimana air aki harus ditambahkan. Kebutuhan mobil terkait konsumsi aki harus diperhatikan agar tahu dimana kondisi yang tepat ketika harus menambahkan air aki.

Baca Juga : Mika Lampu Mobil Rawan Kusam Saat Musim Hujan, Ini Penjelasannya

Berbeda jenis air aki, berbeda pula kadar konsumsinya sehingga berdampak pada cara penambahan air aki. Berikut sedikit tips untuk menambahkan air aki secara benar.

Pertama, hindari pemakaian aki zuur sebagai isian bila volume aki mulai berkurang. Hal ini hanya akan menyebabkan sel-sel dalam aki mengalami kerusakan dan aki tidak akan bertahan lama.

Jadi, sangat tidak disarankan menggunakan aki zuur untuk mengisi volume air yang mulai berkurang. Sebaiknya, gunakan aki biru untuk mengisi volume aki bila dirasa mulai berkurang.

Selain dapat merawat sel aki tetap hidup, penggunaan air aki biru sesuai kadarnya tidak akan merusak aki utama (air aki merah). Perlu diperhatikan juga bahwa aki merah adalah jenis aki yang diisikan pertama kali dari pabrikan, bukan untuk menambah bila volume mulai berkurang

Pemakaian air aki biru juga tidak memiliki bahaya yang signifikan layaknya aki merah. Bila aki biru sempat tumpah, cara pembersihannya cukup dilap saja. Air aki biru tidak akan mengikis atau menimbulkan karat pada bagian mobil.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya