Berita

Jangan Lupa Isi Air Aki Karena Bisa Sebabkan Aki Meledak!

Aki atau accu merupakan salah satu komponen vital dalam mobil. Berbeda dengan sepeda motor yang masih bisa menggunakan kick starter saat aki soak, mobil tidak bisa seperti itu. Saat aki soak, cara darurat untuk menyalakan mobil adalah, ditembak dari aki mobil lain, atau didorong.

Tentu sangat merepotkan bukan? Makanya sebelum semua itu terjadi, Anda wajib menjaga kondisi aki tetap prima, salah satunya menjaga volume air aki dalam kondisi maksimal (batas maksimal).

Bagaimana dengan mitos aki bisa meledak saat dibiarkan kering?

Belakangan ini memang banyak yang percaya dengan mitos tersebut. Faktanya, hal ini memang bisa terjadi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda wajib segera melakukan pengisian ulang air aki. Tapi ingat, jangan sampai melebihi kapasitas yang dianjurkan. Pasalnya, ini bisa menyebabkan pengapuran di kepala aki, yang berakibat menurunkan kinerja aki, dan usia pakainnya jadi lebih pendek.

Perhatikan Warna Air Aki

Saat akan melakukan pengisian ulang air aki, ada 2 jenis cairan aki yang beredar di pasaran, pertama yang berwarna merah, dan yang berwarna biru. Nah, keduanya memiliki isi dan fungsi yang berbeda-beda lho!

Khusus untuk aki dengan kemasan warna merah atau dikenal dengan Accu Zuur, berisi H2SO4, asam sulfat. Ciri-cirinya, kalau kena tangan pasti akan terasa gatal, mudah menyebabkan korosi dan lainnya. Air aki yang satu ini digunakan saat Anda pertama kali mengisi tank aki.

Sedangkan saat Anda akan menambah volume tank aki karena airnya sudah sedikit atau berkurang, bisa menggunakan air aki dalam kemasan biru. Isi dari air aki ini adalah H2O atau air murni.

Sebagai catatan, sebaiknya jangan mengisi ulang atau menambah volume air aki dengan menggunakan air aki kemasan merah atau Accu Zuur. Pasalnya ini bisa menyebabkan kadar H2SO4 dalam aki meningkat dan menyebabkan usia pakai aki jadi berkurang.

Saat dalam kondisi darurat dan air aki tinggal sedikit, Anda bisa menggunakan air mineral kemasan untuk isi ulangnya. Tapi ingat, ini hanya sementara dan dalam kondisi darurat saja!

Berita Lainnya