Tips & Trik

Waspada, Ini Penyebab Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok

PUBLISHED DATE : 15 November 2021

5  SCROSS (1)

Pada komponen ini ada dua jenis bantalan yang digunakan yaitu conrod bearing dan main bearing.

Ketika salah satu bantalan tersebut mengalami aus, maka akan membuat suara mesin menjadi kasar hingga mengeluarkan bunyi klotok-klotok. Suara bising tersebut akan terdengar jelas saat kendaraan mobil melaju dengan kecepatan yang sangat tinggi. 

Sebenarnya kerusakan karena bantalan poros engkol yang mengalami aus itu tergolong cukup kecil, hanya saja suara yang muncul akan membuat pengemudi merasa was was. Solusi terbaik yang bisa dilakukan yaitu dengan mengganti karet bantalan yang baru. 

Flange Flywheel Mengalami Kerusakan

Suara mesin klotok klotok pada dasarnya tidak hanya terjadi pada jenis mobil manual, mobil matic pun juga bisa. Perlu Anda ketahui bahwa bunyi klotok klotok pada mesin mobil matic biasanya disebabkan karena flange flywheel yang sudah mulai rusak. 

Flange flywheel terdapat pada bagian torque converter. Bagian mesin mobil bunyi klotok klotok tersebut disebabkan karena flange flywheel patah dan bergeser sehingga menyentuh bodi mobil.

Jika kerusakan tersebut terjadi, sebaiknya segera ganti komponen tersebut agar performa kendaraan kembali lancar.

5._SCROSS__2_.

Baca Juga : 7 Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya

Pengendara Melakukan Pengisian Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Setiap mobil pasti dilengkapi dengan informasi bahan bakar yang tepat, berdasarkan rekomendasi pabrik. Hal tersebut umumnya disesuaikan dengan kadar oktan pada setiap jenis bahan bakar.

Ketika Anda menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan mesin mobil,  maka akan menimbulkan bunyi klotok klotok.

Kondisi tersebut biasa dinamakan dengan engine knocking atau mesin mobil ngelitik, akibat pengisian bahan bakar tidak sesuai jenis mesin mobil.

Hal tersebut membuat proses pembakaran pada mesin menjadi tidak sempurna. Dampaknya akan timbul gesekan yang suaranya mirip dengan ketukan logam dari mesin. 

Tanda-tanda mesin yang mengalami engine knocking bisa timbul ketika mobil melaju dengan RPM yang rendah.

Jika masalah tersebut terjadi pada mesin mobil Anda, maka segera lakukan tone up dan segera ganti bahan bakar yang sesuai dengan jenis mesin yang dimiliki mobil Anda.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya