Tips & Trik

Walau Kecil, Ini Fungsi Tutup Pentil Motor dan Mobil

PUBLISHED DATE : 13 April 2021

Scross (1)

Kondisi yang demikian bisa membahayakan pengendara. Pasalnya, dalam kondisi tersebut kawat penyangga pada ban akan bekerja lebih guna menahan beban ekstra yang disebabkan tekanan udara berkurang.

Jika kondisi tersebut dibiarkan saja atau tak kunjung disadari, kawat akan putus dan membuat ban pecah atau benjol. Jadi demi kenyamanan saat berkendara, selalu cek kelengkapan kendaraan Anda. 

Apabila tutup pada pentil hilang, segera beli lagi. Jangan meremehkan hilangnya aksesoris kecil yang satu ini karena dapat membahayakan keamanan saat berkendara.

  • Mencegah Kemasukan Air

Tutup pentil mobil dan motor juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk mencegah masuknya air pada ban. Pada bagian dalam ban terdapat bahan logam yang akan berkarat atau mengalami korosi ketika bersentuhan langsung dengan air.

Korosi ini bisa terjadi pada katup yang kemudian membuatnya mengalami kebocoran. Oleh karena hal di atas, maka sangat penting untuk menjaga pentil agar tak kemasukan air.

Anda sebaiknya berhati-hati ketika berkendara di area berair atau saat hujan tiba. Pastikan bahwa valve cap pada kendaraan Anda masih terpasang dengan baik guna menghindari berbagai kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Baca Juga : Awas, Ini Efek Jika Oli Gardan Mobil Tidak Diganti Berkala

Memang sebagai pemilik kendaraan sebaiknya Anda selalu melakukan pengecekan berkala terhadap kelengkapan aksesoris.

Apalagi jika hendak melakukan perjalanan jarak jauh. Pasalnya tak menutup kemungkinan saat penggunaan sehari-hari terdapat aksesoris kecil yang rusak atau hilang.

  • Sebagai Dekoratif/Hiasan

Tak hanya fungsi yang penting, tutup pada pentil juga memiliki fungsi estetis sebagai hiasan.

Tutup ini tersedia dalam berbagai jenis, baik bentuk dan bahan pembuatnya. Beberapa jenis memang sengaja dirancang sebagai tutup untuk mempercantik tampilan ban kendaraan bermotor.

Sebagai dekorasi, valve cup jenis ini memiliki bermacam bentuk dan warna. Misalnya dengan warna-warna cerah, bentuk ujung tutup yang lancip, menyerupai bola, tengkorak, dadu, dan lain sebagainya.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya