Tips & Trik

Walau Kecil, Ini Fungsi Tutup Pentil Motor dan Mobil

PUBLISHED DATE : 13 April 2021

Scross (1)

Scross__2_

Jenis-jenis Tutup Pentil

Terdapat berbagai jenis tutup pentil mobil dan motor. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa tutup kecil ini terbuat dari berbagai bahan dan memiliki bentuk yang berbeda. Bentuk yang berbeda-beda biasanya digunakan pada tutup untuk fungsi dekoratif.

Namun secara umum, untuk menjalankan fungsi dalam mencegah masuknya kotoran dan menjaga tekanan udara, valve cup dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya.

Terdapat tiga jenis bahan yang biasa digunakan untuk valve cup, yaitu plastik, metal, dan indikator.

  1.   Bahan Plastik

Jenis yang paling umum digunakan dan sangat mudah ditemukan yakni tutup dengan bahan plastik. Tutup jenis ini juga merupakan standar bawaan motor. Bahan ini tidak terlalu awet, apalagi jika Anda terlalu sering mencopotnya.

Jika menggunakan valve cup dari bahan plastik ini, Anda perlu melakukan pergantian selama kurun waktu tertentu. Jika tidak diganti, tutup akan longgar yang kemudian bisa membuat ban menjadi kurang angin.

Usahakan mengganti tutup jenis ini ketika sudah mulai longgar. Jangan membiarkannya, karena kemungkinan akan jatuh dan hilang. Harga tutup ini bisa dibilang sangat murah. Jadi, Anda tak perlu menghabiskan banyak uang walau sering menggantinya.

  1.   Bahan Metal/Logam

Baca Juga : Bukan Hanya Hiasan, Inilah Fungsi Spoiler Helm

Jenis bahan yang digunakan berikutnya yaitu metal. Tentu ini lebih kuat dan awet daripada yang berbahan plastik. Valve cup jenis ini bisa menjalankan fungsinya dengan baik, dapat menangkal debu, kotoran, serta air saat hujan lebat.

Sayangnya, bahan jenis ini mudah berkarat ketika sering terkena air saat kondisi lembab.

Setelah berkarat pada bagian ulirnya, tutup akan sulit dibuka menggunakan tangan. Untuk mengatasinya Anda perlu mengolesinya dengan oli atau membuka menggunakan tang.

  1.   Bahan Indikator

Jenis valve cap yang terakhir adalah indikator. Ini merupakan jenis valve cap yang paling baik dari dua jenis sebelumnya. Pasalnya ini telah dibekali oleh fasilitas indikator yang bisa menunjukkan berapa tekanan angin dalam ban.

Indikator ditandai dengan warna, mulai dari yang paling aman yaitu hijau, kuning, dan merah yang paling berisiko. Dengan menggunakan valve cap jenis ini kian mempermudah Anda dalam meningkatkan keamanan berkendara.

Demikian ulasan mengenai fungsi dan jenis tutup pentil. Walaupun kecil, aksesoris ini sangat bermanfaat bagi keselamatan berkendara penggunanya. Jadi sebaiknya Anda tak menyepelekan benda ini.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya