Tips & Trik

Trik Membeli Mobil Bekas Berkualitas

PUBLISHED DATE : 25 Januari 2024

Trik Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Lebih jelasnya, simak tips dalam membeli kendaraan second agar memperoleh mobil yang berkualitas tetapi sesuai budget

  • Lakukan Riset Pasar Dulu

Di antara banyaknya model kendaraan di pasar mobil bekas, usahakan untuk tidak gegabah dalam menentukan pilihan, tidak peduli semenarik apa pun tampilan kendaraan yang Anda lihat. 

Ambil waktu untuk melakukan riset pasar mulai dari tipe kendaraan yang diincar hingga harga pasar saat ini. Selalu ingat akan peraturan penting yaitu semua barang yang berkilau itu belum tentu bagus. 

Jadi, sabar dan cari banyak perbandingan dan informasi sebanyak mungkin sebelum memutuskan ingin membeli yang mana.  

  • Periksa Seluruh Kondisi Mobil

Ketika hendak membeli mobil bekas, pastikan untuk memeriksa semua komponennya tanpa terkecuali. Tujuannya, agar Anda tidak tertipu dan benar-benar mendapatkan mobil second yang berkualitas. 

Ingatlah, mobil itu mungkin tampak bagus kondisinya dari luar. Akan tetapi, belum tentu bagian dalamnya juga sama bagusnya. 

Baca Juga : Biar Aman, Ini Cara Melepas Aki Mobil yang Benar & Pasangnya

Pastikan Anda mengecek bagian eksterior terlebih dahulu dan memastikan semua berfungsi dengan baik. Misal, bagian roda, jendela, pintu, lampu, dan cat body mobil. 

Bagian interior, cek kualitas kabin dan kursi mobil, sound system, serta bagian infotainment. 

Sedangkan bagian mesin, pastikan tidak ada korosi, kebocoran, maupun tabung yang retak di dalamnya. Cek pula bagian oli dan cairan transmisi menggunakan dipstick untuk memastikan kualitas oli. 

Selama pengecekan, Anda dapat menyalakan mesin kendaraan selama 10 - 15 menit untuk memastikan tidak ada rembesan oli di dalamnya. 

  • Cek Status Kendaraan yang Akan Dibeli

Membeli mobil bekas di pasar bebas membutuhkan ketelitian dari Anda dalam memeriksa status dan kelengkapan surat-suratnya. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Aki Motor2

Tips Perawatan Aki Motor

Mengingat fungsinya yang sangat vital, perawatan aki motor menjadi salah satu hal yang harus dilakukan secara rutin.  Pasalnya, komponen inilah yang berguna untuk menyal...

selengkapnya