Tips & Trik

INI DIA 7 ALASAN MENGAPA ANDA HARUS SERVIS RUTIN SEPEDA MOTOR?

PUBLISHED DATE : 23 November 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Oct-Blog-30.jpg

Anda yang sehari-harinya beraktivitas dengan menggunakan sepeda motor wajib untuk selalu melakukan servis rutin untuk memastikan kuda besi Anda tetap prima. Terlebih jika intensitas penggunaan sepeda motor Anda sangat tinggi. Perawatan secara berkala terhadap seluruh komponen sepeda motor mulai dari radiator, filter udara, busi hingga ban sepeda motor dan lainnya tak hanya menjaga performanya sepeda motor tetap optimal tapi juga membuat Anda bisa melakukan perbaikan dini pada komponen sepeda motor yang rusak. Sehingga tak perlu menunggu kerusakan lebih parah dan mengeluarkan banyak biaya. 

Berikut adalah 7 manfaat yang jadi alasan mengapa Anda harus servis rutin sepeda motor?

  • Menjaga performa

Dengan rutin servis berkala, performa sepeda motor akan tetap terjaga dalam kondisi yang optimal. Perawatan rutin saat servis berkala juga menurunkan risiko kerusakan parah pada komponen sepeda motor karena gejala permasalahan bisa dideteksi sejak dini. Sehingga sepeda motor tetap awet untuk waktu yang lama. 

  • Hemat biaya

Baca Juga : 5 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MEMILIH BENGKEL

Rutin servis mungkin terlihat boros karena harus bolak balik masuk bengkel. Padahal faktanya, jika servis berkala dan seluruh kondisi sepeda motor tetap normal tentunya tak perlu mengeluarkan banyak biaya perbaikan. Malahan hati-hati jika Anda jarang servis dan mendapati ada komponen penting yang rusak parah merembet ke bagian lainnya karena jarang diperiksa, ini akan menguras banyak biaya perbaikan. 

  • Komponen motor terawat

Sepeda motor yang sering diservis akan seluruh komponennya seperti ban sepeda motor, rem, lampu lampu dan lainnya akan berfungsi dengan baik dan terawat. Komponen tersebut juga jadi bisa punya usia pakai yang lebih panjang dan berfungsi dengan optimal.

  • Berkendara makin nyaman

Dengan motor yang terawat tentunya akan jadi semakin nyaman. Hal ini karena keseluruhan komponen bisa berfungsi dengan baik, perjalanan pun selalu lancar tanpa risiko permasalahan dari performa mesin mesin dan yang lainnya.

  • Lebih irit bahan bakar

Baca Juga : 4 Cara Mudah Untuk Mengatasi Kerusakan Fan Belt Mobil

Karena seluruh fungsi masing-masing bagian mesin bekerja dengan baik dan terawat, pembakaran pada sepeda motor akan jadi sempurna. Hal ini tentu akan berdampak pada efisiensi penggunaan bahan bakar Anda yang semakin meningkat. 

  • Usia pakai sepeda motor jadi lebih panjang

Sepeda motor yang rutin diservis pastinya akan lebih awet. Perawatan mesin yang dilakukan secara teratur akan mengurangi risiko kerusakan, terutama kerusakan yang disebabkan oleh kotoran/kerak akibat sisa-sisa pembakaran dan aktivitas mesin.

  • Daya jual yang tinggi

Terakhir, sepeda motor yang terawat dengan kondisi dan performa yang masih terjaga dengan baik akan memiliki daya jual yang tinggi. Selain itu, tampilan motor akan terlihat lebih rapi dan terawat yang membuat harganya tidak jatuh saat dijual. Sehingga jika sewaktu-waktu Anda butuh untuk menjual lagi sepeda motor tersebut, Anda bisa mendapatkan harga yang sepadan. 

Baca Juga : Sudah Tahu? Begini Cara Menyetir Mobil Saat PSBB

Itulah beberapa manfaat melakukan perawatan sepeda motor secara rutin. Jangan ragu pula untuk melakukan konsultasi atau pemeriksaan ke bengkel resmi Suzuki jika sepeda motor Anda mulai mengalami kendala. Pelayanan terbaik dari Suzuki motor akan dengan senang hati melakukan pemeriksaan dan perbaikan sepeda motor kesayangan Anda. 

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya