Tips & Trik

Tips Sederhana agar Motor Tidak Mudah Dicuri Maling

PUBLISHED DATE : 23 Desember 2023

WhatsApp Image 2019 01 29 At 10 33 312

Tanda pengenal juga berguna untuk membantu Anda mengawasi motor dari jauh saat sedang parkir di suatu tempat tanpa satpam. Jadi, jika Anda melihat motor bergerak dari kejauhan, Anda otomatis tahu kalau motor sedang dicuri.

  • Tidak Lupa Mencabut Kunci dari Kontaknya

Tips satu ini walaupun sederhana namun masih banyak yang lupa melakukannya. Apabila Anda adalah salah satu yang termasuk sering lupa mencabut kunci motor dari kontaknya, maka mulai biasakan mengingat hal ini sebelum meninggalkan motor di area parkir.

Bila lupa, motor Anda akan jadi target mudah untuk para pencuri motor. Jadi, cabut kunci dari kontaknya dan letakkan di tempat yang aman seperti saku celana, dompet hingga saku jaket bagian dalam.

  • Menggunakan Cover Motor

Opsi yang bisa Anda coba berikutnya untuk mengamankan motor tidak dicuri adalah dengan menggunakan cover motor. Ini berlaku khususnya apabila motor Anda diparkir pada area terbuka, sekalipun itu halaman rumah Anda.

Menutupi motor dengan cover akan mengundurkan niat maling mencuri motor Anda, sebab akan membutuhkan waktu untuk membuka cover dan membobol motornya. Jadi, tidak ada salahnya memasang cover motor demi mencegah kemalingan.

  • Mengamankan Barang-Barang Berharga

Meninggalkan barang berharga Anda seperti dompet, lalu dokumen seperti STNK hingga BPKB di jok motor, akan memancing motor Anda dicuri. 

Baca Juga : Ketahui Ini Perbedaan Mesin Pembakaran Dalam dan Luar

Meski Anda hanya memarkirnya lima hingga sepuluh menit, sebaiknya tetap hindari kebiasaan meninggalkan barang berharga tersebut di tempat terbuka. 

Lalu, bila motor Anda ternyata dicuri, maka Anda juga harus kehilangan barang berharga tersebut. Jadi, kerugiannya bisa dua kali lipat.  

  • Melepas Komponen Motor yang Penting

Cara memastikan motor tidak dicuri yang satu ini cocok Anda gunakan ketika akan meninggalkan motor untuk pulang kampung saat idul fitri tiba. Komponen penting motor yang dimaksud mulai dari busi, aki, hingga ban motor.

Harapannya, melepaskan komponen penting pada motor tersebut akan mengurungkan niat pencuri mengambil motor Anda. Sebab, tanpa komponen tersebut motor akan sulit untuk dioperasikan bahkan tidak bisa dinyalakan.

Pastikan juga Anda telah memahami tentang komponen motor dan terampil melakukan bongkar pasang spare part motornya.

  • Memarkirkan Motor di Area Aman

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya