Tips & Trik

Tips Sederhana agar Motor Tidak Mudah Dicuri Maling

PUBLISHED DATE : 23 Desember 2023

WhatsApp Image 2019 01 29 At 10 33 312

Maling motor menjadi hal yang meresahkan bagi para pemilik motor yang sedang memarkirkan motornya di tempat parkir tidak berpenjaga. Mengetahui tips sederhana agar motor tidak dicuri menjadi solusi yang bisa Anda dapatkan dari artikel ini. 

Sebab, motor menjadi kendaraan yang lebih rentan dicuri daripada mobil. Melihat risiko tersebut, produsen motor pun terus berinovasi hingga menghasilkan teknologi canggih seperti Secure Key Shutter. Namun, tetap saja Anda tidak bisa mengandalkan satu fitur itu saja. 

Tips Sederhana agar Motor Tidak Dicuri Maling

Melakukan hal-hal di bawah ini menjadi upaya pencegahan pencurian motor, atau curanmor, yang bisa Anda coba. Dari tips umum seperti mengarahkan stang ke kanan hingga memasang alarm, cari tahu apa hal yang belum pernah Anda lakukan berikut ini:

  • Mengarahkan Kunci Stang ke Kanan

Tips umum mencegah motor dicuri yang pertama adalah dengan mengarahkan kunci stang motor Anda ke kanan. 

Cara tersebut telah terbukti efektif dalam menghambat pergerakan motor, sehingga pencuri kesulitan membobol kunci kontak motor dengan kunci T.

Adapun kunci T merupakan alat yang dapat Anda gunakan membuka baut, maupun memasang baut pada area yang dalam dan sempit.

Melakukan penguncian stang ke kanan berarti membatasi ruang gerak motor. Hal tersebut berguna untuk menghambat dan menyulitkan pencuri untuk menghidupkan mesin atau membuka kunci motor Anda.

Jadi, jangan lupa untuk selalu mengunci stang motor ke kanan agar motor mendapatkan proteksi ekstra dari risiko pencurian.

  • Menggunakan Secure Key Shutter agar Lubang Kunci Tertutup

Baca Juga : Kenali Penyebab Mobil Sering Menghentak Saat Berakselerasi

Tips berikutnya untuk membantu motor tidak dicuri adalah dengan menggunakan fitur SKS, atau Secure Key Shutter. Fitur tersebut merupakan sistem penguncian dengan cover magnet serta penutup manual.

Penutup pada SKS hanya dapat dibuka jika menggunakan lubang kunci yang telah menyatu dan satu paket dengan kunci utama yang berasal dari motor tersebut.

Umumnya, motor edisi terbaru telah dilengkapi dengan fitur Secure Key Shutter ini. Ketika Anda mengaktifkan fitur SKS, maka lubang kunci motor akan otomatis tertutup. Lubang kunci pun hanya dapat dibuka dengan bagian kepala dari anak kuncinya saja.

  • Memasang Pengaman Ekstra

Cara selanjutnya yaitu dengan memasang alat pengaman ekstra, salah satu contohnya adalah gembok yang bisa dikaitkan pada lubang di cakram depan motor. Gembok juga bisa Anda pasang pada rantai belakang bila motor bukan jenis matic.

Memasang alat pengaman ekstra tersebut akan mengurangi risiko kemalingan motor, sebab maling akan lebih repot dalam membobol motor Anda karena harus mengurus dan membuka gembok tambahan terlebih dahulu. 

  • Menempel Stiker Tanda Pengenal

Tidak hanya untuk membedakan motor Anda dengan motor lain yang serupa jenisnya, menempelkan stiker tanda pengenal akan membuat pencuri berpikir dua kali saat akan mencuri motor Anda. Ini menjadi trik mudah agar motor tidak dicuri.

Tanda pengenal juga berguna untuk membantu Anda mengawasi motor dari jauh saat sedang parkir di suatu tempat tanpa satpam. Jadi, jika Anda melihat motor bergerak dari kejauhan, Anda otomatis tahu kalau motor sedang dicuri.

  • Tidak Lupa Mencabut Kunci dari Kontaknya

Tips satu ini walaupun sederhana namun masih banyak yang lupa melakukannya. Apabila Anda adalah salah satu yang termasuk sering lupa mencabut kunci motor dari kontaknya, maka mulai biasakan mengingat hal ini sebelum meninggalkan motor di area parkir.

Bila lupa, motor Anda akan jadi target mudah untuk para pencuri motor. Jadi, cabut kunci dari kontaknya dan letakkan di tempat yang aman seperti saku celana, dompet hingga saku jaket bagian dalam.

  • Menggunakan Cover Motor

Opsi yang bisa Anda coba berikutnya untuk mengamankan motor tidak dicuri adalah dengan menggunakan cover motor. Ini berlaku khususnya apabila motor Anda diparkir pada area terbuka, sekalipun itu halaman rumah Anda.

Menutupi motor dengan cover akan mengundurkan niat maling mencuri motor Anda, sebab akan membutuhkan waktu untuk membuka cover dan membobol motornya. Jadi, tidak ada salahnya memasang cover motor demi mencegah kemalingan.

  • Mengamankan Barang-Barang Berharga

Meninggalkan barang berharga Anda seperti dompet, lalu dokumen seperti STNK hingga BPKB di jok motor, akan memancing motor Anda dicuri. 

Meski Anda hanya memarkirnya lima hingga sepuluh menit, sebaiknya tetap hindari kebiasaan meninggalkan barang berharga tersebut di tempat terbuka. 

Lalu, bila motor Anda ternyata dicuri, maka Anda juga harus kehilangan barang berharga tersebut. Jadi, kerugiannya bisa dua kali lipat.  

  • Melepas Komponen Motor yang Penting

Cara memastikan motor tidak dicuri yang satu ini cocok Anda gunakan ketika akan meninggalkan motor untuk pulang kampung saat idul fitri tiba. Komponen penting motor yang dimaksud mulai dari busi, aki, hingga ban motor.

Harapannya, melepaskan komponen penting pada motor tersebut akan mengurungkan niat pencuri mengambil motor Anda. Sebab, tanpa komponen tersebut motor akan sulit untuk dioperasikan bahkan tidak bisa dinyalakan.

Pastikan juga Anda telah memahami tentang komponen motor dan terampil melakukan bongkar pasang spare part motornya.

  • Memarkirkan Motor di Area Aman

Bila tidak ada lahan parkir khusus yang memiliki penjaga dan CCTV, Anda perlu mencari area yang aman di mana banyak orang bisa melihatnya. 

Baca Juga : Penyebab Oli Mobil Rembes & Cara Mengatasinya

Apabila memarkir motor di halaman rumah, Anda bisa mengunci pagar terlebih dahulu dengan gembok agar tidak bisa diakses dari luar.

Terutama bila Anda memarkir motor di pinggir jalan, pastikan bahwa ada yang mengawasi motor Anda agar tidak mudah dicuri. Usahakan parkir di area tertutup dan terlindungi bila situasinya mendukung.

  • Memasang Alarm 

Satu lagi cara mencegah motor tidak dicuri adalah dengan memasang alarm pada motor. Terdapat alarm dengan sensor sentuhan, sehingga apabila motor Anda tersentuh secara tidak sengaja oleh pencuri, maka alarm pun akan berbunyi sebagai sinyal.

Ini akan melindungi motor Anda dari kemalingan, karena pencuri kemungkinan besar mengurungkan niatnya setelah alarm berbunyi dan mengundang banyak perhatian. 

Alarm motor juga memiliki fitur tambahan seperti sensor gerak, serta pemantauan jarak jauh yang terhubung dengan smartphone Anda.

Untuk memasang alarm di motor, Anda bisa memasangnya ke bengkel motor agar dilakukan langsung oleh teknisi ahli. 

Demikian sepuluh tips untuk membantu melindungi motor agar motor tidak dicuri. Anda bisa menerapkan berbagai cara tersebut menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. 

Namun, yang paling penting adalah untuk selalu waspada dan siaga jika Anda parkir di tempat yang tidak terdapat kamera pengawas.

Sebab, area tersebut lebih tinggi risiko kemalingan motornya mengingat tidak ada cukup pengamanan pada motor Anda. Berinvestasi pada alat pengaman ekstra seperti alarm, gembok, hingga cover motor, menjadi cara yang bisa Anda terapkan agar menurunkan risiko motor dicuri.

Untuk mendapatkan tips dan trik seputar motor, Anda bisa mengunjungi halaman Tips & Trik dari Suzuki ini. Anda juga bisa menemukan motor Suzuki yang tepat sesuai preferensi di halaman produk Motorcycle tersebut

Berita Lainnya