Tips & Trik

Tips Sederhana agar Motor Tidak Mudah Dicuri Maling

PUBLISHED DATE : 23 Desember 2023

WhatsApp Image 2019 01 29 At 10 33 312

Tips umum mencegah motor dicuri yang pertama adalah dengan mengarahkan kunci stang motor Anda ke kanan. 

Cara tersebut telah terbukti efektif dalam menghambat pergerakan motor, sehingga pencuri kesulitan membobol kunci kontak motor dengan kunci T.

Adapun kunci T merupakan alat yang dapat Anda gunakan membuka baut, maupun memasang baut pada area yang dalam dan sempit.

Melakukan penguncian stang ke kanan berarti membatasi ruang gerak motor. Hal tersebut berguna untuk menghambat dan menyulitkan pencuri untuk menghidupkan mesin atau membuka kunci motor Anda.

Jadi, jangan lupa untuk selalu mengunci stang motor ke kanan agar motor mendapatkan proteksi ekstra dari risiko pencurian.

  • Menggunakan Secure Key Shutter agar Lubang Kunci Tertutup

Tips berikutnya untuk membantu motor tidak dicuri adalah dengan menggunakan fitur SKS, atau Secure Key Shutter. Fitur tersebut merupakan sistem penguncian dengan cover magnet serta penutup manual.

Baca Juga : Sudah Tahu? Begini Cara Menyetir Mobil Saat PSBB

Penutup pada SKS hanya dapat dibuka jika menggunakan lubang kunci yang telah menyatu dan satu paket dengan kunci utama yang berasal dari motor tersebut.

Umumnya, motor edisi terbaru telah dilengkapi dengan fitur Secure Key Shutter ini. Ketika Anda mengaktifkan fitur SKS, maka lubang kunci motor akan otomatis tertutup. Lubang kunci pun hanya dapat dibuka dengan bagian kepala dari anak kuncinya saja.

  • Memasang Pengaman Ekstra

Cara selanjutnya yaitu dengan memasang alat pengaman ekstra, salah satu contohnya adalah gembok yang bisa dikaitkan pada lubang di cakram depan motor. Gembok juga bisa Anda pasang pada rantai belakang bila motor bukan jenis matic.

Memasang alat pengaman ekstra tersebut akan mengurangi risiko kemalingan motor, sebab maling akan lebih repot dalam membobol motor Anda karena harus mengurus dan membuka gembok tambahan terlebih dahulu. 

  • Menempel Stiker Tanda Pengenal

Tidak hanya untuk membedakan motor Anda dengan motor lain yang serupa jenisnya, menempelkan stiker tanda pengenal akan membuat pencuri berpikir dua kali saat akan mencuri motor Anda. Ini menjadi trik mudah agar motor tidak dicuri.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya