Tips & Trik

Begini Cara Membuka Pintu Mobil Dari Dalam untuk Pemula

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/20__xl7_(2)1.jpg

Pernahkah Anda mengalami kesulitan membuka mobil dari arah dalam? Pastinya hal pertama yang terpikir adalah panik dan kesal.

Apalagi kalau Anda masih termasuk pemula dalam hal ini. Lalu bagaimana cara membuka pintu mobil dari dalam untuk pemula? Simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Pintu Mobil Terkunci

Baca Juga : Mau Habiskan Weekend dengan Main Mobil Offroad? Ini Tipsnya

Anda mungkin akan panik jika tiba-tiba mobil tidak bisa dibuka dari dalam. Oleh karena itu, harus diketahui dulu penyebabnya sebelum mencari tahu bagaimana cara membuka pintu mobil dari dalam. Berikut ini beberapa penyebab yang perlu diwaspadai.

  • Fitur Child Safety Lock Masih Aktif

Penyebab pertama yang perlu Anda waspadai adalah kalau ternyata fitur child safety lock  masih aktif.

Fitur ini memang untuk keamanan dan banyak ditambahkan pada mobil keluaran terbaru. Jika fitur ini masih aktif, maka tidak hanya dari dalam, pintu akan terkunci juga dan tidak bisa dibuka dari luar.

  • Ada Kotoran pada Handle Mobil

Baca Juga : Tak Perlu Beli, Ini Cara Membuat Cairan Disinfektan di Rumah

Adanya kotoran pada handle mobil, juga bisa membuat pintu tidak bisa dibuka dari dalam. Kotoran ini akan menumpuk dan membuat pintu menjadi seret.

Jika sampai kotoran ini terkontaminasi dengan udara, maka akan menyebabkan karat. Sebaiknya, lakukan pembersihan rutin sebelum handle ditemukan berkarat.

  • Rusak Akibat Benturan

Anda bisa coba mengingat, apakah pintu mobil awalnya sempat mengalami kerusakan yang diakibatkan benturan? Bahkan mungkin pernah ditabrak sampai penyok? Bisa jadi ini adalah salah satu penyebab pintu jadi tidak bisa dibuka. 

Baca Juga : Ketahui Ini Perbedaan Mesin Pembakaran Dalam dan Luar

Hal ini karena benturan tersebut bisa menyebabkan proses kerja pintu jadi berubah. Proses kerja yang berubah ini bisa dikarenakan perubahan posisi dari komponen handle pintu. Atau, bisa juga juga adanya kerusakan seperti lecet atau pecah pada bagian pintu.

  • Motor Penggeraknya Berkarat

Selain karena kotoran pada handle mobil, motor penggerak juga bisa berkarat. Hal ini bisa dikarenakan penggunaan yang sudah lama dan menyebabkan pintu mobil tidak bisa dibuka dari dalam.

Motor penggerak yang ditempeli karat bisa membuat pintu mobil susah dibuka, dan benar-benar terkunci.

  • Ada Masalah pada Kabel Penghubung

Penyebab terakhir bisa jadi terdapat pada kabel penghubungnya. Pintu mobil sendiri sebenarnya bisa dihubungkan dengan kabel.

Ketika kabelnya terputus atau mengalami masalah, maka pintunya tidak akan terbuka dari dalam. Biasanya, masalah ini tidak langsung mengenai semua pintu. 

Jenis-jenis Pintu Mobil dan Cara Membukanya

20._xl7__1_(1)

Ada beberapa jenis pintu mobil yang biasa digunakan pada setiap mobil. Setiap pintu mobil, cara membukanya pasti berbeda. Jadi, Anda juga harus bisa cara membuka pintu mobil dari dalam sesuai dengan jenisnya. Simak daftar jenis pintu mobil berikut ini.

  • Pintu Konvensional
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya