Tips & Trik

Begini Cara Membuka Pintu Mobil Dari Dalam untuk Pemula

PUBLISHED DATE : 19 Februari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/20__xl7_(2)1.jpg

Jenis pintu mobil pertama adalah konvensional yang sudah sering dipakai pada mobil di pasaran.

Mekanisme membukanya sama dengan membuka pintu rumah. Cara ini dianggap paling umum dan tidak perlu teknik khusus dalam proses membukanya.

  • Pintu Gunting

Untuk pintu jenis gunting ini mekanisme membukanya adalah dengan mengarahkan vertikal ke atas. Jadi, coba gerakkan buka-tutup pintu seperti guntung. Atau, lebih sederhananya, Anda bisa membuka dengan menariknya ke atas.

  • Pintu Geser

Pintu geser ini berbeda dengan lainnya karena dibuka dengan arah horizontal. Jadi, bukannya melebar ke samping, tapi hanya perlu mundur saja. Mekanisme membukanya adalah dengan menarik engsel pintu, kemudian pintu akan menggeser sendiri.

  • Pintu Gullwing

Pintu satu ini memiliki engsel di bagian atap mobil, jadi arah membukanya adalah ke atas. Anda tinggal menekan handle dan arahkan ke atas. Kesan dari pintu ini memang sporty tetapi berkelas, dan biasanya didesain untuk mobil-mobil brand mewah.

  • Pintu Swan

Pintu swan/angsa ini hampir mirip dengan model konvensional. Tetapi, bedanya adalah, engsel dari pintu ini lebih tinggi dan bisa menciptakan ruang yang banyak. untuk mekanisme membukanya sama dengan model konvensional.

  • Pintu Suicide

Pintu yang satu ini modelnya terbuka ke samping, sama dengan model konvensional. Untuk perbedaannya berada di bagian engsel pintu belakang. Jadi, pintu belakang akan terbuka dengan cara sebaliknya. Untuk pintu depan sama dengan model konvensional.

  • Pintu Butterfly

Pintu Butterfly sering disamakan dengan model gunting, tetapi sebenarnya berbeda. Perbedaannya yaitu ketika pintu dibuka, pintu Butterfly ini ketika dibuka akan melebar kesamping dulu baru mengayun ke atas. Jadilah tercipta ruang lebar untuk keluar masuk mobil.

  • Pintu Kanopi

Pintu kanopi ini cukup unik dan jarang digunakan. Keunikan akan terlihat ketika dibuka. Nantinya, yang terangkat adalah bagian kaca depan sampai atap. Jadi, penumpang dapat keluar masuk tanpa harus khawatir kiri kanan ada mobil lain.

  • Pintu Muka Mobil

Pintu yang satu ini berada tepat di muka mobil. Jadi, nantinya penumpang bisa keluar masuk dari sisi depan. Pintu ini adalah yang paling unik, Anda tinggal mendorongnya ke depan saja untuk membukanya. Memang paling jarang, tapi juga bisa memudahkan Anda.

  • Pintu Dihedral

Jenis terakhir adalah pintu dihedral yang mirip dengan model konvensional. Tetapi, ini akan terlihat perbedaannya ketika terbuka karena pintu ini akan bergerak keluar. Kemudian, pintu akan berputar 90 derajat pada bagian engsel. Pintu ini juga memberikan ruang lebih luas.

Langkah-langkah Membuka Pintu Mobil

  • Membuka Pintu Mobil dari Dalam Keadaan Normal

Cara membuka pintu mobil dari dalam ini cukup mudah, khususnya untuk mobil konvensional. Pertama, Anda tarik terlebih dahulu penguncinya.

Lanjutkan dengan menarik handle pintu mobil. Setelah itu, tinggal dorong keluar dan pintu akan terbuka. Cukup mudah bukan?

  • Nonaktifkan Fitur Child Safety Lock

Langkah satu ini bisa diterapkan jika ternyata fitur child safety lock masih aktif. Anda bisa menggeser tuas pengaman dari posisi lock ke unlock.

Cara ini akan otomatis membuat pintu bisa dibuka. Kalau ingin mengaktifkannya lagi, tinggal geser ke posisi sebaliknya.

  • Membersihkan Kotoran dan Karat yang Menempel

Jika ternyata ada kotoran yang menempel di motor penggerak maupun handle mobil, maka mobil juga tidak akan bisa dibuka dari dalam.

Oleh karena itu, harus dilakukan pembersihan dengan mengoleskan anti karat. Kemudian, gosok sampai hilang dan coba kembali membuka handle mobil.

Itu dia cara membuka pintu mobil dari dalam yang bisa Anda terapkan sesuai kondisi yang dibutuhkan.

Perhatikan juga beberapa penyebab dari pintu mobil terkunci dan pelajari solusinya. Jangan lupa untuk merawat mobil secara rutin supaya terhindar dari insiden ini.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Tips_Pintar_Memilih_Jaket_Riding.png

Tips Pintar Memilih Jaket Riding

Jaket merupakan salah satu perlengkapan safety riding yang posisinya hampir sama dengan helm dan aksesoris keselamatan lainnya. Selain menahan sergapan angin selama berkendara, jak...

selengkapnya