Tips & Trik

Tips Perawatan Mesin Kapal Outboard (Mesin Tempel)

PUBLISHED DATE : 26 April 2023

Mesin Kapal1

 

  • Periksa Kondisi Impeller

 

Impeller adalah komponen pada mesin outboard yang berfungsi untuk mengalirkan air ke mesin. Jika impeller rusak atau aus, maka aliran air ke mesin akan berkurang dan bisa menyebabkan overheating, sehingga harus rutin diperiksa dan dirawat.

 

  • Bersihkan Karburator

 

Apabila karburator kotor atau terdapat kotoran yang menempel pada bagian-bagian di dalamnya, maka aliran bahan bakar dan udara ke mesin akan terganggu. Karena itu, pastikan untuk membersihkan komponen ini secara teratur.

 

  • Cek Busi dan Kabel Busi

 

Busi dan kabel busi pada mesin kapal outboard berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam mesin.

Baca Juga : Mengapa Mesin Tempel Suzuki Jauh Lebih Irit Dibandingkan Mesin Tempel Lainnya

Jika komponennya berkarat, kotor, atau rusak, maka percikan api akan berkurang dan bisa menyebabkan mesin tidak berfungsi dengan baik. Pastikan untuk memeriksa kondisi busi dan kabel busi secara teratur dan segera ganti jika bermasalah.

 

  • Cek Sistem Pendingin Mesin

 

Sesuai namanya, pendingin mesin berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil dan mencegah overheating. Pastikan untuk memeriksa kondisi pendingin mesin secara teratur dan pastikan air yang mengalir ke mesin selalu cukup.

Periksa juga apakah ada kebocoran pada sistem pendingin mesin. Pastikan selang dan pipa tidak ada yang bocor dan air dalam radiator mesin kapal selalu berada pada level yang cukup.

 

  • Cuci Mesin Setelah Digunakan

 

Setelah digunakan, pastikan untuk membersihkan mesin kapal secara menyeluruh untuk menghindari kotoran atau garam yang menempel pada bagian-bagian mesin. Kotoran atau garam tersebut bisa menyebabkan korosi dan merusak bagian mesin.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya