Tips & Trik

Menarik, Ini Fungsi dan Jenis Alat Navigasi Kapal

PUBLISHED DATE : 15 April 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/alat_navigasi_kapal.jpg

Kemajuan teknologi saat ini semakin terasa di berbagai bidang, termasuk dalam bidang transportasi laut dalam aspek alat navigasi kapal. Adanya teknologi tersebut juga memudahkan tugas perwira kapal dalam melakukan pekerjaannya. 

Alat navigasi pada kapal terdiri dari beberapa macam dengan fungsi yang berbeda pula. Berikut ini adalah alat-alat navigasi pada kapal yang perlu Anda ketahui. 

Pengertian Navigasi Kapal 

Peralatan navigasi pada kapal merupakan sebuah alat yang terdapat pada kapal untuk membantu dalam memberikan arah pada kapal yang berlayar.

Baca Juga : Ada Banyak, Inilah Alat Transportasi Laut

Sebagai alat komunikasi, navigasi kapal bermanfaat untuk membantu awak kapal dalam berkomunikasi baik dalam kapal yang sama maupun berbeda. 

Pada intinya, keberadaan alat ini akan sangat membantu proses berlayarnya kapal sekaligus menentukan arah laju kapal. Saat ini pun alat ini semakin canggih dengan pengembangannya, sehingga lebih mudah digunakan dan hasil navigasi yang diberikan pun lebih akurat.

Fungsi dan Tujuan Navigasi Kapal 

Fungsi utamanya untuk menentukan posisi dan arah perjalanan, termasuk melihat kondisi cuaca yang sedang dihadapi saat di medan pelayaran. 

Baca Juga : Ayo Mengenal Lebih Dekat Apa itu Kapal

Anda perlu mengetahui bahwa pada zaman dahulu alat navigasi tersebut dibuat dengan tujuan untuk membantu dalam melihat benda-benda langit. Namun, saat cuaca mendung, maka akan cukup sulit mengetahui arah perjalanan kapal yang hendak ditempuh. 

Nah, kini tentu hal ini bisa diatasi dengan berbagai pengembangan dan teknologi yang disematkan pada alat tersebut

Jenis Navigasi Kapal 

alat_navigasi

Baca Juga : Yuk Mengenal Fungsi dan Manfaat Kapal Tongkang Lebih Dekat

Jenis-jenis navigasi kapal jumlahnya cukup banyak. Masing-masing jenis navigasi tersebut tentunya memiliki fungsi masing-masing yang berguna untuk membantu perjalanan kapal ketika berlayar. Diantara jenis alat navigasi tersebut yaitu sebagai berikut.

  • Peta 

Dalam hal pelayaran, peta ternyata menjadi alat navigasi kapal utama yang tidak boleh dilupakan.

Peta merupakan gambaran permukaan bumi yang berbentuk dua dimensi dengan proyeksi skala tertentu. Ketika berlayar, kapal memerlukan peta untuk menentukan tujuan pelayaran yang hendak ditempuh. 

  • Radar 

Sebuah kapal dilengkapi dengan radar sebagai salah satu navigasi di dalamnya yang berfungsi untuk memberikan informasi terkait jarak kapal dengan daratan, kapal lain, serta kemungkinan rintangan yang akan dihadapi agar terhindar dari tabrakan. Radar kapal laut juga berperan sebagai pendeteksi target.  

Target yang dideteksi juga dapat dilihat melalui jarak jauh. Untuk cara kerja radar tersebut yaitu dengan mengirimkan gelombang radio. Nantinya, gelombang tersebut dapat memantulkan gema dengan ukuran kekuatan yang sesuai dengan keperluan dalam pelayaran. 

  • Satelit Kapal

Jenis navigasi berikutnya yang terdapat pada kapal adalah satelit. Sebuah alat yang memanfaatkan sinyal radio tersebut berperan untuk menentukan titik suatu kapal di lautan atau di permukaan bumi. GPS milik Amerika Serikat menjadi salah satu satelit yang cukup populer.  

  • Gyro Compass 

Gyro compass menjadi salah satu alat navigasi pada kapal yang berfungsi untuk menemukan arah yang tepat. Dalam penggunaannya, gyro compass tidak akan terhalang oleh medan magnet luar. Pada sistem repeater yang digunakan untuk kemudi darurat juga harus memiliki platform kemudi. 

  • Automatic Identification System 

Untuk jenis navigasi pada kapal yang selanjutnya adalah Automatic Identification System atau yang sering disebut dengan AIS. Peranan AIS dalam pelayaran kapal adalah untuk menentukan statistik navigasi serta posisi dari kapal lainnya. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya