Tips & Trik

Ayo Mengenal Jangkar Kapal dan Apa Saja Jenisnya

Jangkar kapal adalah alat yang digunakan untuk penambat kapal yang biasanya akan diturunkan ke dasar laut, sungai atau jenis perairan lainnya. Dengan adanya jangkar memungkinkan kapal agar tidak bisa berpindah posisi akibat dari hembusan angin, gelombang dan arus air.

Pada awalnya jangkar kapal ini terbuat dari karung yang sudah diisi dengan kayu log atau pasir, bisa juga diisi dengan timah agar berat dan bisa menahan kapal agar tidak bergerak. Jangkar kapal dioperasikan dengan mesin yang biasanya terpasang di bagian forecastle deck.

2 Jenis Jangkar Kapal

jangkar_kapal.jpg

 

Seiring dengan berkembangnya zaman, jenis jangkar kapal ini terbagi menjadi beberapa jenis. Untuk membedakan jenis jangkar kapal ini dibedakan menjadi dua kategori diantaranya adalah :

  1. Jenis jangkar kapal berdasarkan peletakan
  2. Jenis jangkar kapal berdasarkan bentuk dan fungsi

Nah semua jenis jangkar kapal akan saya bahas pada postingan kali ini. langsung saja Anda simak ulasan saya dibawah ini.

Jenis Jangkar Kapal Berdasarkan Peletakannya

  1. Danforth Stock Anchor

    Jenis jangkar ini memiliki cengkraman yang lebih baik dibandingkan dengan jenis jangkar kapal yang lainnya, Hal ini karena pada jangkar kapal ini memiliki tongkat jangkar, oleh sebab itu maka kedua lengan jangkar dapat menancap dengan baik ke dasar laut.

    Jenis jangkar kapal ini menjadi jenis jangkar kapal yang populer bagi industri perkapalan. Jangkar ini biasanya terdapat pada kapal khusus yang mempunyai panjang hingga 100 kaki. Jangkar kapal ini biasanya berada di bagian gelandang orlop kapal.

    Kelebihan dari jangkar ini selain memiliki daya cengkraman yang kuat adalah juga bisa dioperasikan pada pasir atau lumpur, namun jangkar ini juga kurang cocok jika bekerja pada medan selain pasir dan lumpur tadi. Hal ini karena tiang jangkar tidak dapat masuk pada Hawse Pipe di kapal. Karena hal ini kebanyakan jangkar kapal ini digunakan sebagai jangkar cadangan.

  2. Mushroom Anchor

    Kenapa jangkar kapal jenis ini diberi nama mushroom anchor? alasan utama adalah karena jangkar kapal ini memiliki bentuk yang seperti jamur. Biasanya jangkar kapal ini digunakan pada kapal dengan ukuran kecil, hal ini karena ukuran jangkar kapal yang kecil pula.

    Jenis jangkar ini digunakan untuk jenis kapal tertentu yang banyak beroperasi pada daerah dasar perairan yang berlumpur. Bentuk jangkar ini menyerupai mangkuk, oleh sebab itu dengan bentuk seperti ini maka jangkar kapal bisa bekerja dengan baik di daerah berlumpur.

  3. Stockless Anchor

    Jenis jangkar ini kebanyakan digunakan untuk kapal-kapal yang berukuran besar. Jenis jangkar yang satu ini juga sering disebut dengan jangkar utama. Fungsi jangkar ini juga sama seperti jangkar lainnya yaitu sebagai piranti penahan kapal supaya tidak pindah posisi.

    Biasanya jangkar kapal ini terpasang di sisi kiri dan juga kanan kapal. Antara sisi kanan dan juga kiri jangkar kapal harus memiliki berat beban yang sama agar kapal bisa seimbang dan tidak berat sebelah.

Jenis Jangkar Kapal Berdasarkan Fungsi Dan Bentuknya

Setelah mengetahui jenis jangkar kapal berdasarkan letak atau penempatannya, kini selanjutnya kita belajar mengenal jangkar kapal berdasarkan fungsi dan juga bentuknya.

  1. Scream Anchor

    Jenis ini mempunyai ukuran berbeda-beda, dimana pada umumnya dilengkapi  dengan satu buah jangkar arus. Jangkar jenis ini berfungsi untuk membantu jangkar haluan atau jangkar arus pada saat berlabuh di daerah yang memiliki arus yang sangat kuat dan bisa untuk menahan posisi kapal bagian buritan agar posisi kapal tidak berubah.

  2. Jangkar Kapal AC14

    Untuk jenis jangkar kapal yang satu ini kebanyakan dipakai pada kapal aquaculture dan juga kapal komersil. Jenis jangkar kapal AC14 ini mempunyai nilai efisiensi tinggi hal ini karena penggunaan jangkar kapal ini bisa disesuaikan beratnya. Namun penurunan dari ukuran jangkar kapal ini tidak bisa turun drastis, hanya bisa mendekati ukuran berat aslinya.

  3. Jangkar Kapal Hall

    Selanjutnya ada jangkar kapal Hall yang biasa digunakan untuk kapal komersil dan juga kapal pengangkut. Jangkar ini memiliki bentuk bawah yang seperti piring kemudian di atasnya berbentuk seperti trisula.

  4. Jangkar Kapal Spek

    Jenis jangkar kapal selanjutnya adalah jangkar kapal spek. Dimana jangkar kapal ini memiliki bentuk seperti jangkar kapal hall, yang membedakan adalah jika jangkar kapal hall berbentuk seperti piring yang terbuka sedangkan jangkar kapal spek ini berbentuk seperti piring yang tertutup. Jangkar kapal ini sering digunakan pada kapal komersil dan juga kapal pengangkut.

  5. Jangkar Kapal Danforth

    Jenis Danforth kebanyakan dipakai pada kapal boat dan juga kapal komersil. Biasanya jangkar kapal ini dibuat dengan penambat yang dibuat dari bahan baja yang memiliki kekuatan tinggi sehingga bisa menghasilkan cengkraman yang baik untuk menahan laju kapal.

  6. Jangkar Kapal Stevin

    Yang terakhir ada Stevin. Jenis jangkar kapal stevin ini kebanyakan dipakai pada kebutuhan offshore, hal ini karena jenis jangkar kapal yang satu ini memiliki kemampuan yang baik untuk menahan beban tinggi. Jangkar kapal ini masih termasuk dalam keluarga jangkar type high holding power anchor yang memang sudah dibuat khusus untuk menahan beban tinggi.

Perlengkapan Jangkar Kapal Yang Harus Anda Ketahui

jangkar.jpg

Perlu Anda ketahui jika jangkar kapal tidak bisa bekerja sendiri, tentu saja jangkar kapal harus memiliki perlengkapan-perlengkapan yang bisa membuatnya bisa bekerja dengan maksimal. Berikut dibawah ini adalah perlengkapan jangkar kapal yang harus Anda ketahui.

  1. Rantai jangkar

    Rantai jangkar adalah perlengkapan yang berguna untuk menghubungkan jangkar kapal dengan kapal supaya tidak terlepas jika jangkar diturunkan dari kapal.

  2. Hawse Pipe

    Hawse Pipe atau biasa disebut dengan tabung jangkar merupakan pipa logam kuat sebagai pengikat dari rantai jangkar. Diameter dari hawse pipe ini beragam tergantung dari diameter mata rantai yang dipakai di jangkar.

  3. Chain Pipe

    Berikutnya ada chain pipe atau tabung pada geladak kapal yang biasanya terbuat dari besi. Fungsi dari chain pipe ini adalah sebagai jalan rantai saat rantai kapal diturunkan atau diangkat.

  4. Chain Controller

    Jika chain pipe adalah berfungsi sebagai jalan rantai saat diturunkan atau dinaikan, sedangkan Chain Controller berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk mengontrol jangkar kapal apakah ingin dinaikan atau diturunkan.

  5. Chain Stopper

    Terakhir ada Chain Stopper yang berfungsi sebagai alat untuk menghentikan laju rantai jangkar saat diturunkan. Tidak mungkin juga kan jangkar kapal akan turun terus selagi rantai masih tersisa, karena pasti jangkar kapal akan berhenti saat sudah menancap di dasar laut atau perairan.

    Nah sekarang Anda sudah mengerti kan apa saja sih jenis jangkar kapal yang digunakan pada kapal-kapal saat melaut? Semoga bermanfaat.

Berita Lainnya