Tips & Trik

Perahu Karet: Pengertian, Manfaat, Hingga Jenisnya

PUBLISHED DATE : 25 Maret 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/perahu_karet.jpg

Bencana banjir seringkali datang ketika musim penghujan tiba. Apabila musibah banjir terjadi pada suatu daerah, salah satu alat yang digunakan untuk memberikan pertolongan kepada orang yang terdampak banjir adalah perahu karet.

Jenis perahu yang sering digunakan oleh tim SAR tersebut ternyata memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan. Oleh sebab itu, Anda harus lebih mengetahui lagi informasi terkait perahu tersebut, termasuk manfaat dan jenis-jenisnya.

Pengertian Perahu Karet

Sebagaimana namanya, perahu karet atau dalam Bahasa Inggris biasa disebut inflatable boat merupakan sebuah perahu yang bahan dasarnya terbuat dari karet. 

Baca Juga : Pantai dan Pesisir : Pengertian, Perbedaan, dan Manfaat

Bahannya yang elastis membuat jenis perahu tersebut dapat dikembangkan dengan pompa jika ingin digunakan. Begitu pula sebaliknya, ketika Anda tidak ingin menggunakan perahu tersebut, maka dapat disimpan dengan cara dikempiskan terlebih dahulu. Sangat mudah, bukan?

Manfaat Perahu Karet

Perahu berbahan dasar karet sebagai alat bantu pertolongan dalam air tentunya memiliki manfaat yang sangat banyak dalam kehidupan manusia. Tidak hanya dimanfaatkan ketika melakukan pertolongan, perahu jenis karet tersebut juga dapat digunakan untuk keperluan wisata seperti arung jeram.

Secara umum, perahu dengan bahan dasar karet memiliki beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah manfaat yang dapat dirasakan dari perahu tersebut berdasarkan jenis penggunaannya.

  • Sebagai Alat Bantu Pertolongan

Baca Juga : Yuk Ketahui Jenis Jenis Kapal Laut dan Fungsinya

Manfaat utama dari perahu karet yaitu sebagai alat bantu ketika terjadi bencana seperti banjir. Tim SAR biasa menggunakan perahu tersebut untuk mengevakuasi para korban banjir atau memberikan bantuan berupa makanan dan pakaian.

Jenis perahu yang mudah dibawa dan digunakan tersebut membantu meringankan tugas tim SAR untuk melakukan penyelamatan dalam air.

  • Digunakan sebagai Sekoci pada Kapal-kapal Besar

Perlu Anda ketahui bahwa pada kapal-kapal besar sekalipun, keberadaan perahu berbahan karet sangat diperlukan. Tidak ada yang dapat memprediksi kemungkinan terburuk yang akan terjadi ketika berada di sebuah kapal besar, sehingga harus menyediakan sekoci.

Baca Juga : Apa Itu Landas Kontinen? Ini Jarak Perairan Indonesia

Sekoci pada kapal besar adalah jenis perahu dari karet yang dapat dikempeskan sehingga mudah untuk dikembangkan ketika akan digunakan. Persediaan sekoci pada kapal besar juga tidak memerlukan banyak tempat dan akan digunakan untuk menyelamatkan penumpang jika terjadi musibah pada kapal. 

  • Untuk Penjaga Pantai

Manfaat berikutnya dari perahu berbahan dasar karet tersebut juga dapat dirasakan oleh penjaga pantai. Bagi Anda yang sering berkunjung ke pantai tentunya sudah sering melihat jenis perahu tersebut, bukan?

Biasanya penjaga pantai akan berkeliling di sekitar pantai menggunakan perahu tersebut. Aktivitas di sekitar pantai diawasi oleh penjaga sambil memberikan peringatan kepada pengunjung pantai agar tidak berenang terlalu jauh ke tengah laut.

  • Sebagai Keperluan Wisata

Tidak hanya sebagai alat bantu pertolongan, perahu dari karet juga sudah menjadi keperluan wisata air seperti arung jeram. Semakin ramainya tempat wisata yang digunakan untuk arung jeram, membuat keberadaan perahu tersebut juga semakin dicari-cari.

Perahu yang terbuat dari bahan karet ternyata memiliki ketahanan yang cukup awet, sehingga cocok digunakan untuk kawasan wisata arung jeram.

perahu_karet_tepi_danau

Jenis-Jenis Perahu Karet

Selain manfaatnya yang beragam, perahu bahan karet juga terdiri dari beberapa jenis. Di bawah ini adalah jenis-jenis perahu dari karet yang perlu Anda ketahui.

  • Inflatable Kayak

Jenis inflatable kayak memiliki bahan dasar yang ramah lingkungan yaitu Nutrilon, Hypalon, serta PVC. Perahu tersebut dirancang dengan beberapa keunggulan yang dapat membantu penggunanya agar lebih nyaman ketika digunakan.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya