Tips & Trik

Perahu Karet: Pengertian, Manfaat, Hingga Jenisnya

PUBLISHED DATE : 25 Maret 2021

Perahu Karet

Bencana banjir seringkali datang ketika musim penghujan tiba. Apabila musibah banjir terjadi pada suatu daerah, salah satu alat yang digunakan untuk memberikan pertolongan kepada orang yang terdampak banjir adalah perahu karet.

Jenis perahu yang sering digunakan oleh tim SAR tersebut ternyata memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan. Oleh sebab itu, Anda harus lebih mengetahui lagi informasi terkait perahu tersebut, termasuk manfaat dan jenis-jenisnya.

Pengertian Perahu Karet

Sebagaimana namanya, perahu karet atau dalam Bahasa Inggris biasa disebut inflatable boat merupakan sebuah perahu yang bahan dasarnya terbuat dari karet. 

Bahannya yang elastis membuat jenis perahu tersebut dapat dikembangkan dengan pompa jika ingin digunakan. Begitu pula sebaliknya, ketika Anda tidak ingin menggunakan perahu tersebut, maka dapat disimpan dengan cara dikempiskan terlebih dahulu. Sangat mudah, bukan?

Manfaat Perahu Karet

Perahu berbahan dasar karet sebagai alat bantu pertolongan dalam air tentunya memiliki manfaat yang sangat banyak dalam kehidupan manusia. Tidak hanya dimanfaatkan ketika melakukan pertolongan, perahu jenis karet tersebut juga dapat digunakan untuk keperluan wisata seperti arung jeram.

Secara umum, perahu dengan bahan dasar karet memiliki beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah manfaat yang dapat dirasakan dari perahu tersebut berdasarkan jenis penggunaannya.

  • Sebagai Alat Bantu Pertolongan

Manfaat utama dari perahu karet yaitu sebagai alat bantu ketika terjadi bencana seperti banjir. Tim SAR biasa menggunakan perahu tersebut untuk mengevakuasi para korban banjir atau memberikan bantuan berupa makanan dan pakaian.

Jenis perahu yang mudah dibawa dan digunakan tersebut membantu meringankan tugas tim SAR untuk melakukan penyelamatan dalam air.

  • Digunakan sebagai Sekoci pada Kapal-kapal Besar

Baca Juga : Ayo Mengenal Galangan Kapal Lebih Dekat

Perlu Anda ketahui bahwa pada kapal-kapal besar sekalipun, keberadaan perahu berbahan karet sangat diperlukan. Tidak ada yang dapat memprediksi kemungkinan terburuk yang akan terjadi ketika berada di sebuah kapal besar, sehingga harus menyediakan sekoci.

Sekoci pada kapal besar adalah jenis perahu dari karet yang dapat dikempeskan sehingga mudah untuk dikembangkan ketika akan digunakan. Persediaan sekoci pada kapal besar juga tidak memerlukan banyak tempat dan akan digunakan untuk menyelamatkan penumpang jika terjadi musibah pada kapal. 

  • Untuk Penjaga Pantai

Manfaat berikutnya dari perahu berbahan dasar karet tersebut juga dapat dirasakan oleh penjaga pantai. Bagi Anda yang sering berkunjung ke pantai tentunya sudah sering melihat jenis perahu tersebut, bukan?

Biasanya penjaga pantai akan berkeliling di sekitar pantai menggunakan perahu tersebut. Aktivitas di sekitar pantai diawasi oleh penjaga sambil memberikan peringatan kepada pengunjung pantai agar tidak berenang terlalu jauh ke tengah laut.

  • Sebagai Keperluan Wisata

Tidak hanya sebagai alat bantu pertolongan, perahu dari karet juga sudah menjadi keperluan wisata air seperti arung jeram. Semakin ramainya tempat wisata yang digunakan untuk arung jeram, membuat keberadaan perahu tersebut juga semakin dicari-cari.

Perahu yang terbuat dari bahan karet ternyata memiliki ketahanan yang cukup awet, sehingga cocok digunakan untuk kawasan wisata arung jeram.

perahu_karet_tepi_danau

Jenis-Jenis Perahu Karet

Selain manfaatnya yang beragam, perahu bahan karet juga terdiri dari beberapa jenis. Di bawah ini adalah jenis-jenis perahu dari karet yang perlu Anda ketahui.

  • Inflatable Kayak

Jenis inflatable kayak memiliki bahan dasar yang ramah lingkungan yaitu Nutrilon, Hypalon, serta PVC. Perahu tersebut dirancang dengan beberapa keunggulan yang dapat membantu penggunanya agar lebih nyaman ketika digunakan.

Di antara keunggulan-keunggulan inflatable kayak yaitu jika terjadi kerusakan dapat diperbaiki dengan mudah, lebih ringan, dan tidak butuh tempat penyimpanan yang besar. Tentu perahu ini juga dapat dibawa kemana saja tanpa perlu ribet.

  • Perahu Karet Inflatable Raft

Jenis berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah inflatable raft. Apabila Anda memiliki hobi arung jeram, mungkin tidak asing lagi dengan jenis perahu yang satu ini, karena sering digunakan. Dalam penggunaannya, jenis perahu tersebut memerlukan dayung untuk dapat berjalan.

Tidak adanya mesin tempel pada inflatable raft membuatnya hanya digunakan untuk kebutuhan yang ringan hingga menengah saja. Bahan dasar perahu tersebut terbuat dari PVC dengan lantai yang tidak terlalu kuat.

  • Landing Craft Rubber Boat

Landing Craft Rubber Boat merupakan jenis perahu yang sering digunakan untuk keperluan evakuasi seperti banjir. Sehubungan dengan kegunaannya tersebut, maka bahan yang digunakan juga harus kokoh dengan lantai aluminium.

Beberapa kelebihan dari Landing Craft Rubber Boat di antaranya adalah dilengkapi dengan mesin tempel, cocok dimanfaatkan pada keperluan militer, dan lebih kokoh.

  • Rigid Buoyancy Boat

Perahu yang memiliki fasilitas galangan adalah jenis Rigid Buoyancy Boat. Biasanya ini digunakan untuk membantu dalam penyelamatan, operasi serta keamanan khusus.

Rigid Buoyancy Boat juga dilengkapi dengan tabung yang berasal dari aluminium agar tingkat keamanannya lebih tinggi serta memudahkan dalam perawatannya.

  • Rigid Inflatable Boat

Rigid Inflatable Boat juga merupakan perahu dari karet yang memiliki kinerja dan kapasitas tinggi. Perahu tersebut terbuat dari bahan kokoh seperti Hypalon dan PVC serta aluminium pada bagian lantainya.

Rigid Inflatable Boat dilengkapi dengan tube sebagai pelampungnya agar daya apungnya tetap terjaga.  Jenis perahu tersebut biasanya digunakan ketika operasi khusus, pemadam kebakaran, SAR, patroli, serta beberapa keperluan lainnya.

Baca Juga : Sekoci Kapal Penolong, Jenis dan Perlengkapannya

Ada beberapa keunggulan perahu tersebut yaitu lebih irit, aman, lebih bertenaga, tahan terhadap segala jenis air, lebih ringan, dan beberapa keunggulan lainnya.

Perawatan Terhadap Perahu Karet

Sebagai jenis perahu yang sering dibutuhkan ketika terjadi bencana banjir, maka perahu karet perlu diberi perawatan yang baik dan sesuai agar tidak cepat rusak.

Keawetan pada perahu harus terjaga dengan baik agar dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Berikut ini cara perawatannya yang tepat.

  • Cara Menyimpan yang Tepat

Diawali dengan cara penyimpanannya, perahu ini harus tetap mendapat perawatan yang baik meskipun sedang tidak digunakan. Ketika akan disimpan, perahu tersebut harus Anda cuci bersih terlebih dahulu agar terbebas dari sampah maupun kotoran lainnya penyebab bau.

Setelah dicuci, bisa Anda jemur hingga kering dengan taburan bedak. Jika sudah kering, usahakan untuk menyimpannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak lembab. Selain itu, Anda juga dapat mengempiskannya dan simpan kembali pada cover bag untuk menghemat tempat.

  • Cara Merawat Ketika Digunakan

Ketika hendak digunakan, Anda perlu mengecek kondisi perahu secara keseluruhan terlebih dahulu agar tidak ada kendala apapun saat sedang digunakan. Hindari menyeret atau mendorong perahu ketika berada di darat karena dapat menyebabkan kerusakan akibat tergores.

  • Perawatan Terhadap Kerusakan Ringan

Apabila setelah digunakan perahu karet mengalami kerusakan ringan, Anda dapat memperbaikinya sendiri dengan standar Repair Kit yang tersedia pada perahu tersebut.

Diantara pelengkap yang tersedia di dalamnya yaitu Blower/Dryer, kain majun, lem, serta Mikey.

Apabila Anda merasa ragu dan perbaikan kurang maksimal jika dilakukan sendiri, maka dapat meminta bantuan pada jasa yang menyediakan perbaikan untuk jenis perahu tersebut.

Berita Lainnya

54638764 S

Mengenal Apa itu Kapal Destroyer

Berdiri sebagai negara kepulauan, sudah seharusnya Indonesia memiliki pertahanan maritim yang bagus. Menggunakan alat utama sistem senjata seperti kapal destroyer menjadi sebuah ke...

selengkapnya