Tips & Trik

Perahu Karet: Pengertian, Manfaat, Hingga Jenisnya

PUBLISHED DATE : 25 Maret 2021

Perahu Karet

Rigid Inflatable Boat juga merupakan perahu dari karet yang memiliki kinerja dan kapasitas tinggi. Perahu tersebut terbuat dari bahan kokoh seperti Hypalon dan PVC serta aluminium pada bagian lantainya.

Rigid Inflatable Boat dilengkapi dengan tube sebagai pelampungnya agar daya apungnya tetap terjaga.  Jenis perahu tersebut biasanya digunakan ketika operasi khusus, pemadam kebakaran, SAR, patroli, serta beberapa keperluan lainnya.

Ada beberapa keunggulan perahu tersebut yaitu lebih irit, aman, lebih bertenaga, tahan terhadap segala jenis air, lebih ringan, dan beberapa keunggulan lainnya.

Perawatan Terhadap Perahu Karet

Sebagai jenis perahu yang sering dibutuhkan ketika terjadi bencana banjir, maka perahu karet perlu diberi perawatan yang baik dan sesuai agar tidak cepat rusak.

Keawetan pada perahu harus terjaga dengan baik agar dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Berikut ini cara perawatannya yang tepat.

  • Cara Menyimpan yang Tepat

Diawali dengan cara penyimpanannya, perahu ini harus tetap mendapat perawatan yang baik meskipun sedang tidak digunakan. Ketika akan disimpan, perahu tersebut harus Anda cuci bersih terlebih dahulu agar terbebas dari sampah maupun kotoran lainnya penyebab bau.

Baca Juga : Ayo Mengenal Lebih Dekat Apa itu Kapal

Setelah dicuci, bisa Anda jemur hingga kering dengan taburan bedak. Jika sudah kering, usahakan untuk menyimpannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak lembab. Selain itu, Anda juga dapat mengempiskannya dan simpan kembali pada cover bag untuk menghemat tempat.

  • Cara Merawat Ketika Digunakan

Ketika hendak digunakan, Anda perlu mengecek kondisi perahu secara keseluruhan terlebih dahulu agar tidak ada kendala apapun saat sedang digunakan. Hindari menyeret atau mendorong perahu ketika berada di darat karena dapat menyebabkan kerusakan akibat tergores.

  • Perawatan Terhadap Kerusakan Ringan

Apabila setelah digunakan perahu karet mengalami kerusakan ringan, Anda dapat memperbaikinya sendiri dengan standar Repair Kit yang tersedia pada perahu tersebut.

Diantara pelengkap yang tersedia di dalamnya yaitu Blower/Dryer, kain majun, lem, serta Mikey.

Apabila Anda merasa ragu dan perbaikan kurang maksimal jika dilakukan sendiri, maka dapat meminta bantuan pada jasa yang menyediakan perbaikan untuk jenis perahu tersebut.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya