Tips & Trik

Tips Perawatan Mesin Kapal Outboard (Mesin Tempel)

PUBLISHED DATE : 26 April 2023

Mesin Kapal1

 

  • Ganti Oli Mesin Secara Berkala

 

Oli adalah salah satu komponen penting pada mesin tempel kapal. Oli mesin berfungsi untuk melumasi bagian-bagian pada mesin dan menjaga suhunya agar tetap stabil.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti oli mesin secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrik atau panduan penggunaan mesin. Biasanya, oli mesin perlu diganti setiap 100 jam penggunaan atau setiap satu tahun sekali.

 

  • Periksa Kondisi Baterai Secara Teratur

 

Pada mesin tempel, baterai berfungsi untuk menghidupkan mesin dan menyediakan listrik pada berbagai peralatan elektronik pada kapal. Jadi, pastikan untuk memeriksa kondisi baterai sebelum digunakan dan segera ganti baterai jika bermasalah.

 

  • Bersihkan Filter Udara

 

Filter udara pada mesin kapal outboard berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke mesin. Jika filter udara kotor atau terlalu banyak menahan kotoran, maka aliran udara ke mesin akan berkurang.

Hal ini bisa menyebabkan mesin tidak berfungsi dengan baik. Untuk membersihkan bagian filter udara ini, Anda bisa  menggunakan brush atau cairan pembersih khusus dengan hati-hati.

 

  • Kondisi Propeller Sebelum Digunakan

 

Propeller adalah komponen pada mesin tempel yang berfungsi untuk menggerakkan kapal. Sebelum digunakan, pastikan untuk memeriksa kondisi propeller dan pastikan tidak ada kerusakan atau tidak ada bagian yang aus.

Baca Juga : Canggih! Ini Fitur Unggulan New XL7 Hybrid

 

  • Siapkan Cadangan Propeller

 

Meskipun sudah memeriksa kondisi propeller sebelum digunakan, penting untuk selalu menyediakan cadangan propeller sebagai tindakan pencegahan jika terjadi masalah pada propeller saat sedang digunakan.

 

  • Periksa Kondisi Impeller

 

Impeller adalah komponen pada mesin outboard yang berfungsi untuk mengalirkan air ke mesin. Jika impeller rusak atau aus, maka aliran air ke mesin akan berkurang dan bisa menyebabkan overheating, sehingga harus rutin diperiksa dan dirawat.

 

  • Bersihkan Karburator

 

Apabila karburator kotor atau terdapat kotoran yang menempel pada bagian-bagian di dalamnya, maka aliran bahan bakar dan udara ke mesin akan terganggu. Karena itu, pastikan untuk membersihkan komponen ini secara teratur.

 

  • Cek Busi dan Kabel Busi

 

Busi dan kabel busi pada mesin kapal outboard berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam mesin.

Jika komponennya berkarat, kotor, atau rusak, maka percikan api akan berkurang dan bisa menyebabkan mesin tidak berfungsi dengan baik. Pastikan untuk memeriksa kondisi busi dan kabel busi secara teratur dan segera ganti jika bermasalah.

Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8 Tampilkan Semua

Berita Lainnya