Tips & Trik

Tips dan Trik Mengendarai Motor Kopling dengan Baik dan Benar

PUBLISHED DATE : 29 November 2023

Koping Motor

Di dalam mengendarai sebuah kendaraan roda dua, dibutuhkan persiapan awal yang bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan Anda. Begitu pula ketika mengendarai motor yang berkopling.

Karena risiko kecelakaan dan terjatuh ketika Anda mengendarai kendaraan roda dua adalah suatu hal yang tak dapat diprediksi. Oleh karena itu, simak beberapa persiapan awal yang wajib Anda perhatikan:

  • Mengecek Kondisi Motor

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah mengecek kondisi motor, yang mana wajib dalam keadaan optimal. Salah satu caranya adalah dengan mengecek dan servis motor secara rutin.

Selain itu, kondisi motor yang optimal akan membantu meminimalisasi kecelakaan. Sebelum berkendara, ada baiknya Anda memanaskan mesin motor terlebih dahulu dan mengecek kondisi rem, transmisi kopling dan bahan bakar.

  • Gunakan Helm Berstandar SNI

Ketika mengendarai motor kopling atau motor matic, penggunaan helm merupakan hal yang tak boleh terlewatkan. Anda wajib menggunakan helm berstandar SNI ketika berkendara.

Karena ketika berkendara, helm akan melindungi Anda dari segala macam bahaya seperti tekanan angin dan benturan ketika terjatuh dari motor.

Baca Juga : Jarang Dipakai, Bolehkah Motor Dinyalakan Pakai “Electric Starter”?

Biasanya, banyak pengendara yang menyepelekan penggunaan helm. Maka dari itu, ketika berkendara jarak jauh maupun dekat tetap penggunaan helm wajib dipatuhi.

  • Lindungi Tubuh dengan Jaket

Persiapan berikutnya yang tak kalah penting adalah melindungi tubuh Anda dengan jaket. Ketika menggunakan jaket, perjalanan Anda akan terasa nyaman karena tubuh terlindungi dari tekanan angin.

Jaket dapat melindungi Anda ketika berkendara karena dapat memberikan kenyamanan. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan jaket tebal berbahan ringan ketika berkendara motor.

  • Gunakan Sarung Tangan

Terakhir adalah menggunakan sarung tangan, yang mana akan melindungi Anda ketika berkendara jarak jauh. Penggunaan sarung tangan sangat penting, terutama jika Anda mengendarai motor saat touring.

Jika Anda sudah mempersiapkan hal-hal di atas sebelum mengendarai motor berkopling. Maka, hal selanjutnya adalah mengetahui tips yang baik dan benar ketika mengendarai motor kopling.

5 Tips Mengendarai Motor Berkopling dengan Cepat dan Benar

Berkendara dengan motor berkopling memang terasa sulit, apalagi untuk pemula. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan tips berkendara dengan motor kopling yang baik dan benar, yaitu:

  • Posisi Gigi Motor Harus Netral

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya