Tips & Trik

Tips dan Trik Mengendarai Motor Kopling dengan Baik dan Benar

PUBLISHED DATE : 02 Desember 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/koping_motor.jpg

Apabila Anda belum terbiasa jangan ganti gigi atau menaikkan sampai gigi persneling empat. Bahayanya justru motor bisa meloncat dan BBM lebih boros. 

    2. Tarik kopling full

Selanjutnya saat Anda merasa kaget karena kendaraan di depan berhenti segeralah menarik tuas kopling secara penuh. Tujuannya agar putaran mesin motor terlepas dan Anda tidak menabrak kendaraan di depan. 

Mesin tidak akan menggerakan rantai sehingga motor pun akan berhenti berjalan. Baru setelahnya lepaskan tuas kopling dan tarik gas perlahan-lahan. 

    3. Jangan panik

Selama berada di jalanan macet Anda tidak boleh panik. Kepanikan hanya akan membuat motor mudah mati dan Anda tak tahu bagaimana cara mengatasinya. Padahal berada di jalan macet butuh kewaspadaan karena motor berdekatan dengan kendaraan lainnya. 

Trik Berkendara Saat macet di Jalan Tanjakan

Bagaimana cara menggunakan motor kopling di jalan tanjakan yang macet? Trik yang dilakukan tentu saja berbeda. Anda harus menjaga agar kendaraan tetap melaju tanpa meloncat dan tidak mundur karena jalanan naik. 

Ada beberapa trik yang sangat membantu untuk mengatasinya sebagai berikut ini. 

    1. Pertahankan gas agar stabil

Supaya mesin tidak mudah mati, Anda harus menjaga gas tetap stabil. Memang tidak mudah untuk menjaganya tetap stabil jadi sebaiknya berlatihlah dengan baik sebelumnya. 

    2. Gantung kopling setengah

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah seberapa banyak Anda harus menarik tuas kopling. Pada jalanan tanjakan sebaiknya tarik tuas kopling setengah tidak penuh. Tujuannya agar motor tetap bisa jalan dan tidak mundur ke belakang. 

Cara ini akan membuat Anda lebih aman sehingga motor tidak bertabrakan dengan kendaraan di belakang. 

    3. Kesigapan tangan dan kaki

Terakhir adalah soal kesigapan tangan Anda dalam menarik gas dan kopling, karena kopling yang ditarik hanya setengah. Selain itu kaki juga juga harus selalu siap menginjak rem ketika motor tiba-tiba mundur. 

cara_gunakan_motor_kopling

Tips Menggunakan Motor Kopling dengan Baik

Ketika ingin mengendarai motor kopling, Anda harus tahu manakah jenis motor yang sesuai.  Pilih motor yang nyaman untuk dikendarai dan bisa memposisikan tubuh dengan benar.

Dengan begitu Anda bisa mendapatkan kendali penuh. Selain itu ada beberapa tips berikut ini yang bisa diikuti. 

    1. Pastikan gigi netral

Sebelum menyalakan mesin Anda harus tahu bahwa motor dalam posisi netral. Anda bisa mengetahuinya setelah mengaktifkan kunci. Gigi transmisi yang netral akan mengatasi motor tidak meloncat ketika dinyalakan. 

    2. Kenali cara mengerem

Tips cara menggunakan motor kopling bisa dilakukan saat berada di tanjakan. Jangan pernah menggunakan rem tangan saat di jalan menanjak. Pergunakan rem kaki yang akan mengerem ban belakang, tujuannya agar motor tidak berjalan mundur. 

    3. Gunakan persneling 3 di jalan turunan

Selain jalanan tanjakan perhatikan kenyamanan di jalan turunan. Anda hanya perlu masuk ke gigi persneling 3 agar kendaraan terasa nyaman. Bisa juga membuat mesin loss jika jalanan sepi sehingga bisa irit bahan bakar. 

Hal yang Perlu Dihindari Saat Berkendara dengan Motor Kopling

Ada beberapa hal yang harus Anda hindari dalam cara menggunakan motor kopling yang baik dan benar. Hal yang perlu dihindari ini akan menjaga kenyamanan serta keselamatan selama berkendara. 

  1. Hindari menarik gas di RPM tinggi

Saat RPM berada di angka yang tinggi sebaiknya jangan menarik gas. Peluang untuk menabrak kendaraan atau benda di depan akan lebih besar. Jika Anda belum terbiasa, pastikan tarikan gas tetap stabil. 

    2. Hindari menggunakan gigi 3 ke atas saat baru jalan

Saat baru jalan jangan langsung masukan persneling ke gigi 3 atau 4 karena motor akan meloncat dan mesin langsung mati. 

    3. Hindari melepas kopling mendadak

Melepaskan kopling harus selalu dilakukan dengan perlahan. Jangan lepaskan dalam posisi apapun secara mendadak. 

    4. Hindari menaikkan gigi di jalanan menanjak

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya