Tips & Trik

Tips dan Trik Mengendarai Motor Kopling dengan Baik dan Benar

PUBLISHED DATE : 02 Desember 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/koping_motor.jpg

Pada dasarnya semua motor roda dua memiliki sistem kopling, hanya saja sistem yang digunakan berbeda. Motor matic contohnya menggunakan jenis kopling yang otomatis sehingga lebih praktis untuk digunakan. 

Jadi ketika dikendarai sistem kopling akan berjalan otomatis tanpa pengguna mengoperasikannya secara khusus. Berbeda dengan motor yang dilengkapi kopling manual seperti pada motor sport. 

Kopling adalah komponen pada motor yang fungsinya menghubungkan mesin dan transmisi. Sehingga tenaga pada mesin ke transmisi bisa diputuskan atau disambungkan sesuai kebutuhan ketika perpindahan gigi. 

Baca Juga : Laher Roda Motor Terasa Oleng, Ini Cara Mengatasinya

Sayangnya tidak semua pengguna tahu bagaimana cara menggunakan motor kopling manual. Caranya yang tidak biasa ini membuat orang lebih banyak suka dengan motor matik atau bebek. 

Tapi bagi Anda yang sedang belajar motor kopling manual, ada tips dan trik mengendarainya berikut ini. 

Persiapan Mengendarai Motor Kopling 

Cara memakai motor kopling tidak terlepas dari persiapan. Ada beberapa persiapan yang harus dilengkapi demi menjaga keamanan diri. Apalagi jika Anda baru saja lancar mengendarai motor kopling manual. 

Baca Juga : 9 Cara Mengkilapkan Body Motor Matic yang Kusam Permanen

Resiko jatuh bisa ditanggulangi dengan kesiapan pengendara. Berikut ini beberapa persiapan yang bisa dilakukan sebelumnya. 

    1. Pastikan mengenakan helm

Helm adalah komponen penting saat berkendara, bahkan ketika Anda tidak menggunakan motor kopling manual. Fungsi helm adalah melindungi kepala dari tekanan angin dan menjaga agar tetap aman ketika terjatuh. 

Pastikan Anda menggunakan jenis helm berstandar SNI yang sudah terjamin kualitasnya. Jangan hanya membeli helm murah yang mudah pecah.  

    2. Lengkapi tubuh dengan jaket

Baca Juga : Ternyata Ini Perbedaan Aki Kering dan Basah Pada Motor

Selain helm, Anda juga sebaiknya mengenakan jaket, khususnya jika menunggangi motor sport. Anda tentu ingin berkendara dengan kecepatan tinggi, jaket akan melindungi tubuh dari tekanan angin di depan. 

Tubuh akan terlindungi dengan aman, jadi pastikan untuk memilih jaket tebal namun ringan ketika dikenakan. 

    3. Lindungi kaki dan tangan

Perlindungan juga perlu diberikan pada kaki serta tangan. Anda bisa menggunakan sepatu bot serta sarung tangan. Apalagi jika tujuan berkendara adalah untuk touring. Perjalanan panjang yang melelahkan membuat kaki dan tangan cepat pegal. 

Dengan menggunakan sarung tangan dan sepatu bot, maka kaki serta tangan akan terlindungi lebih baik. Anda pun akan lebih nyaman berkendara. 

    4. Cek kondisi motor

Persiapan untuk cara menggunakan motor kopling yang terakhir adalah mengecek kondisi motor terlebih dahulu. Jika Anda berencana berkendara jarak jauh sebaiknya servis motor terlebih dahulu. 

Kondisi motor akan menciptakan kenyamanan dan terhindar dari kecelakaan. Cek bagian rem, transmisi, serta kelancaran kopling. Pastikan tak ada masalah dalam bahan bakar juga. 

Trik Saat Berkendara di Jalanan Macet

Cara pakai motor kopling manual saat jalanan macet cukup sulit bagi pemula. Pasalnya mesin sering mati karena tidak terbiasa. Ada beberapa trik cara menggunakan motor kopling saat ada di jalan macet. Berikut ini triknya. 

    1. Pergunakan gigi persneling satu

Trik pertama yang harus diingat adalah saat berkendara Anda harus masuk ke gigi persneling satu. Mengapa? Karena jalanan macet tidak membutuhkan kecepatan motor tinggi jadi gigi persneling satu akan menjaga kecepatan rendah tetap stabil. 

Apabila Anda belum terbiasa jangan ganti gigi atau menaikkan sampai gigi persneling empat. Bahayanya justru motor bisa meloncat dan BBM lebih boros. 

    2. Tarik kopling full

Selanjutnya saat Anda merasa kaget karena kendaraan di depan berhenti segeralah menarik tuas kopling secara penuh. Tujuannya agar putaran mesin motor terlepas dan Anda tidak menabrak kendaraan di depan. 

Mesin tidak akan menggerakan rantai sehingga motor pun akan berhenti berjalan. Baru setelahnya lepaskan tuas kopling dan tarik gas perlahan-lahan. 

    3. Jangan panik

Selama berada di jalanan macet Anda tidak boleh panik. Kepanikan hanya akan membuat motor mudah mati dan Anda tak tahu bagaimana cara mengatasinya. Padahal berada di jalan macet butuh kewaspadaan karena motor berdekatan dengan kendaraan lainnya. 

Trik Berkendara Saat macet di Jalan Tanjakan

Bagaimana cara menggunakan motor kopling di jalan tanjakan yang macet? Trik yang dilakukan tentu saja berbeda. Anda harus menjaga agar kendaraan tetap melaju tanpa meloncat dan tidak mundur karena jalanan naik. 

Ada beberapa trik yang sangat membantu untuk mengatasinya sebagai berikut ini. 

    1. Pertahankan gas agar stabil

Supaya mesin tidak mudah mati, Anda harus menjaga gas tetap stabil. Memang tidak mudah untuk menjaganya tetap stabil jadi sebaiknya berlatihlah dengan baik sebelumnya. 

    2. Gantung kopling setengah

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah seberapa banyak Anda harus menarik tuas kopling. Pada jalanan tanjakan sebaiknya tarik tuas kopling setengah tidak penuh. Tujuannya agar motor tetap bisa jalan dan tidak mundur ke belakang. 

Cara ini akan membuat Anda lebih aman sehingga motor tidak bertabrakan dengan kendaraan di belakang. 

    3. Kesigapan tangan dan kaki

Terakhir adalah soal kesigapan tangan Anda dalam menarik gas dan kopling, karena kopling yang ditarik hanya setengah. Selain itu kaki juga juga harus selalu siap menginjak rem ketika motor tiba-tiba mundur. 

cara_gunakan_motor_kopling

Tips Menggunakan Motor Kopling dengan Baik

Ketika ingin mengendarai motor kopling, Anda harus tahu manakah jenis motor yang sesuai.  Pilih motor yang nyaman untuk dikendarai dan bisa memposisikan tubuh dengan benar.

Dengan begitu Anda bisa mendapatkan kendali penuh. Selain itu ada beberapa tips berikut ini yang bisa diikuti. 

    1. Pastikan gigi netral

Sebelum menyalakan mesin Anda harus tahu bahwa motor dalam posisi netral. Anda bisa mengetahuinya setelah mengaktifkan kunci. Gigi transmisi yang netral akan mengatasi motor tidak meloncat ketika dinyalakan. 

    2. Kenali cara mengerem

Tips cara menggunakan motor kopling bisa dilakukan saat berada di tanjakan. Jangan pernah menggunakan rem tangan saat di jalan menanjak. Pergunakan rem kaki yang akan mengerem ban belakang, tujuannya agar motor tidak berjalan mundur. 

    3. Gunakan persneling 3 di jalan turunan

Selain jalanan tanjakan perhatikan kenyamanan di jalan turunan. Anda hanya perlu masuk ke gigi persneling 3 agar kendaraan terasa nyaman. Bisa juga membuat mesin loss jika jalanan sepi sehingga bisa irit bahan bakar. 

Hal yang Perlu Dihindari Saat Berkendara dengan Motor Kopling

Ada beberapa hal yang harus Anda hindari dalam cara menggunakan motor kopling yang baik dan benar. Hal yang perlu dihindari ini akan menjaga kenyamanan serta keselamatan selama berkendara. 

  1. Hindari menarik gas di RPM tinggi

Saat RPM berada di angka yang tinggi sebaiknya jangan menarik gas. Peluang untuk menabrak kendaraan atau benda di depan akan lebih besar. Jika Anda belum terbiasa, pastikan tarikan gas tetap stabil. 

    2. Hindari menggunakan gigi 3 ke atas saat baru jalan

Saat baru jalan jangan langsung masukan persneling ke gigi 3 atau 4 karena motor akan meloncat dan mesin langsung mati. 

    3. Hindari melepas kopling mendadak

Melepaskan kopling harus selalu dilakukan dengan perlahan. Jangan lepaskan dalam posisi apapun secara mendadak. 

    4. Hindari menaikkan gigi di jalanan menanjak

Saat berada di jalan tanjakan jangan juga menaikan gigi persneling. Karena motor akan kehilangan daya dorong dan mati di tengah jalan. 

Memahami bagaimana cara kerja motor kopling dan terus berlatih adalah cara melancarkan untuk bisa menunggangi kendaraan ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi motor dengan rutin mengecek kondisi kendaraan di bengkel Suzuki terdekat. 

Berita Lainnya