Tips & Trik

Tips dan Trik Mengendarai Motor Kopling dengan Baik dan Benar

PUBLISHED DATE : 29 November 2023

Koping Motor

Tahukah Anda jika pada dasarnya semua kendaraan motor roda dua pasti memiliki sistem kopling? Ya, walaupun pada motor matic bukan berarti tidak memiliki kopling. Hanya saja kopling motor matic yang digunakan lebih otomatis.

Hal ini tentu berbeda dengan pengoperasian kopling manual yang biasanya digunakan ketika Anda mengendarai motor sport.

Sudah diketahui jika fungsi utama komponen kopling adalah sebagai penghubung mesin dan transmisi ketika perpindahan gigi. Namun, tidak semua pengendara tahu dan lancar dalam menggunakannya.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin mengetahui tips dan trik mengendarai motor kopling yang baik dan aman. Simak pembahasan artikel di bawah ini!

Persiapan Awal Mengendarai Motor Kopling

Di dalam mengendarai sebuah kendaraan roda dua, dibutuhkan persiapan awal yang bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan Anda. Begitu pula ketika mengendarai motor yang berkopling.

Karena risiko kecelakaan dan terjatuh ketika Anda mengendarai kendaraan roda dua adalah suatu hal yang tak dapat diprediksi. Oleh karena itu, simak beberapa persiapan awal yang wajib Anda perhatikan:

  • Mengecek Kondisi Motor

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah mengecek kondisi motor, yang mana wajib dalam keadaan optimal. Salah satu caranya adalah dengan mengecek dan servis motor secara rutin.

Selain itu, kondisi motor yang optimal akan membantu meminimalisasi kecelakaan. Sebelum berkendara, ada baiknya Anda memanaskan mesin motor terlebih dahulu dan mengecek kondisi rem, transmisi kopling dan bahan bakar.

  • Gunakan Helm Berstandar SNI

Ketika mengendarai motor kopling atau motor matic, penggunaan helm merupakan hal yang tak boleh terlewatkan. Anda wajib menggunakan helm berstandar SNI ketika berkendara.

Baca Juga : 9 Cara Mengendarai Motor Kopling Agar Tidak Cepat Lelah

Karena ketika berkendara, helm akan melindungi Anda dari segala macam bahaya seperti tekanan angin dan benturan ketika terjatuh dari motor.

Biasanya, banyak pengendara yang menyepelekan penggunaan helm. Maka dari itu, ketika berkendara jarak jauh maupun dekat tetap penggunaan helm wajib dipatuhi.

  • Lindungi Tubuh dengan Jaket

Persiapan berikutnya yang tak kalah penting adalah melindungi tubuh Anda dengan jaket. Ketika menggunakan jaket, perjalanan Anda akan terasa nyaman karena tubuh terlindungi dari tekanan angin.

Jaket dapat melindungi Anda ketika berkendara karena dapat memberikan kenyamanan. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan jaket tebal berbahan ringan ketika berkendara motor.

  • Gunakan Sarung Tangan

Terakhir adalah menggunakan sarung tangan, yang mana akan melindungi Anda ketika berkendara jarak jauh. Penggunaan sarung tangan sangat penting, terutama jika Anda mengendarai motor saat touring.

Jika Anda sudah mempersiapkan hal-hal di atas sebelum mengendarai motor berkopling. Maka, hal selanjutnya adalah mengetahui tips yang baik dan benar ketika mengendarai motor kopling.

5 Tips Mengendarai Motor Berkopling dengan Cepat dan Benar

Berkendara dengan motor berkopling memang terasa sulit, apalagi untuk pemula. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan tips berkendara dengan motor kopling yang baik dan benar, yaitu:

  • Posisi Gigi Motor Harus Netral

Tips pertama adalah memosisikan gigi motor Anda dalam keadaan netral. Anda dapat mengetahuinya ketika mulai menyalakan mesin motor. Biasanya, terdapat indikator berwarna hijau dengan lambang huruf “N”.

Posisi netral ini berarti Anda sudah bersiap-siap untuk menekan kopling dan mengganti transmisi gigi ke dalam posisi “Gigi 1” dan seterusnya.

  • Pahami Cara Melepas Kopling yang Benar

Banyak pengendara motor kopling yang tidak tepat dalam melepas kopling sehingga motor terasa “loncat” dan terjadi hentakan. Cara melepas kopling motor yang benar adalah ketika motor Anda sudah mulai berjalan, maka lepaskan tuas kopling secara halus dan tidak tiba-tiba.

  • Pindahkan Kopling Pada Torsi Tepat

Memindahkan kopling pada torsi yang tepat artinya Anda dapat mengganti gigi pada putaran torsi maksimal, yaitu 2.500-3.000 rpm. Tujuan perpindahan ini adalah agar kendaraan motor Anda tidak cepat rusak.

Selain itu, memahami karakteristik kopling kendaraan Anda juga dapat membantu untuk membuat berkendara jadi lebih nyaman dan halus.

  • Kenali Engine Brake yang Benar

Ketika mengendarai motor berkopling, Anda juga wajib mengenali cara mengatur rem atau engine brake yang benar. Karena motor berkopling akan langsung berhenti ketika terjadi pengereman maksimal.

Hindari penggunaan engine brake dengan menekan kopling, karena akan terjadi “blong” atau lost yang akan berakibat kecelakaan. Sehingga, usahakan untuk tidak menekan kopling saat ingin berhenti atau mengurangi kecepatan.

  • Perhatikan Penggunaan Kopling Di Jalan Menanjak dan Menurun

Tips terakhir adalah penggunaan kopling di medan tanjakan dan turunan. Ketika menanjak, pastikan posisi perseneling Anda berada pada gigi terendah dan tidak menggunakan rem ban belakang.

Lalu ketika menurun, sebaiknya Anda menggunakan perseneling 3 yang dapat membuat kendaraan tidak gampang rusak. Selain itu, penggunaan kopling yang tepat akan membuat berkendara Anda lebih nyaman.

Hal yang Wajib Dihindari Oleh Pengendara Motor Kopling

Ketika sudah mengetahui tips mengendarai motor kopling dengan baik dan benar. Maka, Anda juga wajib mengetahui hal-hal apa saja yang wajib dihindari ketika berkendara dengan motor kopling, yaitu:

  • Tidak Menarik Gas RPM Terlalu Tinggi

Hal pertama adalah Anda disarankan untuk tidak menarik gas RPM terlalu tinggi. Hal ini dapat meningkatkan peluang untuk “blong” dan terjadi tabrakan.

Penggunaan motor berkopling sebaiknya dibarengi dengan tarikan gas yang stabil. Begitu pula ketika Anda ingin memindahkan gigi.

  • Hindari Melepas Tuas Kopling Mendadak

Melepas tuas kopling secara mendadak dapat menciptakan hentakan. Tidak jarang hentakan ini dibarengi dengan rasa kaget pengendaranya sehingga terjatuh.

Maka dari itu, Anda wajib melepas tuas kopling secara mendadak dan lepas saja secara halus.

  • Hindari Perseneling Tinggi Saat Motor Mulai Jalan

Ketika awal menekan kopling dan mulai menginjak gigi, biasakan untuk memulai dengan gigi terendah. Hindari mengganti perseneling tinggi ketika Anda baru mulai menjalankan motor.

  • Tidak Menaikkan Gigi Di Jalan Menanjak

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Selang Rem di Motor Anda

Hal berikutnya adalah tidak menaikkan gigi di jalan yang menanjak. Hal tersebut dapat menyebabkan motor tidak dapat menanjak.

Maka dari itu, disarankan jika Anda menggunakan gigi satu ketika berkendara di medan menanjak. Pastikan juga Anda dapat mempertahankan gas motor dengan stabil.

Trik Berkendara Motor Kopling Saat Macet Di Jalan Tanjakan

Anda juga wajib mengetahui trik mengendarai motor kopling ketika macet di jalan tanjakan. Hal ini perlu diketahui karena biasanya pengendara mengalami kesulitan ketika macet di jalan tanjakan. Berikut ini triknya:

  • Menggantung Kopling Setengah

Trik pertama adalah tidak melepas dan menekan kopling secara keseluruhan. Disarankan Anda untuk menggantung kopling setengah.

Tujuannya adalah agar motor dapat tetap berjalan tetapi juga tidak mundur ke belakang. Untuk hal ini, Anda wajib mengetahui karakteristik tuas kopling motor Anda.

  • Pertahankan Kestabilan Gas Motor

Berkendara ketika macet di jalan tanjakan memang memiliki tantangan tersendiri. Trik yang dapat Anda terapkan adalah menjaga kestabilan gas motor.

Hal ini memang tidak mudah untuk pemula. Maka dari itu, sebelum Anda berkendara di medan tanjakan sebaiknya berlatih terlebih dahulu.

  • Tangan dan Kaki Pengendara Wajib Sigap

Mengendarai motor berkopling ketika macet di jalan menanjak, artinya kaki dan tangan Anda wajib sigap untuk menekan kopling dan rem. Anda juga wajib merasakan pergerakan motor Anda ketika tiba-tiba mundur.

Untuk hal satu ini juga wajib mengasah kemampuan dengan terus berlatih dan meningkatkan kemampuan berkendara dengan motor berkopling.

Kesimpulannya, mengendarai motor kopling tidaklah sulit jika Anda sudah terbiasa berlatih. Jika terus berlatih, maka mengendarai motor kopling akan terasa lancar.

Maka dari itu, jika kendaraan kesayanganmu mengalami masalah pada kopling atau butuh servis rutin untuk memastikan performa optimal komponen mesin dan kopling motor, jangan ragu untuk berkunjung ke bengkel resmi Suzuki terdekat. Temukan pengalaman servis berkualitas dan baca lebih banyak informasi bermanfaat mengenai perawatan kendaraanmu di sini untuk menjaga mobilmu tetap prima!

Berita Lainnya