Tips & Trik

Tips dan Trik Mengendarai Motor Kopling dengan Baik dan Benar

PUBLISHED DATE : 29 November 2023

Koping Motor

Tips pertama adalah memosisikan gigi motor Anda dalam keadaan netral. Anda dapat mengetahuinya ketika mulai menyalakan mesin motor. Biasanya, terdapat indikator berwarna hijau dengan lambang huruf “N”.

Posisi netral ini berarti Anda sudah bersiap-siap untuk menekan kopling dan mengganti transmisi gigi ke dalam posisi “Gigi 1” dan seterusnya.

  • Pahami Cara Melepas Kopling yang Benar

Banyak pengendara motor kopling yang tidak tepat dalam melepas kopling sehingga motor terasa “loncat” dan terjadi hentakan. Cara melepas kopling motor yang benar adalah ketika motor Anda sudah mulai berjalan, maka lepaskan tuas kopling secara halus dan tidak tiba-tiba.

  • Pindahkan Kopling Pada Torsi Tepat

Memindahkan kopling pada torsi yang tepat artinya Anda dapat mengganti gigi pada putaran torsi maksimal, yaitu 2.500-3.000 rpm. Tujuan perpindahan ini adalah agar kendaraan motor Anda tidak cepat rusak.

Selain itu, memahami karakteristik kopling kendaraan Anda juga dapat membantu untuk membuat berkendara jadi lebih nyaman dan halus.

  • Kenali Engine Brake yang Benar

Ketika mengendarai motor berkopling, Anda juga wajib mengenali cara mengatur rem atau engine brake yang benar. Karena motor berkopling akan langsung berhenti ketika terjadi pengereman maksimal.

Baca Juga : Ini Cara Kendalikan Matic Saat Lewati Turunan

Hindari penggunaan engine brake dengan menekan kopling, karena akan terjadi “blong” atau lost yang akan berakibat kecelakaan. Sehingga, usahakan untuk tidak menekan kopling saat ingin berhenti atau mengurangi kecepatan.

  • Perhatikan Penggunaan Kopling Di Jalan Menanjak dan Menurun

Tips terakhir adalah penggunaan kopling di medan tanjakan dan turunan. Ketika menanjak, pastikan posisi perseneling Anda berada pada gigi terendah dan tidak menggunakan rem ban belakang.

Lalu ketika menurun, sebaiknya Anda menggunakan perseneling 3 yang dapat membuat kendaraan tidak gampang rusak. Selain itu, penggunaan kopling yang tepat akan membuat berkendara Anda lebih nyaman.

Hal yang Wajib Dihindari Oleh Pengendara Motor Kopling

Ketika sudah mengetahui tips mengendarai motor kopling dengan baik dan benar. Maka, Anda juga wajib mengetahui hal-hal apa saja yang wajib dihindari ketika berkendara dengan motor kopling, yaitu:

  • Tidak Menarik Gas RPM Terlalu Tinggi

Hal pertama adalah Anda disarankan untuk tidak menarik gas RPM terlalu tinggi. Hal ini dapat meningkatkan peluang untuk “blong” dan terjadi tabrakan.

Penggunaan motor berkopling sebaiknya dibarengi dengan tarikan gas yang stabil. Begitu pula ketika Anda ingin memindahkan gigi.

  • Hindari Melepas Tuas Kopling Mendadak

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya