Tips & Trik

Tidak Sulit, Ini Cara Balik Nama Motor dan Mobil

PUBLISHED DATE : 30 September 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/102918050_s.jpg

Salah satu hal yang perlu diketahui oleh pemilik kendaraan bermotor adalah tata cara untuk balik nama. Proses balik nama ini umumnya dilakukan oleh seseorang yang membeli motor atau mobil dalam keadaan bekas. Cara balik nama motor sendiri bisa dilakukan oleh pemilik dengan beberapa tahap.

Prosedur balik nama untuk motor dan mobil terbilang terdiri dari beberapa tahap yang panjang. Pemilik kendaraan harus mengetahui tahapan ini supaya tidak merasa kebingungan nantinya. Simak ulasan terkait cara untuk melakukan balik nama motor maupun mobil berikut ini.

Cara Balik Nama Motor Pada STNK

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Mesin Perahu Tempel Suzuki Layak Jadi Andalan

Tahapan yang harus dilewati saat melakukan balik nama STNK motor atau mobil hampir sama. Setiap tahapan tersebut tidak ada yang boleh dilewatkan. Berikut adalah ulasan mengenai cara balik nama mobil dan cara balik nama motor yang perlu dipahami.

  • Datang Ke Kantor Samsat

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk melakukan balik nama mobil dan motor adalah mendatangi kantor samsat. Alamat kantor samsat yang perlu didatangi sesuai dengan wilayah tempat tinggal pemilik kendaraan bermotor.

Saat akan datang ke samsat, pemilik kendaraan harus menyiapkan dokumen persyaratan terlebih dahulu. Hal ini supaya proses balik nama kepemilikan kendaraan bisa dilanjutkan dengan mudah.

  • Melakukan Cek Fisik Kendaraan

Baca Juga : Fungsi dan Manfaat Car Seat Bayi yang Tidak Boleh Dianggap Remeh

Pengecekan kondisi fisik kendaraan bermotor dilakukan oleh petugas samsat. Pemilik kendaraan harus mengantri di loket pengecekan kondisi fisik kendaraan. Petugas samsat akan melakukan pengecekkan fisik kendaraan untuk mendapatkan nomor mesin dan rangka.

Hasil cek kendaraan tersebut harus diserahkan kepada petugas samsat bersama persyaratan lain. Pemilik kendaraan juga harus memfotokopi file cek kendaraan tersebut untuk berjaga-jaga jika suatu saat dibutuhkan untuk balik nama BPKB kendaraan.

  • Mendaftarkan Di Loket Balik Nama STNK

Tahapan berikutnya yang harus dilewati saat melakukan balik nama STNK adalah melakukan pendaftaran di loket. Pada tahapan cara balik nama motor serta mobil yang satu ini pemilik kendaraan harus mengikutsertakan dokumen persyaratan.

Baca Juga : Efek Buruk Ketika Anda Lupa Mengganti Cairan Rem

Pendaftaran di loket balik nama ini dilakukan agar Anda bisa mencetak STNK baru. Proses pendaftaran di loket STNK ini biasanya memerlukan waktu sedikit lebih lama, karena harus mengantri. Selanjutnya, petugas loket di samsat akan memanggil nama Anda untuk melanjutkan proses.

  • Menyelesaikan Proses Pembayaran

Proses balik nama STNK kendaraan bermotor yang terakhir adalah menyelesaikan pembayaran. Petugas samsat akan mengarahkan Anda ke loket pertama untuk  menyelesaikan administrasi. Proses ini memerlukan waktu lagi, sebab harus mengantri di loket pertama.

Pemilik kendaraan selanjutnya akan diberikan stempel lunas pada berkas persyaratan yang sudah diserahkan sebelumnya. Stempel tersebut sebagai tanda bukti bahwa pemilik kendaran sudah menyelesaikan proses pembayaran biaya administrasi balik nama STNK.

54243539_s

Cara Balik Nama BPKB Kendaraan Mobil

Proses balik nama BPKB sedikit berbeda dari balik nama STNK. Namun, proses balik nama STNK dan BPKB kendaraan bermotor ini harus dilakukan secara bersamaan. Lalu, bagaimana tahapan cara balik nama BPKB kendaraan bermotor? Begini alurnya.

  • Melakukan Pembayaran Loket Administrasi Di Bank

Tahapan pertama dari cara balik nama BPKB adalah melakukan pelunasan biaya administrasi terlebih dahulu. Pembayaran biaya administrasi ini dilakukan di bank yang tersedia di loket. Petugas samsat akan mengarahkan pemilik kendaraan untuk melunasi biaya administrasi.

Besaran biaya yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan akan diarahkan oleh petugas samsat. Pelunasan biaya di awal ini dilakukan untuk melanjutkan proses balik nama BPKB kendaraan bermotor pada tahapan berikutnya.

  • Pengisian dan Penyerahan Formulir Biaya Balik Nama BPKB
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya