Tips & Trik

Tidak Sulit, Begini Cara Simple Merawat Aki Mobil

PUBLISHED DATE : 21 Juli 2020

Aki Mobil Soak

Gunakanlah alat khusus untuk membersihkan kebocoran tersebut, lalu keringkan aki. Jika setelah dibersihkan aki tetap tidak berfungsi dengan baik, bisa saja kebocoran tersebut sudah sangat parah. apabila hal demikian terjadi, cara satu-satunya yang bisa dilakukan adalah membeli aki yang baru.

Memeriksa Pengikat Aki

Cara selanjutnya adalah selalu memeriksa bagian pengikat dari aki. Anda harus memastikan bahwa ikatannya selalu kuat dan tidak mengendur. Jika mengalami pengenduran bisa langsung dikencangkan, sehingga aki tetap dalam kondisi yang normal.

Melepas Kabel Aki Ketika Mobil Tidak Sedang Digunakan

Langkah lainnya yang bisa dilakukan untuk merawat aki adalah dengan melepas kabelnya ketika sedang tidak digunakan. Pastikan bahwa Anda melakukan hal ini ketika sudah pulang dari bepergian. Cara tersebut bisa membantu membuat aki mobil akan menjadi awet. 

Biasanya aki pada mobil mampu bertahan hingga kurang lebih satu setengah tahun. Namun, umur aki bisa kurang dari itu jika Anda tidak melakukan perawatan yang rutin dan baik. Jangan sampai sering membeli aki baru, karena itu juga tidak akan baik untuk dompet Anda.

Baca Juga : Fungsi Ring Piston Motor Dan Tanda Kerusakannya

Jangan Melakukan Kebiasaan Yang Satu Ini

Hal yang satu ini sangat sering dilakukan oleh orang yang sedang menunggu di dalam mobil. Ketika cuaca diluar sedang panas, Anda akan menyalakan AC dan memutar radio karena merasa bosan menunggu terlalu lama. Padahal posisi mesin dalam keadaan mati dan kunci kontak tetap on.

Perlu diperhatikan bahwa hal yang satu ini sangat membahayakan aki pada mobil Anda. Jika hal di atas dilakukan secara terus menerus lama kelamaan kondisi aki tidak akan baik- baik saja. Hal ini juga yang menjadi penyebab aki mobil tekor.

Jika Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi, maka ketika sedang menunggu di dalam mobil, bukalah jendela agar mendapatkan angin segar dari luar dan tidak memerlukan AC. Lalu jika merasa bosan, Anda bisa berjalan-jalan keluar atau mendengarkan musik melalui ponsel sendiri.

Melakukan perawatan aki pada mobil dengan benar akan membantu kelancaran perjalanan. Apabila pemilik mobil rajin melakukan pengecekkan aki, maka akan menjadikannya lebih awet.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya